24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Calon Jamaah Haji Padang Panjang Masuki Tahapan Pelunasan
C

Kategori -
- Advertisement -

Padang Panjang – Calon Haji Kota Padang Panjang, Sumatera Barat sudah memasuki tahapan pelunasan biaya untuk keberangkatan ke tanah suci, kata pejabat Kementerian Agama Kota Padang Panjang.

“Persiapan calon haji sudah memasuki pelunasan biaya keberangkatan tahap I,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Padang Panjang, Syaiful Arifin, Selasa.

Dia mengatakan, dalam tahapan pelunasan tersebut, panitia penyelenggara melakukan dua tahap yang sudah dimulai Juni dan tahap II Juli.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 41 orang yang melunasi biaya keberangkatan,” ujarnya.

Biaya keberangkatan haji yang akan dilunasi oleh masyarakat tersebut kata dia, berjumlah sekitar Rp34 juta lebih untuk satu orang, tergantung dari harga mata uang dolar.

“Kalau dolar turun, maka biayanya juga mengalami penurunan demikian sebaliknya,” sebutnya.

Dalam melakukan pelunasan biaya haji tersebut, masyarakat bisa langsung membayarnya ke bank yang sudah ditunjuk oleh pemerintah dan sesuai dengan membayarkan uang pendaftaran pertama.

“Di Sumbar termasuk Padang Panjang ada sejumlah tempat melakukan transaksi pelunasan seperti, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonsia (BNI), Bank Mandiri Syariah dan Bank Nagari,” jelasnya.

Sebelumnya Kementerian Agama Padang Panjang juga sudah menjadwalkan pembuatan paspor bagi calon haji yang ada di daerah itu pada 26 Mei sampai 3 Juni 2015.

Selain mengurus paspor, calon haji tersebut juga akan melalui sejumlah tahapan persiapan seperti manasik haji tahap I awal Februari 2015, pelatihan ketua regu. “Saat ini sedang berlangsung manasik mandiri di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di dua lokasi,” ujarnya.

Setelah manasik, calon haji nantinya juga akan cek kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang.

“Cek kesehatan dan sekaligus memberikan suntikan meningitis akan dilakukan akhir Juli 2015,” katanya.

Salah seorang calon haji Padang Panjang Hendri mengatakan akan melalui tahapan pelaksanaan haji tersebut sesuai dengan aturan yang ada dengan senang hati.

“Kami akan lalui tahapan itu sesuai dengan aturan yang ada, karena juga akan mempermudah proses keberangkatan,” ujarnya.

Padang Panjang sendiri merencanakan akan memberangkatkan 145 Calon Haji ke tanah suci mekah 2015. Jumlah itu sedikit berkurang dari tahun sebelumnya yang mencapai 148 orang.

 

[Ant/Oleh Eko Fajri]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img