21 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Seorang Calon Jamaah Haji Pariaman Belum Lunasi BPIH
S

Kategori -

Pariaman – Kementerian Agama Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengemukakan hanya seorang dari 48 calon haji yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah haji (BPIH) di kota itu.

“Kepada calon haji bersangkutan masih diberikan kesempatan untuk pelunasan hingga batas akhir 30 Juni 2015,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Pariaman, Ory Sativa Syakban di Pariaman, Kamis.

Batas pembayaran BPIH memang berakhir pada 30 Juni, jadi bagi jemaah haji yang belum melunasi agar secepatnya melunasi biaya tersebut meskipun masih tersisa beberapa hari lagi.

Ia menyebutkan, pada tahap awal pembayaran, umumnya para calon haji membayar Rp20 juta, yang kemudian sisanya akan dilunasi pada akhir Juni 2015.

“Rata-rata secara keseluruhan para calon haji membayar Rp30 juta, tergantung bagaimana keadaan mata uang dollar terhadap rupiah, selain itu juga tergantung kepada biaya kegiatan calon haji,” kata dia.

Untuk keberangkatan haji tahun ini, akan ada penambahan lima orang calon cadangan untuk mengantisipasi calon haji yang membatalkan keberangkatan.

“Lima calon haji tersebut kita persiapkan dari sekarang, hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya calon haji yang mengundurkan diri jelang keberangkatan,” jelasnya.

Hal tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk mengantisiapasi kekurangan tadi, untuk wilayah Sumbar sendiri lima persen haji cadangan dari 3.900 calon haji yang akan diberangkatkan.

Sementara itu, Kasi Penyusunan Dokumen Penyelenggaraan Ibadah Haji, Jusneti menyebutkan para calon haji tersebut diperkirakan akan berangkat pada Agustus 2015.

“Semua kelengkapan mereka sudah siap, hanya satu calon jamaah saja yang belum melunasi BPIH, termasuk para calon haji cadangan semua sudah melunasi BPIH,” kata dia.

Para calon jamaah haji cadangan sebelumnya telah melakukan perjanjian dengan pihak Kemenag setempat bahwasanya mereka tidak bisa dipastikan berangkat pada tahun ini.

“Jika ada yang batal berangkat baru bisa digantikan jamaah cadangan, namun bila mana tidak ada maka mereka akan berangkat pada 2016,” jelasnya.

Para jamaah cadangan tersebut jika berangkat pada 2016 maka tidak akan ada lagi penambahan biaya, meskipun biaya mata uang dollar naik terhadap rupiah. Namun jika dolar turun maka sisa uang mereka akan dikembalikan dan disesuaikan saja.

(Antara/Oleh Altas Maulana)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.
- Advertisement -

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -