25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

12.219 Ton Pupuk Subsidi Disalurkan Pemprov Sumbar ke Petani
1

Kategori -

Padang – Dinas Pertanian Sumatera Barat hingga April 2015 telah menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani sebanyak 12.219 ton atau 30 persen dari target tahun ini.

“Secara keseluruhan mencapai 30 persen, namun serapannya bervariasi untuk setiap kabupaten dan kota,” kata Kepala Seksi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Dinas Pertanian Sumbar Fajri di Padang, Selasa.

Ia mengatakan data ini diperoleh berdasarkan laporan produsen pupuk, namun akan dicek silang lagi dengan data dari tim verifikasi dan validasi penyaluran pupuk sehingga mendapatkan hasil akhir yang valid.

“Jadi untuk pembayaran pupuk bersubsidi ini kita tidak serta-merta memakai data produsen, namun akan dibandingkan dengan data hasil kerja tim verifikasi di lapangan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, tim verifikasi lapangan telah bekerja sejak 2014 untuk memastikan akurasi data dan mengawal distribusi pupuk bersubsidi sampai ke kecamatan.

“Semua ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa penyaluran pupuk bersubsidi benar-benar sampai kepada petani,” katanya.

Kepada masyarakat juga diimbau agar ikut memantau distribusi tersebut guna menghindari penyelewengan pupuk bersubsidi, dan di tingkat petani jangan sampai dijual, tapi benar-benar digunakan untuk lahan garapannya.

Ia merinci kebutuhan pupuk bersubsidi untuk Sumbar, jenis urea sebanyak 70.000 ton, ZA sebanyak 21.000 ton, SP-36 sebanyak 25.500 ton, NPK sebanyak 61.000 ton, dan Organik sebanyak 23.000 ton.

Sementara itu, anggota Komisi II Bidang Ekonomi DPRD Sumbar, Sabrana mengatakan distribusi pupuk bersubsidi saat ini belum maksimal, karena para petani harus membentuk kelompok terlebih dahulu baru bisa mendapatkan pupuk tersebut.

Hal ini telah menyebabkan daya serap pupuk bersubsidi oleh petani menurun, karena tidak semua petani bisa membentuk kelompok sebagai syarat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut.

“Banyak petani yang belum mendaftarkan dirinya ke kelompok, dan mereka memiliki lahan pertanian,” ujarnya.

Mungkin inilah salah satu penyebab serapan petani terhadap pupuk bersubsi tidak maksimal, dan harus dicarikan jalan keluarnya. Misalnya, petani tersebut dianjurkan untuk segera bergabung dengan kelolompok tani yang telah ada.

Atau syaratnya dipermudah bagi petani yang tidak mau bergabung dengan kelompok tani, cukup memperlihatkan kartu identitas dan keterangan dari pemerintahan nagari memiliki lahan garapan, maka boleh mendapatkan pupuk bersubsidi.

 

[Ant/Rumi]
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Apresiasi kegiatan Rehab Rumah Dari Alumni SMEA Negeri Payakumbuh Milenial

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Atas dasar solidaritas dan kemanusiaan, Ikatan Alumni SMEA Negeri Payakumbuh (Snepa) laksanakan kegiatan bedah/rehab rumah bagi salah seorang alumni mereka yang kurang mampu yang berdomisili di kelurahan Padang Data Tanah Mati, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Turnamen Hercules Cup II Digelar

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 16 ( Enam Belas) Club bola berlaga pada turnamen Hercules Cup ll Tanjung Ampalu, kecamatan Koto Vll Kabupaten Sijunjung, pertandingan perdana di mulai pada Minggu (25/7) dilapangan bola kaki Tuna Karya Tanjung Ampalu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -