23 C
Padang
Senin, Januari 24, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Di Sawahlunto Harga Kebutuhan Pokok Stabil
D

Kategori -
- Advertisement -

Sawahlunto, Sumbar – Harga kebutuhan pokok di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, terpantau stabil pada minggu kedua Ramadhan 1436 Hijriyah.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Pertambangan, Industri, Perdagangan, Koperasi dan Tenaga Kerja (Perindagkopnaker) setempat, Gustaf di Sawahlunto, Kamis, mengatakan berdasarkan pemantauan harga di pasar kota setempat cabai merah keriting yang pada minggu lalu berfluktuasi mencapai harga Rp48 ribu, saat ini turun menjadi Rp40 ribu per kilogram.

“Untuk harga beras dan beberapa kebutuhan pokok lainnya masih stabil,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk harga beras kualitas satu masih berada pada kisaran Rp12 ribu per kilogram. Sementara untuk beras kualitas dua dan tiga, harga terpantau masing-masing Rp11 ribu dan Rp10 ribu per kilogram atau tidak mengalami kenaikan atau penurunan.

Sementara, harga gula dan minyak goreng, juga tidak mengalami fluktuasi harga sejak minggu lalu.

Untuk harga jual komoditi pertanian dan perkebunan masyarakat di kota itu, sebagian besar belum menunjukkan perubahan yang signifikan.

“Kenaikan hanya terjadi pada komoditi pinang yang pada minggu lalu tercatat Rp7 ribu per kilogram, minggu ini mengalami kenaikan menjadi Rp12 ribu per kilogram,” jelasnya.

Kemudian, untuk komoditi kakao juga mengalami kenaikan sebesar seribu rupiah, yakni Rp26 ribu untuk kakao non fermentasi.

Pihaknya berharap, trend kestabilan harga pada sejumlah kebutuhan pokok ini bisa bertahan sampai memasuki lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah.

“Kami terus melakukan pemantauan, apabila ada kondisi kenaikan harga dan membutuhkan upaya penyetabilan harga, langkah operasi pasar sudah siap untuk dilaksanakan,” kata dia.

(Antara/Oleh Eko Fajri)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img