24 C
Padang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dinas Perkim LH Sijunjung Adakan IHT Pengambilan Contoh Uji Parameter Kualitas Lingkungan
D

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Dinas Perkim-LH mengadakan In House Training (IHT) Pengambilan Contoh Uji dan pengujian parameter kualitas lingkungan di UPTD Labor Lingkungan Kabupaten Sijunjung selama 4 (empat) hari pada tanggal 13 sd 16 November 2023 dengan Narasumber dari UPTD Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman. Adapun pertimbangan menghadirkan Narasumber dari Kota Pariaman karena Laboratorium Pariaman merupakan salah satu dari Laboratorium Lingkungan yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang sudah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional.

Kegiatan IHT ini dilakukan dalam rangka memberikan keterampilan teknis kepada Analis tentang cara mengambil sampel yang benar sesuai SNI serta melakukan pengujian untuk beberapa parameter dasar dan wajib untuk dilakukan pengujian. Disamping itu juga sekaligus menambah keterampilan dalam mengoperasionalnya alat-alat labor yang ada sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik.

Melihat kondisi yang ada saat ini, maka potensi sumber PAD dari retribusi Laboratorium di Kabupaten Sijunjung terbuka lebar karena banyaknya perusahaan perusahaan termasuk SPBU dan fasilitas layanan Kesehatan baik pemerintah maupun swasta yang ada yang wajib melakukan pengujian minimal 2 (kali) dalam satu tahun. Selama ini mereka melakukan pengujian ke Labor yang ada di luar Kabupaten Sijunjung. Oleh karena itu kedepan kita target setidaknya untuk parameter dasar dapat dilayani oleh Labor Lingkungan Kabupaten Sijunjung dan sekaligus berkontribusi dalam menambah PAD.

Kegiatan IHT ini diikuti oleh 6 (enam) orang Analis dari Laboratorium Lingkungan kabupaten Sijunjung, 3 (tiga) orang analis dari Laboratorium Lingkungan Kota Sawahlunto dan 7 (tujuh) orang analis dari Laboratorium Lingkungan Kota Pariaman dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 16 (enam belas) orang. Kepada masing-masing peserta diberikan sertifikat keahlian yang menandakan bahwa Analis telah kompeten dalam melakukan pengujian parameter dasar dan utama kualitas lingkungan.

Dalam sambutannya, kadis Perkim LH Arif Meigayanto, ST, MM meminta kepada analis yang dilatih untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai akhir nantinya sehingga ilmu yang diperoleh nantinya dapat diterapkan dalam pengujian parameter kualitas lingkungan di daerah. Ucapan terima kasih juga kepada Narasumber dari Laboratorium Kota Pariaman yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di Kabupaten Sijunjung, semoga empat hari kedepan kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan tujuan yang kita harapkan dapat dicapai dengan baik.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img