28.7 C
Padang
Kamis, Mei 13, 2021
Beritasumbar.com

Seorang Calon Jamaah Haji Pariaman Belum Lunasi BPIH
S

Kategori -

Pariaman – Kementerian Agama Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengemukakan hanya seorang dari 48 calon haji yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah haji (BPIH) di kota itu.

“Kepada calon haji bersangkutan masih diberikan kesempatan untuk pelunasan hingga batas akhir 30 Juni 2015,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Pariaman, Ory Sativa Syakban di Pariaman, Kamis.

Batas pembayaran BPIH memang berakhir pada 30 Juni, jadi bagi jemaah haji yang belum melunasi agar secepatnya melunasi biaya tersebut meskipun masih tersisa beberapa hari lagi.

Ia menyebutkan, pada tahap awal pembayaran, umumnya para calon haji membayar Rp20 juta, yang kemudian sisanya akan dilunasi pada akhir Juni 2015.

“Rata-rata secara keseluruhan para calon haji membayar Rp30 juta, tergantung bagaimana keadaan mata uang dollar terhadap rupiah, selain itu juga tergantung kepada biaya kegiatan calon haji,” kata dia.

Untuk keberangkatan haji tahun ini, akan ada penambahan lima orang calon cadangan untuk mengantisipasi calon haji yang membatalkan keberangkatan.

“Lima calon haji tersebut kita persiapkan dari sekarang, hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi adanya calon haji yang mengundurkan diri jelang keberangkatan,” jelasnya.

Hal tersebut merupakan kebijakan pemerintah pusat untuk mengantisiapasi kekurangan tadi, untuk wilayah Sumbar sendiri lima persen haji cadangan dari 3.900 calon haji yang akan diberangkatkan.

Sementara itu, Kasi Penyusunan Dokumen Penyelenggaraan Ibadah Haji, Jusneti menyebutkan para calon haji tersebut diperkirakan akan berangkat pada Agustus 2015.

“Semua kelengkapan mereka sudah siap, hanya satu calon jamaah saja yang belum melunasi BPIH, termasuk para calon haji cadangan semua sudah melunasi BPIH,” kata dia.

Para calon jamaah haji cadangan sebelumnya telah melakukan perjanjian dengan pihak Kemenag setempat bahwasanya mereka tidak bisa dipastikan berangkat pada tahun ini.

“Jika ada yang batal berangkat baru bisa digantikan jamaah cadangan, namun bila mana tidak ada maka mereka akan berangkat pada 2016,” jelasnya.

Para jamaah cadangan tersebut jika berangkat pada 2016 maka tidak akan ada lagi penambahan biaya, meskipun biaya mata uang dollar naik terhadap rupiah. Namun jika dolar turun maka sisa uang mereka akan dikembalikan dan disesuaikan saja.

(Antara/Oleh Altas Maulana)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Matangkan Konsep School Of Randang, Wawako Gelar Diskusi Dengan Stakeholder Terkait

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Untuk lebih mematangkan konsep School of Randang, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama stakeholder terkait melaksanakan diskusi di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Jumat (07/05).
- Advertisement -

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

Gandeng Pokdarkantibmas, Polres Pariaman Berbagi Takjil dan Masker

Pariaman, beritasumbar.com. Polres Pariaman bergandengan dengan Lembaga Pokdarkantibmas melakukan pembagian Takjil & Masker kepada pengendara yang melintasi ruas jalan di Depan Mapolres Pariaman, Sabtu 8/5/21.
- Advertisement -

Wawako Bukittinggi Marfendi Kunjungi Komplek PeWI di Ngarai

Bukittinggi, beritasumbar.com - Usai shalat tarawih dan berceramah di masjid, Wakil Wali Kota (Wawako) Bukittinggi, Marfendi, ditengah kesibukannya, masih sempatkan diri bersilaturrahmi mengunjungi masyarakat....

Banjir Bandang Tapan-Pessel; TRC BPBD Ingatkan 1078 KK Masih Tetap Waspada & Mengungsi di Rumah-Rumah Saudara Terdekat

Tapan-Pessel (12/5/2021). Sehari pasca banjir bandang yang berasal dari meluapnya sungai Batang Tapan Pesisir Selatan, Tim TCR BPBD masih mengingatkan dan menyarankan warga tetap...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -