24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Solok Dilaporkan ke Ombudsman Perwakilan Sumbar
B

Kategori -

Bupati Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Syamsu Rahim dilaporkan ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumbar oleh masyarakat Kenagarian Selayo, karena pelantikan wali nagari periode 2013 hingga 2019 dinilai menyalahi aturan.

“Pelantikan Wali Nagari Selayo oleh bupati melalui camat telah menyalahi aturan dan kewenangannya. Yakni tidak menjalankan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yunafri di Padang, Sabtu (28/3).

Ia menambahkan PTUN Medan telah memutuskan bahwa wali nagari Selayo itu harus dibatalkan, karena dinilai cacat hukum. Namun Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solok menafsirkan lain putusan itu.

Pemkab Solok, lanjutnya, memang telah membatalkan wali nagari tersebut. Namun kembali mengangkat wali nagari yang sama berdasarkan SK Bupati nomor 100-716-2014.

“Seharusnya jika PTUN memutuskan bahwa wali nagari itu dibatalkan, yang bersangkutan seharusnya tidak diangkat kembali dan mengangkat calon lain,” jelasnya.

Ombudsman Sumbar, katanya, telah mencoba berkonsultasi dengan PTUN Medan mengenai kejadian itu. Hanya saja tidak mendapatkan hasil, karena PTUN tidak bisa memberikan komentar mengenai putusan.

Ia menambahkan ketika Ombudsman melakukan klarifikasi ke Pemkab Solok melalui asisten pemeritahan dan bagian hukum, membenarkan hal itu.

Ia menjelaskan proses selanjutnya Ombudsman Sumbar akan berkonsultasi kepada Ombudsman pusat.

“Kami akan mengkonsultasikan apakah akan langsung mengeluarkan rekomendasi mengenai persoalan itu. Karena Ombudsman memiliki hak memberikan rekomendasi,” katanya.

Sebelumnya, laporan itu diterima Ombudsman Sumbar pada 4 Desember 2014, dari masyarakat Kenagarian Selayo, namun identitas pelapor tidak disebutkan Ombudsman atas azas kerahasiaan.

Ia menilai dengan kejadian itu terdapat kendala dalam pengeksekusian putusan PTUN. Berbeda dengan eksekusi pidana dan perdata.

“Pidana dieksekusi oleh jaksa, perdata dieksekusi pihak Pengadilan, sedangkan PTUN dieksekusi oleh pemerintah. Sedangkan sengketa PTUN adalah pemerintah sendiri, sehingga pengawasan pengeksekusiannya lemah,” ujarnya.

Pada bagian lain, perjalanan perkaranya berawal di PTUN Padang yang menyidangkan perkara pada 13 Maret 2014 dengan nomor perkara yakni No.12/G/2013/PTUN.PDG. Dalam amar putusan PTUN membatalkan SK pengangkatan wali nagari Salayo dengan No.100-658-2013 tentang pengesahan dan pengangkatan dengan hormat wali nagari Salayo periode 2013-2019.

Menanggapi putusan PTUN Padang itu, kemudian Bupati Solok mengajukan banding ke PTUN Medan. Putusan PTUN Medan akhirnya menguatkan putusan PTUN Padang, dan menetapkan Bupati Solok sebagai pihak yang kalah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Lawan Pembiayaan Rentenir, Gubenur Bersama OJK Kukuhkan Tim TPAKD Se Sumbar

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilakukan pertemuan dan sosialisasi sebelumnya pada bulan Maret 2021, yang digagas OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Provinsi Sumatra Barat bersama seluruh kabupaten/kota Provinsi Sumatra Barat yang bertujuan untuk menyusun serta percepatan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota di Sumatra Barat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Ada Temaram di Pintu Aging

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 1/1000 “Ada Temaram di Pintu Aging” Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sudah biasa dan terbiasa ada kata-kata...

Kunjungan Wagub Sumbar Ke Sijunjung, Ini Rangkaian Kegiatannya

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Kabupaten Sijunjung pada Kamis, 22/7 dengan sejumlah rangkaian kegiatan bersama pemkab setempat. Selama berada berada...

Sefnat Waicang Sampaikan Aspirasi Masyarakat Grime Nawa ke DPD RI

JAKARTA - Perwakilan Masyarakat yang juga Tokoh Masyarakat yang diberikan kuasa untuk persiapan proses pemekaran Kabupaten Grime Nawa diketuai oleh Sefnat Waicang, S.P dan jajaran melakukan kunjungan ke DPD RI, Senayan, Jakarta pada Jumat (16-07-2021)

Banyaknya Keluhan Tentang Konsumen, DPW LPPKI DKI Jakarta Dibentuk

JAKARTA - LPPKI (Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia) terus bergerak melakukan pengembangan organisasi, baik ditingkat Provinsi (DPW), maupun ditingkat Kabupaten Kota (DPC).

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Ranperda Tentang Mars Sumatera Barat

Padang,BeritaSumbar.com,-Bertempat di Ruang Rapat Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, 01 Juli 2021. Melalui UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dilaksanakan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) tentang Mars Sumatera Barat yang akan ditetapkan menjadi Mars Daerah dengan judul Mars Sumatera Barat yang diciptakan oleh B. Andoeska.
- Advertisement -