25 C
Padang
Rabu, Oktober 20, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kapur IX Dan Pesona Wisata Alamnya
K

- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Saat ini wisata alam baik dalam bentuk tracking, adventure atau olahraga alam sangat banyak digandrungi masyarakat. Spot spot wisata baru jadi sasaran saat ada waktu libur. Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 nagari sangat banyak memiliki lokasi untuk wisata alam tersebut. Seperti halnya Kecamatan Kapur IX.

7 kenagarian dibawah pemerintahan kecamatan yang memiliki luas sekitar 723, 23 km persegi. Kapur IX dilingkari perbukitan dan lembah nan subur.

Bertani dan berladang merupakan mata pencarian masyarakat Kapur IX. Hasil ladang yang cukup dikenal didaerah ini yaitu gambir dan karet. Duo hasil bumi ini menjadi pemasukan keluarga utama mereka.

Kultur daerah berbukit dan lembah membuat setiap nagari di kecamatan ini memiliki pesona wisata air terjun nan indah. Walau belum terkelola secara maksimal namun sudah mulai menghiasi dunia maya lewat pengabadian kamera pecandu wisata alam. Baik oleh warga sekitar maupun warga yang datang dari daerah lain.

Kecamatan Kapur IX berjarak lebih kurang 70 km dari pusat kota payakumbuh atau sekira 25 km dari kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Bukit batu kapur yang dialiri sungai sungai menjadi daya tarik tersendiri buat wisata alam. Untuk Pariwisata berbagai lokasi sudah dimulai pengembangannya oleh anak nagari setempat.

Di Bidang Pariwisata yang dapat dikembangkan dan perlu pengelolaan oleh anak nagari adalah: Di Kenagarian Lubuak Alai adalah Air terjun dan irigasi, di kenagarian Koto Lamo Batu Lasuang, Situs kebudayaan Batu Basurek dan sebuah Prasasti batu keramat dan batu mejan milik suku melayu Dt. Bosa Di kenagarian Sialang ada Panorama Alam.

Di Kenagarian Muaro Paiti terdapat Pemandian Air Panas. Di nagari Durian tinggi terdapat Tapak Candi Koto Gilingan, sedangkan di kenagarian Galugua terdapat 3 okasi temat rekreasi yaitu; ngalau di tepi batang kampar, Batu kamunyi dan batu tungku.

Goa atau ngalao apabila dikelola dengan baik dapat sebagai peningkatan ekonomi melalui pemeliharaan burung walet; seperti di kenagarian Koto lamo ada 25 lokasi, di kenagaraian Sialang terdapat ngalau Langkuik, Di Muaro Paiti ada 1 lokasi, dan di Galugua ada 2 lokasi yakni ngalau Batu Rajo dan Langkuik Kolam.

  1. Nagari Lubuak Alai:
    Air Terjun dan irigasi
  2. Nagari Koto Lamo:
    Batu Lasuang
    Situs Kebudayaan Batu Basurek
    Prasasti Batu Keramat
    Batu Mejan Milik Suku Melayu Dt Bosa
  3. Nagari Sialang:
    Panorama Pantai Logna
    Air Terjun Sialang Batu
  4. Kenagarian Muaro Peiti
    Pemandian Air Panas
    Aliran Batang Kapur Dengan Ikan Larangan
  5. Nagari Durian Tinggi:
    Tapak Candi Koto Gilingan
  6. Nagari Galugua
    Ngalau Tepi Aliran Batang Kampar
    Batu Kamunyi dan Batu Tungku
  7. Nagari Koto Bangun
    Air Terjun Lubuak Batang
    Muara sungai (Pertemuan aliran batang kampar dan batang kapur)

Goa atau ngalau apabila dikelola dengan baik dapat sebagai peningkatan ekonomi melalui pemeliharaan burung walet; seperti di kenagarian Koto lamo ada 25 lokasi, di kenagaraian Sialang terdapat ngalau Langkuik, Di Muaro Paiti ada 1 lokasi, dan di Galugua ada 2 lokasi yakni ngalau Batu Rajo dan Langkuik Kolam.

Potensi wisata ini tentu butuh dukungan dari instansi terkait. Ketika Nagari sudah memulai, dukungan dari kecamatan, Pemkab dan wakil rakyat di DPRD untuk mendapatkan support dari pemerintahan provinsi atau pusat sangat dibutuhkan.

foto dan Video kiriman Ferry Aryantoni Pak Camat Kapur IX

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img