24 C
Padang
Jumat, Februari 26, 2021
Beritasumbar.com

Kapur IX Dan Pesona Wisata Alamnya
K

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Saat ini wisata alam baik dalam bentuk tracking, adventure atau olahraga alam sangat banyak digandrungi masyarakat. Spot spot wisata baru jadi sasaran saat ada waktu libur. Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 nagari sangat banyak memiliki lokasi untuk wisata alam tersebut. Seperti halnya Kecamatan Kapur IX.

7 kenagarian dibawah pemerintahan kecamatan yang memiliki luas sekitar 723, 23 km persegi. Kapur IX dilingkari perbukitan dan lembah nan subur.

Bertani dan berladang merupakan mata pencarian masyarakat Kapur IX. Hasil ladang yang cukup dikenal didaerah ini yaitu gambir dan karet. Duo hasil bumi ini menjadi pemasukan keluarga utama mereka.

Kultur daerah berbukit dan lembah membuat setiap nagari di kecamatan ini memiliki pesona wisata air terjun nan indah. Walau belum terkelola secara maksimal namun sudah mulai menghiasi dunia maya lewat pengabadian kamera pecandu wisata alam. Baik oleh warga sekitar maupun warga yang datang dari daerah lain.

Kecamatan Kapur IX berjarak lebih kurang 70 km dari pusat kota payakumbuh atau sekira 25 km dari kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Bukit batu kapur yang dialiri sungai sungai menjadi daya tarik tersendiri buat wisata alam. Untuk Pariwisata berbagai lokasi sudah dimulai pengembangannya oleh anak nagari setempat.

Di Bidang Pariwisata yang dapat dikembangkan dan perlu pengelolaan oleh anak nagari adalah: Di Kenagarian Lubuak Alai adalah Air terjun dan irigasi, di kenagarian Koto Lamo Batu Lasuang, Situs kebudayaan Batu Basurek dan sebuah Prasasti batu keramat dan batu mejan milik suku melayu Dt. Bosa Di kenagarian Sialang ada Panorama Alam.

Di Kenagarian Muaro Paiti terdapat Pemandian Air Panas. Di nagari Durian tinggi terdapat Tapak Candi Koto Gilingan, sedangkan di kenagarian Galugua terdapat 3 okasi temat rekreasi yaitu; ngalau di tepi batang kampar, Batu kamunyi dan batu tungku.

Goa atau ngalao apabila dikelola dengan baik dapat sebagai peningkatan ekonomi melalui pemeliharaan burung walet; seperti di kenagarian Koto lamo ada 25 lokasi, di kenagaraian Sialang terdapat ngalau Langkuik, Di Muaro Paiti ada 1 lokasi, dan di Galugua ada 2 lokasi yakni ngalau Batu Rajo dan Langkuik Kolam.

  1. Nagari Lubuak Alai:
    Air Terjun dan irigasi
  2. Nagari Koto Lamo:
    Batu Lasuang
    Situs Kebudayaan Batu Basurek
    Prasasti Batu Keramat
    Batu Mejan Milik Suku Melayu Dt Bosa
  3. Nagari Sialang:
    Panorama Pantai Logna
    Air Terjun Sialang Batu
  4. Kenagarian Muaro Peiti
    Pemandian Air Panas
    Aliran Batang Kapur Dengan Ikan Larangan
  5. Nagari Durian Tinggi:
    Tapak Candi Koto Gilingan
  6. Nagari Galugua
    Ngalau Tepi Aliran Batang Kampar
    Batu Kamunyi dan Batu Tungku
  7. Nagari Koto Bangun
    Air Terjun Lubuak Batang
    Muara sungai (Pertemuan aliran batang kampar dan batang kapur)

Goa atau ngalau apabila dikelola dengan baik dapat sebagai peningkatan ekonomi melalui pemeliharaan burung walet; seperti di kenagarian Koto lamo ada 25 lokasi, di kenagaraian Sialang terdapat ngalau Langkuik, Di Muaro Paiti ada 1 lokasi, dan di Galugua ada 2 lokasi yakni ngalau Batu Rajo dan Langkuik Kolam.

Potensi wisata ini tentu butuh dukungan dari instansi terkait. Ketika Nagari sudah memulai, dukungan dari kecamatan, Pemkab dan wakil rakyat di DPRD untuk mendapatkan support dari pemerintahan provinsi atau pusat sangat dibutuhkan.

foto dan Video kiriman Ferry Aryantoni Pak Camat Kapur IX

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...
- Advertisement -

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...
- Advertisement -

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Usai Jabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan Akan Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah berakhir menjabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021, Ferizal Ridwan akan kembali menjalani sejumlah kegiatan sosial. Hal itu...

Duet Irfendi-Ferizal Berakhir, Dari Minta Maaf, Tetap Jaga Silaturrahmi, Dan Harapkan ASN Tingkat Kinerja

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Masa jabatan Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada periode 2016-2021 berakhir...

HPN 2021, Ini Rangkaian Kegiatan Yang Digelar Insan Pers Luak Limopuluah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Balai Wartawan Luak Limopuluah memiliki cara tersendiri untuk memperingati, dimana gabungan para pekerja...

BPNB Sumbar Sosialisasikan Persiapan Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau

Nagari Koto Gadang Koto Anau yang berada di kaki Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, pernah jadi daerah yang kaya dengan hasil cengkehnya. Kekayaan daerah tersebut membuat kolonial Belanda pernah berdiam di sana. Perkembangan kerajaan di Minangkabau hingga perjuangan bangsa sebelum dan awal kemerdekaan juga punya catatan tersendiri bagi daerah tersebut.

Bupati Limapuluh Kota Ajak Warga Untuk Tidak Takut di Vaksin

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengajak masyarakat yang ada didaerahnya untuk tidak takut divaksinasi Covid-19. Apalagi vaksin tersebut telah diuji oleh para ahli, dan juga memiliki label halal sebagaimana fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sidang Lanjutan Sengketa PHP Pilkada Limapuluh Kota di MK, Pemohon Salah Sebut Nama Nagari

Jakarta, beritasumbar.com - Ada hal yang sedikit lucu dari sidang panel lanjutan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten...

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.
- Advertisement -