25 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Dana Sumbangan Masyarakat untuk Galodo Di Pertanyakan Warga Tanjung Bonai,Polsek LBU ; Kasus ini Dalam Penyelidikan
D

Kategori -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Dana sumbangan berasal dari masyarakat untuk Galodo atau banjir bandang di Nagari Tanjuang Bonai memasuki babak baru,sempat dipertanyakan keberadaan dan peruntukaannya,Polsek Kecamatan Lintau Buo dalami penyelidikan kasus.

Ipda Pifzen Finot, SH. Kapolsek Lintau Buo Utara menyampaikan,”Dalam kasus dana sumbangan galodo,kami melalui Kanit Intel sedang melakukan penyelidikan setelah media memberitakan permasalahan tersebut dan telah memanggil Walinagari Tanjung Bonai untuk dimintai keterangannya.

“Menurut keterangan yang kami dapat dari Walinagari,asal mula dana bantuan tersebut didapatkan ketika bencana Galodo melanda Nagari Tanjung Bonai tepatnya di Jorong Piubuah dan Jorong Sembayan pada tahun 2018,ketika itu dibukalah Posko darurat induk oleh Pemda Kabupaten Tanah Datar dengan jangka yang lumayan panjang.”Seiringnya berjalan waktu,Pemda mencabut Posko darurat yang terletak di Polsek Lintau Buo Utara dan dilanjutkan oleh Walinagari Tanjung Bonai.

“Selama didirikan posko bantuan yang didonaturi oleh pihak unsur,Nagari Tanjung Bonai mendapatkan bantuan dari Swadaya masyarakat dan Perantau yang ada di Kecamatan Lintau Buo Utara berupa uang Senilai Rp. 226.000.000 (dua ratus dua puluh enam juta rupiah) serta barang berbentuk baju,kain dan celana.

“Setelah dana tersebut terkumpul,pihak pemerintah nagari sebagai donatur dan bantuan memberikan laporan tertulis ke pemda Kabupaten Tanah Datar dari hasil posko lanjutan yang diambil alih oleh Nagari Tanjung Bonai, pada saat itu Pemda memerintahkan Walinagari agar dana tersebut di masukan ke dalam Anggaran Pendapaan Belanja Nagari (APBN), sementara untuk bantuan berupa baju di bagikan kepada masyarakat yang terdampak musibah.

“Menurut keterangan lanjutan tentang permasalahan dana,pemerintahan nagari beserta unsur lembaga pada tanggal 25 September 2019 mengadakan rapat mengenai peruntukan dan penyaluran dana,”dari hasil rapat maka dana disalurkan untuk Pembangunaan rumah bagi keluarga yang terdampak bencana Banjir Bandang atas nama H. Firdaus dengan jumlah bantuan Rp. 38.184.670 namun di berikan dalam bentuk bahan mentah bangunan dan di potong pajak belanja bangunan,Serta Yuni Astuti dengan jumlah bantuan Rp. 38.235.728 namun di berikan dalam bentuk bahan mentah bangunan dan di potong pajak belanja bangunan dan untuk Rehabilitas Saluran Air ke Masjid Bidayatul Abidin Jorong Piubuah berjumlah Rp. 89.986.290.

Dari Jumlah total dana bantuan yang telah di keluarkan oleh Pihak Walinagari Tanjung Bonai berjumlah Rp.166.406688 dari 2 buah bantuan rumah Korban dan 1 buah bntuan ke Masjid dan sisa uang dana tersebut Rp. 59.901.313 yang masih ada dalam APBN nagari.

Pifzen Finot menambahkan,saat ini kita masih tahapan penyelidikan,apakah benar dana tersebut memang benar tersalurkan sesuai keterangan Walinagari,untuk itu kita akan memanggil pihak-pihak terkait pada hari senin mendatang tutupnya.

Beberapa orang masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan,kami menyangsikan dana yang diuraikan walinagari pada media yang meminta klarifikasi tersebut,pada kenyataannya ketua KAN tidak perna dilibatkan dalam masalah dana sumbangan tersebut,ada selisih yang cukup signifikan dengan jumlah dana yang didapat pada saat Musrenbang di Mualimin, terdapat dana sebesar Rp.260.000.000 saat dijabarkan ke media kok sebesar Rp 226.000.000,selebihnya kemana.”kata warga yang berdomisili di Jorong Tanjung Tongah.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBU

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBUTanah Datar,Beritasumbar.com - Diduga sering mengkonsumsi narkoba jenis Sabu,seorang pemuda di Lintau diciduk Polsek Lintau Buo Utara Sabtu,10/07/2021 di warung milik Orang Tua Terduga

Pengadilan Negeri Batusangkar Sambut Dan Lantik Wakil Ketua Baru

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pengadilan Tinggi Kelas II Batusangkar sambut dan lantik Adek Nurhadi, S.H sebagai Wakil Ketua baru,Senin 28/06/2021 di ruangan persidangan pengadilan.

Serbuan Vaksinasi Nasional Di Wilayah Hukum Polsek Lintau Buo Utara Tingkatkan Animo Masyarakat.

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat,Polsek Lintau Buo bekerjasama dengan Dinas kesehatan selenggarakan Serbuan Vaksin Masal kepada Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo,Sabtu 26/06/2021 di dua puskesmas setempat.

Nyonya Lise Eka Putra Motivasi Masyarakat Dalam Vaksinasi Masal Saat HARGANAS

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menghadiri Hari Keluarga Nasional (HARGANAS), Nyonya Lise Eka Putra memotivasi masyarakat saat Vaksinasi masal di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko,Kamis 24 Juni 2021.

Pengurus Pasar Serikat Balai Tangah Tersandung Masalah,Masyarakat dan Forkopimca Lakukan Rapat khusus

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pasca tersandung masalah terhadap ketua pengurus pasar Serikat Balai Tangah,akibat keterlibatan pengadaan buku untuk sekolah di Provinsi Gorontalo,masyarakat serta Niniak Mamak Nagari Balai Tangah lakukan rapat khusus dengan Camat dan Forkopimca, guna mengisi kekosongan pengurus pasar,Selasa 22 Juni 2021 di Aula Kecamatan Lintau Buo Utara

Jalin Silahturahmi Dalam Pandemi Covid-19,Lintus Cup I Digelar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Dalam rangka ajang menjalin silahturahmi sesama pecinta olah raga Bulu Tangkis pada masa Pandemi Covid-19, Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo Utara gelar Open Turnamen Lintus Cup I, Rabu 16/06/2021 di Gedung Olah Raga PB Lintus, Jorong Kota Nagari Tepi Selo.

Tim Pengabdian Masyarakat Dari Kampus Unand Gelar Perlatihan Optimalisasi Berkoperasi Di Nagari Pariangan

Tanah Datar,BeritaSumbar.com,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas, Padang yang diketuai oleh Ns. Boby Febri Krisdianto, S.Kep., M.Kep., menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan dengan tema "Optimalisasi Potensi Desa Wisata Nagari Pariangan

Pengusaha Ikan salai Galuang Yang Belum Tersentuh Bantuan Pemda Tanah Datar

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Pengusaha mikro ikan salai atau yang dikenal juga dengan ikan asap di Dusun Galuang Jorong Melur Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo Utara hingga kini belum tersentuh bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar dalam menghadapi pandemi Covid- 19.

Mega Proyek Di Tanah Datar Memprihatinkan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Mega Proyek yang di gadang gadangkan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah Kabupaten Tanah Datar khususnya di daerah Lintau IX Koto sangat memprihatinkan dalam pencapaian target pengerjaan.

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.
- Advertisement -