24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Dapur Hidroponik 55 Olah Makanan Sehat Dari Sayuran Hidroponik
D

- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Dapur Hidroponik 55 merupakan inovasi terbaru yang dikembangkan untuk meluaskan pemasaran sayuran sehat melalui makanan olahan seperti bakso sayur, teh maroko, teh telang, jus sayur, mie sayur, kripik sayur, puding telang dan nasi uduk telang. Pengembangan usaha ini di fasilitasi oleh tim pengabdian masyarakat dari Universitas Andalas yaitu Ns. Fitri Mailani, M.Kep, Eli Ratni, S.Pt, MP, Donny Eros, S.S., M.A, Jauharry, SE., MM, Ns. .Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep melalui program berkelanjutan membantu usaha berkembang.

Pandemic yang terjadi dua tahun terakhir, mempengaruhi pemasaran sayuran Hidroponik 55, untuk itu perlu inovasi dan kreativitas untuk terus bertahan mengembangkan usaha sayuran sehat ini. Pendampingan yang dilakukan oleh dosen Universitas Andalas dan bekerja sama dengan Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM) melalui Pasar Rabu Tani (PRT) tetap mamaksimalkan pemasaran baik secara online maupun offline.

Berkat bakat memasak ibu Mera Juwita, SP yang juga pemilik Hidroponik 55 dan dibantu ide cemerlang oleh ibu-ibu dosen muda dari Universitas Andalas, beberapa percobaan membuat makanan olahan pun dilakukan, sehingga menghasilkan delapan produk olahan makanan sehat.

Produk yang dihasilkan langsung difasilitasi oleh dosen UNAND untuk di urus izin Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Pada saat ini produk yang dihasilkan sudah mendapatkan2 nomor ijin P –IRT yaitu untuk makanan olahan tepung dan olahan sayur. Untuk olahan sayur makanan yang dihasilkan adalah jus sayur, teh telang, teh maroko, puding sayur, nasi uduk, dan pudding telang. Untuk olahan tepung yang dihasilkan bakso sayur, mie sayur, kripik pakcoy, dan kripik chaisin.

Melalui pendampingan yang diberikan oleh dosen dari Universitas Andalas, ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan seperti: memperbaiki kemasan, mempertahankan kualitas dan membuat SOP produksi makanan serta meningkatkan promosi dan edukasi manfaat sayuran sehat secara online dan offline.

Kreativitas dalam mengolah sayuran akan dibuatkan dalam bentuk buku yang nanti nya bisa dipelajari oleh masyarakat bahwa sayuran bisa diolah menjadi makanan lezat, gurih namun tetap bergizi tinggi dan disukai anak-anak. Produk olahan dapur Hidroponik 55 sudah bisa dipesan melalui WA +62 813-7200-2141/ +62 831-8732-2981 atau melalui website Pasar Rabu Tani (PRT).

Penulis: Ns. Fitri Mailani, M.Kep (Ketua Tim Pelaksana, Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img