31 C
Padang
Kamis, Maret 4, 2021
Beritasumbar.com

Dana Sumbangan Masyarakat untuk Galodo Di Pertanyakan Warga Tanjung Bonai,Polsek LBU ; Kasus ini Dalam Penyelidikan
D

Kategori -

Tanah Datar,Beritasumbar.com – Dana sumbangan berasal dari masyarakat untuk Galodo atau banjir bandang di Nagari Tanjuang Bonai memasuki babak baru,sempat dipertanyakan keberadaan dan peruntukaannya,Polsek Kecamatan Lintau Buo dalami penyelidikan kasus.

Ipda Pifzen Finot, SH. Kapolsek Lintau Buo Utara menyampaikan,”Dalam kasus dana sumbangan galodo,kami melalui Kanit Intel sedang melakukan penyelidikan setelah media memberitakan permasalahan tersebut dan telah memanggil Walinagari Tanjung Bonai untuk dimintai keterangannya.

“Menurut keterangan yang kami dapat dari Walinagari,asal mula dana bantuan tersebut didapatkan ketika bencana Galodo melanda Nagari Tanjung Bonai tepatnya di Jorong Piubuah dan Jorong Sembayan pada tahun 2018,ketika itu dibukalah Posko darurat induk oleh Pemda Kabupaten Tanah Datar dengan jangka yang lumayan panjang.”Seiringnya berjalan waktu,Pemda mencabut Posko darurat yang terletak di Polsek Lintau Buo Utara dan dilanjutkan oleh Walinagari Tanjung Bonai.

“Selama didirikan posko bantuan yang didonaturi oleh pihak unsur,Nagari Tanjung Bonai mendapatkan bantuan dari Swadaya masyarakat dan Perantau yang ada di Kecamatan Lintau Buo Utara berupa uang Senilai Rp. 226.000.000 (dua ratus dua puluh enam juta rupiah) serta barang berbentuk baju,kain dan celana.

“Setelah dana tersebut terkumpul,pihak pemerintah nagari sebagai donatur dan bantuan memberikan laporan tertulis ke pemda Kabupaten Tanah Datar dari hasil posko lanjutan yang diambil alih oleh Nagari Tanjung Bonai, pada saat itu Pemda memerintahkan Walinagari agar dana tersebut di masukan ke dalam Anggaran Pendapaan Belanja Nagari (APBN), sementara untuk bantuan berupa baju di bagikan kepada masyarakat yang terdampak musibah.

“Menurut keterangan lanjutan tentang permasalahan dana,pemerintahan nagari beserta unsur lembaga pada tanggal 25 September 2019 mengadakan rapat mengenai peruntukan dan penyaluran dana,”dari hasil rapat maka dana disalurkan untuk Pembangunaan rumah bagi keluarga yang terdampak bencana Banjir Bandang atas nama H. Firdaus dengan jumlah bantuan Rp. 38.184.670 namun di berikan dalam bentuk bahan mentah bangunan dan di potong pajak belanja bangunan,Serta Yuni Astuti dengan jumlah bantuan Rp. 38.235.728 namun di berikan dalam bentuk bahan mentah bangunan dan di potong pajak belanja bangunan dan untuk Rehabilitas Saluran Air ke Masjid Bidayatul Abidin Jorong Piubuah berjumlah Rp. 89.986.290.

Dari Jumlah total dana bantuan yang telah di keluarkan oleh Pihak Walinagari Tanjung Bonai berjumlah Rp.166.406688 dari 2 buah bantuan rumah Korban dan 1 buah bntuan ke Masjid dan sisa uang dana tersebut Rp. 59.901.313 yang masih ada dalam APBN nagari.

Pifzen Finot menambahkan,saat ini kita masih tahapan penyelidikan,apakah benar dana tersebut memang benar tersalurkan sesuai keterangan Walinagari,untuk itu kita akan memanggil pihak-pihak terkait pada hari senin mendatang tutupnya.

