24.5 C
Padang
Thursday, October 22, 2020

OJK Optimis BPR Terus Tumbuh di Sumbar

Padang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), optimistis perkembangan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di wilayah itu akan terus tumbuh kendati dalam beberapa tahun terakhir ada sejumlah bank yang ditutup.

“Saat ini jumlah BPR di Sumbar terbanyak di Sumatera, mencapai 100 unit, kami optimistis akan terus tumbuh,” kata Wakil Kepala Kantor OJK Sumbar, Bob Hasfian di Padang, Senin.

Menurut dia saat ini aset BPR di Sumbar mencapai sekitar Rp1,5 triliun dan jika dikelola dengan baik maka keberadaannya akan terus berkembang.

“Meski saat ini secara eksternal terjadi pelemahan ekonomi global, namun jika dikelola dengan baik maka BPR akan bertahan,” ujarnya.

Ia mengatakan selama ini yang menjadi penyebab ditutupnya sejumlah BPR karena faktor internal berupa pengelolaan yang tidak profesional dan melanggar asas moralitas.

“Jika pengurusnya jujur, manajemen juga baik maka BPR akan terus bertahan,” ujar dia.

Ia menambahkan selaku otoritas yang berwenang melakukan pengawasan secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap seluruh bank di Sumbar minimal sekali dalam setahun.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumbar mencatat pertumbuhan aset BPR di Sumbar mulai meningkat tumbuh 7,2 persen pada triwulan III 2015 dibandingkan triwulan II yang hanya 2,7 persen.

Meningkatnya pertumbuhan aset disebabkan pertumbuhan ekspansi penyaluran kredit oleh BPR di Sumbar setelah tumbuh negatif pada dua triwulan sebelumnya, kata Kepala Perwakilan BI Sumbar Puji Atmoko.

Ia mengatakan perkembangan dana pihak ketiga (DPK) BPR di Sumbar menunjukkan kecenderungan perbaikan dengan pertumbuhan yang cukup tinggi.

Jumlah DPK yang berhasil dihimpun BPR pada triwulan III mencapai Rp1,18 triliun dengan pertumbuhan sebesar 15,1 persen atau tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya 9,4 persen, ujar dia.

Meningkatnya pertumbuhan DPK tersebut terjadi pada seluruh jenis simpanan, dengan pertumbuhan terbesar pada deposito dan kemudian tabungan, lanjut dia. (Ant/Oleh Ikhwan Wahyudi)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Satlantas Polres Pessel gelar Patroli Hunting Sistem

Pesisir Selatan,- Sat Lantas Polres Pesisir Selatan laksanakan giat Hunting Sistem Satlantas pada hari Selasa (20/10/2020) pukul 20.00 s/d 20 15 Wib....

Kemen PUPR: Pembangunan Bendungan Dapat Cegah Banjir Pangkalan

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI mengemukakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang melanda...

Pengunjung Risih, Anjing Liar Masuki Taman Pagaruyung

Tanah Datar,- Beredar beberapa foto di media sosial menunjukkan bahwa mulai maraknya binatang "anjing" liar disekitar areal taman Pagaruyung Batusangkar.

Razia Hari Ke Lima, Menyisir Kantor Pelayanan Publik, 4 Orang Terjaring

Payakumbuh --- Razia mobile yang dilaksanakan Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh pada hari ke lima menyisir ke kantor-kantor pelayanan publik yang ada di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -