30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Desa Batang Kabung Mewakili Pariaman ke Provinsi
D

Kategori -
- Advertisement -

Pariaman – Desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur, mewakili Kota Pariaman, untuk pemilihan desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang akan dilaksanakan pada 19 Mei 2015.

“Dari 55 desa yang ada di kota ini, Desa Batang Kabung, Kecamatan Pariaman Timur, dianggap paling tepat untuk mewakili wilayah ke lomba tingkat Provinsi Sumbar,” kata Kepala Badan Pemerintahan Masyarakat Desa (BPMD) kota itu, Lanefi, di Pariaman, Senin.

Ia menambahkan, desa tersebut telah dipantau dan diperbaiki secara administrasi sejak April 2015. Dan semua yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba tingkat provinsi telah dipersiapkan.

“Administrasi di tingkat kantor desa telah melengkapi data yang belum terakomodir, dan pembenahan di lapangan telah kita lakukan guna persiapan ke tingkat provinsi,” kata dia.

Pembenahan desa dan persiapan lainya tidak hanya dilakukan oleh perangkat desa maupun masyarakat itu sendiri, namun juga diikuti dan dipantau langsung oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Selain mempersiapkan diri ke tingkat yang lebih tinggi, ia juga mengaku memiliki target agar pemerintah setempat secara berkelanjutan mengevaluasi program dan kegiatan yang telah direncanakan.

“Target kita tentunya bisa meraih hasil yang memuaskan, namun jika itu tidak bisa tercapai kita telah menargetkan Desa Batang Kabung menjadi contoh bagi desa lainnya di daerah ini,” jelasnya.

Ia menyebutkan, untuk mengelola dan mempersiapkan desa tersebut dana yang digunakan bersumber dari pemerintah kota setempat, dan swadaya masyarakat.

“Kita tidak hanya mempersiapkan diri secara fisik, namun secara moril juga mendukung masyarakat di sana, khususnya desa yang akan mengikuti perlombaan,” tuturnya.

Ia menambahkan, selama ini yang menjadi kelemahan dari desa yang ada seperti Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Daya Alam (SDA) yang belum mampu dioptimalkan secara penuh oleh masyarakat itu sendiri.

“Saat ini dari 55 desa di Pariaman semuanya telah memiliki kantor pemerintahan setingkat desa, hanya ada satu yang belum memiliki kantor desa, yaitu Desa Apar Kecamatan Pariaman Utara” tambahnya. (Ant/Altas Maulana)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img