29.8 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Cetak Surat Suara Pilkada Pasaman Tunggu Pengunduran Diri Atos
C

Kategori -
- Advertisement -

Lubuk Sikaping – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menyatakan, pencetakan suarat suara dan formulir C3 untuk pendamping pemilih disabilitas masih menunggu pengunduran diri dari calon wakil bupati pasangan nomor urut dua Atos Pratama dari kemeliteran.

“Hingga saat ini Atos Pratama belum menyampaikan surat pengunduran diri dari TNI sehingga pencetakan surat suara belum bisa dilakukan. Demikian juga dengan persetujuan dari kedua pasangan calon yang maju dengan desaian surat suara yang telah dibuat,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Data Pemilih KPU Pasaman Aprina Herawati di Lubuk Sikaping, Selasa.

Ia menambahkan batas waktu Atos Pratama untuk memasukan surat pengunduran diri dari TNI agar dapat maju pada pilkada 9 Desember 2019, yakni pada 23 Oktober 2015 pukul 23.59 WIB.

“Jika calon wakil bupati nomor urut dua tersebut tidak memasukan surat pengunduran dirinya hingga batas waktu yang telah ditetapkan, maka KPU setempat juga masih menunggu mekanisme bentuk surat suara satu pasangan calon tentu dengan tidak adanya surat tersebut, otomatis pasangan nomor urut dua tidak memiliki wakil,” katanya.

Pasangan yang maju dalam pilkada di daerah itu, yakni pasangan nomor urut satu Benny Utama dengan Daniel Lubis serta pasangan nomor urut dua Yusuf Lubis dengan Atos Pratama.

KPU menjelaskan untuk pencetakan surat suara akan dilakukan di Jakarta dan telah ada perusahaan percetakan yang ditunjuk lansung, kerena anggarannya dibawah Rp200 juta.

Jumlah surat suara yang akan dicetak berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditapkan KPU Pasaman mencapai 186.760 jiwa di 12 kecamatan yang terdiri atas 92.151 jiwa pemilih laki-laki dan 94.609 perempuan ditambah 2,5 persen berdasarkan peraturan yang ada.

“Jumlah suarat suara yang akan dicetak dilebihkan 2,5 persen dari total DPT yang ada,” katanya. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img