30 C
Padang
Minggu, September 25, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Camat Silaut : PLN Tingkatkan Sosialisasi Pencabutan Subsidi
C

Kategori -
- Advertisement -

Painan – Pemerintah Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengharapkan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk meningkatkan sosialisasi kebijakan pemerintah terkait pencabutan subsidi listrik pada 2016.

Camat Silaut, Syamwil di Painan, Senin, mengatakan minimnya sosialisasi dan koordinasi PLN dengan pemerintah daerah terkait pencabutan subsidi listrik, mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan permintaan sambungan baru dengan daya 450VA dan 900VA.

Padahal sebanyak 125 rumah tangga di daerah itu telah mendaftar sejak lama untuk pemasangan sambung baru dalam program listrik desa.

Sampai sekarang semua yang mendaftar belum mendapat sambungan dengan alasan tidak ada lagi subsidi untuk daya 450VA dan 900VA, katanya.

Seharusnya PLN menyosialisasikan sejak awal, sehingga masyarakat tidak perlu repot-repot untuk mendaftar.

Sebelumnya pemerintah memastikan akan mencabut subsidi listrik untuk rumah tangga pelanggan 450 VA dan 900 VA pada 1 Juli 2016, dari rencana semula pada 1 Januari 2016.

Pencabutan sejalan dengan pemangkasan subsidi listrik yang dianggarkan pemerintah dari Rp66,15 triliun pada 2015 menjadi Rp38,39 triliun pada 2016.

Menurut Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), penerima subsidi listrik di Indonesia hanya 24,7 juta rumah tangga yang tercatat miskin dan rentan miskin.

Akibatnya 22,3 juta rumah tangga pelanggan dari 45 juta pelanggan terancam pencabutan subsidi. Bahkan di Sumbar akan berdampak pada 90 persen lebih pelanggan.

Kami pun belum dapat data baru terkait jumlah masyarakat miskin dan rentan miskin di Silaut. Kalau pendataan tahun 2011, hampir 500 KK, ungkapnya.

Sementara, Kepala Divisi Humas PLN Wilayah Sumbar Ridwan, menyebutkan pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait pemangkasan subsidi itu beberapa bulan lalu.

Ia mengaku dalam sosialisasi itu mengundang berbagai unsur seperti tokoh masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Pada dasarnya sambutan mereka baik. PLN Wilayah Sumbar telah memberikan hasil sosialisasi itu kepada Dinas ESDM Sumbar untuk diteruskan ke pusat, terangnya. (Ant/Oleh Junisman)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img