29 C
Padang
Selasa, Mei 11, 2021
Beritasumbar.com

Kapur IX Dan Pesona Wisata Alamnya
K

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Saat ini wisata alam baik dalam bentuk tracking, adventure atau olahraga alam sangat banyak digandrungi masyarakat. Spot spot wisata baru jadi sasaran saat ada waktu libur. Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 nagari sangat banyak memiliki lokasi untuk wisata alam tersebut. Seperti halnya Kecamatan Kapur IX.

7 kenagarian dibawah pemerintahan kecamatan yang memiliki luas sekitar 723, 23 km persegi. Kapur IX dilingkari perbukitan dan lembah nan subur.

Bertani dan berladang merupakan mata pencarian masyarakat Kapur IX. Hasil ladang yang cukup dikenal didaerah ini yaitu gambir dan karet. Duo hasil bumi ini menjadi pemasukan keluarga utama mereka.

Kultur daerah berbukit dan lembah membuat setiap nagari di kecamatan ini memiliki pesona wisata air terjun nan indah. Walau belum terkelola secara maksimal namun sudah mulai menghiasi dunia maya lewat pengabadian kamera pecandu wisata alam. Baik oleh warga sekitar maupun warga yang datang dari daerah lain.

Kecamatan Kapur IX berjarak lebih kurang 70 km dari pusat kota payakumbuh atau sekira 25 km dari kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Bukit batu kapur yang dialiri sungai sungai menjadi daya tarik tersendiri buat wisata alam. Untuk Pariwisata berbagai lokasi sudah dimulai pengembangannya oleh anak nagari setempat.

Di Bidang Pariwisata yang dapat dikembangkan dan perlu pengelolaan oleh anak nagari adalah: Di Kenagarian Lubuak Alai adalah Air terjun dan irigasi, di kenagarian Koto Lamo Batu Lasuang, Situs kebudayaan Batu Basurek dan sebuah Prasasti batu keramat dan batu mejan milik suku melayu Dt. Bosa Di kenagarian Sialang ada Panorama Alam.

Di Kenagarian Muaro Paiti terdapat Pemandian Air Panas. Di nagari Durian tinggi terdapat Tapak Candi Koto Gilingan, sedangkan di kenagarian Galugua terdapat 3 okasi temat rekreasi yaitu; ngalau di tepi batang kampar, Batu kamunyi dan batu tungku.

Goa atau ngalao apabila dikelola dengan baik dapat sebagai peningkatan ekonomi melalui pemeliharaan burung walet; seperti di kenagarian Koto lamo ada 25 lokasi, di kenagaraian Sialang terdapat ngalau Langkuik, Di Muaro Paiti ada 1 lokasi, dan di Galugua ada 2 lokasi yakni ngalau Batu Rajo dan Langkuik Kolam.

  1. Nagari Lubuak Alai:
    Air Terjun dan irigasi
  2. Nagari Koto Lamo:
    Batu Lasuang
    Situs Kebudayaan Batu Basurek
    Prasasti Batu Keramat
    Batu Mejan Milik Suku Melayu Dt Bosa
  3. Nagari Sialang:
    Panorama Pantai Logna
    Air Terjun Sialang Batu
  4. Kenagarian Muaro Peiti
    Pemandian Air Panas
    Aliran Batang Kapur Dengan Ikan Larangan
  5. Nagari Durian Tinggi:
    Tapak Candi Koto Gilingan
  6. Nagari Galugua
    Ngalau Tepi Aliran Batang Kampar
    Batu Kamunyi dan Batu Tungku
  7. Nagari Koto Bangun
    Air Terjun Lubuak Batang
    Muara sungai (Pertemuan aliran batang kampar dan batang kapur)

Goa atau ngalau apabila dikelola dengan baik dapat sebagai peningkatan ekonomi melalui pemeliharaan burung walet; seperti di kenagarian Koto lamo ada 25 lokasi, di kenagaraian Sialang terdapat ngalau Langkuik, Di Muaro Paiti ada 1 lokasi, dan di Galugua ada 2 lokasi yakni ngalau Batu Rajo dan Langkuik Kolam.

Potensi wisata ini tentu butuh dukungan dari instansi terkait. Ketika Nagari sudah memulai, dukungan dari kecamatan, Pemkab dan wakil rakyat di DPRD untuk mendapatkan support dari pemerintahan provinsi atau pusat sangat dibutuhkan.

foto dan Video kiriman Ferry Aryantoni Pak Camat Kapur IX

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...
- Advertisement -

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.
- Advertisement -

Kebakaran Di Ibuh, Damkar Payakumbuh Kerahkan Seluruh Armada

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,- Pemadam kebakaran (DAMKAR) Kota Payakumbuh segera bergerak meluncur setelah mendapat informasi dari warga via telepon kalau ada kebakaran rumah di Jalan Lampuang Kelurahan Ibuah, Kamis (6/5) sekitar pukul 13.00 siang.

XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo Nikmati Ramadhan Dengan Berbagi Takjil Gratis

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Menikmati menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, siswa siswi XII IPA II SMAN 2 Lintau Buo berbagi takjil gratis di Simpang Tugu Jorong Sawahan Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo kepada pengendara,Rabu 05/05/2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Sukseskan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2021, Bupati Limapuluh Kota Himbau Untuk Tingkatkan Koordinasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com- Dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2021, Polres Limapuluh Kota gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral, bersama Pemerintah derah Kabupaten Limapuluh Kota dan instansi terkait, yang bertempat di Aula Polres Limapuluh Kota, pada Selasa, (27/4/2021).

Hadir Di Acara PERPEMINDO, Ini Kata Wabup Tentang Peluang Kerja Di Luar Negeri

BALI - Kepedulian pemerintah terhadap pekerja migran Indonesia hal ini didukung oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Limapuluh Kota, provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dalam mensosialisasikan peluang kerja di luar negeri. Hal itu dikatakan Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri ketika menghadiri malam penerimaan penghargaan dari Perhimpunan Pengusaha Penempatan Migran Indonesia (PERPEMINDO) dan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sosialisasi peluang kerja ke luar negeri dan pembinaan kelembambagaan penempatan di Provinsi Bali, Senin (26/4/2021).

Limapuluh Kota Terima Bantuan Alat PCR Senilai 1,7 Miliar Rupiah

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Pemkab Limapuluh Kota terima bantuan alat PCR Senilai 1,7 Miliar rupiah. Bantuan tersebut buah hasil pertemuan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo dengan kepala BNPB Letjend TNI Doni Moenardo beberapa waktu lalu.

Jumlah Warga Positif Covid Sumbar Meningkat, Bupati Minta Aksi Serius Sampai Ke Nagari

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Positif rate Covid-19 terus menjadi perhatian serius pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Langkah dan aksi terus menjadi prioritas pemerintah daerah untuk menekan lonjakan positif Covid-19 yang terjadi.
- Advertisement -