23 C
Padang
Selasa, Maret 2, 2021
Beritasumbar.com

Dengan Semangat Gotong Royong, Warga Jorong Panti Pabalutan Rambatan Aktifkan Saluran Irigasi “Saisuak”
D

Kategori -

Tanah Datar, BeritaSumbar.com,- Puluhan warga jorong pabalutan dan jorong berjibaku dan saling bahu membahu gotong royong bersama memperbaiki jalur irigasi pertanian warga saisuak.

Melihat kondisi masyarakat yang pada umumnya adalah petani bercocok tanam disawah, memunculkan inisiatif masyarakat untuk menghidupkan kembali saluran irigasi tersebut.

Hal itu terlihat pada pelaksanaan goro untuk kedua kalinya Rabu (28/10) dengan lokasi pintu air Gudang Sirah Lubuak Anau jorong Rambatan sampai jembatan Sungai Sibawang sepanjang lk 500 meter.

Baca Juga: Hari Pertama OPS Zebra Singgalang 2020,Satlantas Polres Tanah Datar Temukan 30 pelanggaran Ranmor

Syamsinir Dt. Alang Gumanti salah seorang pemuka masyarakat setempat ungkapkan ” jalur bandar irigasi ini sebetulnya sudah ada sejak maso “Saisuak” sebelum zaman kemerdekaan namun jalurnya agak berbeda dan telah pernah dialiri air beberapa tahun”.

“Namun beberapa tahun berikutnya alirannya terhenti karena pasokkan air dari bendungan Batang Bengkawas tidak mencukupi karena kebutuhan sawah di nagari Padang Magek sehingga tali bandar dibiarkan terbangkalai dan tidak terurus”.

Hardiful Dt. Rajo Alam juga membenarkan hal tersebut dan menambahkan, “Pada awal pembukaan tali bandar dari bendungan Galogandang, Padang Magek sampai ke Gudang Sirah dikerjakan secara gotong royong antara masyarakat Padang Magek dan warga Pabalutan Panti dengan perjanjian air akan dialirkan sampai ke sawah Pinang Aran dan sawah Ngungun”.

“Namun entah apa sebabnya perjanjian itu tidak bertahan lama sehingga tali bandar yang ada dari Gudang Sirah sampai Pinang Aran tidak berfungsi dan tertimbun rata, setelah diadakan kembali musyawarah didapat kesepakatan bahwa air bisa dialirkan kembali memakai sistim bergantian masa cocok tanamnya”, urai Dt. Rajo Alam.

Dalam dua kali pelaksanaan goro yang juga dihadiri Babinsa nagari Rambatan Kopda Mulyadi Tanjung, pintu air Gudang Sirah serta tali bandar baru dapat dibuka sepanjang lk 500 meter, namum untuk membenahinya seperti pemasangan dinding serta lantai bandar membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Kami berharap kerjasama dari seluruh komponen untuk saling bahu membahu antara warga, baik yang dikampuang serta diperantauan sehingga rencana ini dapat secepatnya diselesaikan”, pungkas Dt. Alang Gumanti yang diamini peserta goro. (Rezar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Bukittinggi Programkan Subuh Berjamaah Setiap Jumat

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota Bukittinggi, memprogramkan setiap hari Jumat hingga tahun 2024 nanti, waji menyelenggarakan subuh berjemaah. Hal itu disampaikan Wali Kota Bukittinggi, Erman...
- Advertisement -

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...
- Advertisement -

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Diduga Tanah Pekuburan Kaum Kotik Kayo Di Sertifikat,Anak Kemenakan Akan Pertanyakan Legalitas Pemohon

Diduga Tanah Pekuburan disertifikatkan oleh anggota kaum lain,anak kemenakan Kotik Kayo akan mempertanyakan legalitas pemohon pembuatan sertifikat terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batusangkar.

Meresahkan Warga,Dua Orang Terduga Maling Diamankan Polisi.

Sering meresahkan warga,dua orang terduga maling di Kecamatan Lintau Buo Utara diamankan Polisi, Sabtu 13/02/2021.

Huller Terbakar,Pemilik Rugi Ratusan Juta

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tempat penggilingan padi (Huller) di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara terbakar pada hari Senin dini hari 08/02/2021,pemilik alami kerugian ratusan juta

Dana Sumbangan Masyarakat untuk Galodo Di Pertanyakan Warga Tanjung Bonai,Polsek LBU ; Kasus ini Dalam Penyelidikan

Dana sumbangan berasal dari masyarakat untuk Galodo atau banjir bandang di Nagari Tanjuang Bonai memasuki babak baru,sempat dipertanyakan keberadaan dan peruntukaannya,Polsek Kecamatan Lintau Buo dalami penyelidikan kasus.

Dua Tahun Pasca Banjir Bandang Tanjung Bonai,Dana Sumbangan Masyarakat Di Pertanyakan

Dua tahun pasca musibah Banjir Bandang di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara,warga terdampak bencana pertanyakan bantuan yang berasal dari sumbangan masyarakat guna perbaikan lahan persawahan.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...

Polsek Lintau Buo Lakukan Pemantaun Sekolah Bersama Forkopimca

Tim Gugus Covid 19 Kecamatan Lintau Buo Di Bawah Pimpinan Bapak Camat Lintau Buo Drs.Agusril, Didampingi Oleh Waka Polsek Lintau Buo Ipda Budi Indra Sani,Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Goba Dan Kepala UPT Puskesmas Lintau Buo Dr. Reg Adil. Dalam Kegiatan Tim Gugus Covid 19 Lintau Buo Melakukan Pengecekan Kesiapan SMA Negeri 2 Lintau Buo Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Yang Telah Berjalan Selama 5 Hari .
- Advertisement -