23 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinkes Tanah Datar Buka Sosialisasi Gangguan Indera Penglihatan Dan Pendangaran.
D

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar,Beritasumbar.com,- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Kesehatan, menggelar Sosialisasi Gangguan Indera tingkat Kabupaten Tanah Datar, yang dilaksanakan di Emersia Hotel and Resort Batusangkar, Senin (28/8).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, dan diikuti sebanyak 60 peserta dari Kepala SD, Ketua Kelompok Kerja Sekolah (KKS), penanggungjawab UKS, UPT Puskesmas.

Kadis Kesehatan Yesrita sampaikan, di era digital sekarang, kebiasaan penggunaan gadget oleh hampir semua kelompok umur di masyarakat, berpotensi meningkatkan kasus gangguan indera, khsususnya gangguan indera penglihatan. Maka dari itu, sosialisasi ini dilaksanakan untuk mengajak pihak sekolah, untuk melakukan screening atau deteksi gangguan indera penglihatan dan indera pendengaran pada anak.

“Sosialisasi ini dilakukan agar disekolah nantinya, ada penanggungjawab untuk membantu melakukan screening atau deteksi gangguan indera penglihatan dan pendengaran pada anak,” sampainya.

Kadis Yesrita katakan lagi, deteksi dini terhadap gangguan indera penglihatan dan pendengaran, dilakukan agar tidak terlambat diketahui pada anak, sehingga tidak mengganggu akademik anak. Deteksi dini pada anak ini bisa berkurang, apabila ditindaklanjuti lebih awal.

“Deteksi dini dapat dilakukan secara berkala, diawal masuk sekolah dilakukan penjaringan terhadap anak dengan melakukan tes berbisik dan hitung jari. Jika ditemukan ada kendala, akan dirujuk ke Puskesmas dan RSUD,” ujar dr. Yesrita

Sementara itu, Ketua Pelaksana Osninelli sampaikan, kami dari Dinas Kesehatan telah memberikan perhatian dan upaya pengendalian, dengan melakukan pencegahan, edukasi dan tata laksana perawatan, tentang indera penglihatan dan pendengaran.

Tampil sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut, pengelola program indera Dinkes Kesehatan Sumbar Sisca Natalia dengan materi, Kebijakan dalam Penanggulangan Gangguan Indera Penglihatan dan Pendengaran, serta Dokter Spesialis Mata dr. Fitri Lisa Hamdi dengan materi, Faktor Penyebab Penyakit Mata. (N)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img