Beberapa orang masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan,kami menyangsikan dana yang diuraikan walinagari pada media yang meminta klarifikasi tersebut,pada kenyataannya ketua KAN tidak perna dilibatkan dalam masalah dana sumbangan tersebut,ada selisih yang cukup signifikan dengan jumlah dana yang didapat pada saat Musrenbang di Mualimin, terdapat dana sebesar Rp.260.000.000 saat dijabarkan ke media kok sebesar Rp 226.000.000,selebihnya kemana.”kata warga yang berdomisili di Jorong Tanjung Tongah.(haries)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wawako Bukittinggi Marfendi dan Istri Terima Kunjungan Dari Bengkalis

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Organisasi Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Riau mengadakan kunjungan ke Kota Bukittinggi,Kamis (3/3/2021). Kunjungan sekaligus dalam...
- Advertisement -

Tugas Perdana Marfendi Jadi Wawako Bukittinggi, Hadiri Acara PIF

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wakil wali kota Bukittinggi, Marfendi menghadiri acarakomunitas pencinta Pajero Indonesia Family (PIF) Ranah Minang Chapter (RMC) pada hari pertamanya menjabat sebagai...

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...
- Advertisement -

Aktivis LIMAPIA Kecam Oknum Penyalahgunaan Jabatan di Sumbar

Indonesia pada tahun 2020 terjadi bencana yang sangat mempengaruhi siklus pertumbuhan baik di ekonomi untuk mensejahterakan masyarakat sampai kepada hal pendidikan sebagai generasi penerus negara untuk bersaing dengan bangsa lainnya, tentunya hal ini tidak menjadi keinginan bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat sampai kepada lembaga-lembaga lain bekerjasama mempercepat penanganan untuk keluar kasus corona ini.

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dua Belas Personil Polri Polsek Lintau Buo Dan Lintau Buo Utara Di Vaksin Sinovac Perdana

Tanah Datar,Beritasumbar.com -Sebanyak dua belas personil Polri Polsek Lintau Buo dan Lintau Buo Utara di Vaksin Sinovac hari ini Kamis,04/03/2021.di Puskesmas Lintau Buo Nagari Tigo Jangko.

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...

Diduga Tanah Pekuburan Kaum Kotik Kayo Di Sertifikat,Anak Kemenakan Akan Pertanyakan Legalitas Pemohon

Diduga Tanah Pekuburan disertifikatkan oleh anggota kaum lain,anak kemenakan Kotik Kayo akan mempertanyakan legalitas pemohon pembuatan sertifikat terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batusangkar.

Meresahkan Warga,Dua Orang Terduga Maling Diamankan Polisi.

Sering meresahkan warga,dua orang terduga maling di Kecamatan Lintau Buo Utara diamankan Polisi, Sabtu 13/02/2021.

Huller Terbakar,Pemilik Rugi Ratusan Juta

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Tempat penggilingan padi (Huller) di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara terbakar pada hari Senin dini hari 08/02/2021,pemilik alami kerugian ratusan juta

Dua Tahun Pasca Banjir Bandang Tanjung Bonai,Dana Sumbangan Masyarakat Di Pertanyakan

Dua tahun pasca musibah Banjir Bandang di Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara,warga terdampak bencana pertanyakan bantuan yang berasal dari sumbangan masyarakat guna perbaikan lahan persawahan.

Kisruh Dana Covid- 19 TPA Annur Tanjung Bonai,Sebanyak 98 TPA Penerima Bantuan Lain Di Jadwalkan Rapat Bersama

Dugaan Dana Bantuan Covid- 19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur di Jorong Tanjung Tengah,Nagari Tanjung Bonai tidak transparan dan menimbulkan ke kisruhan penggunaan anggaran.sebanyak 98 TPA penerima bantuan lainnya dijadwalkan rapat bersama Camat Lintau Buo Utara.

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -