24 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

Bupati Solok Dilaporkan ke Ombudsman Perwakilan Sumbar
B

Kategori -

Bupati Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Syamsu Rahim dilaporkan ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumbar oleh masyarakat Kenagarian Selayo, karena pelantikan wali nagari periode 2013 hingga 2019 dinilai menyalahi aturan.

“Pelantikan Wali Nagari Selayo oleh bupati melalui camat telah menyalahi aturan dan kewenangannya. Yakni tidak menjalankan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan,” kata Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Yunafri di Padang, Sabtu (28/3).

Ia menambahkan PTUN Medan telah memutuskan bahwa wali nagari Selayo itu harus dibatalkan, karena dinilai cacat hukum. Namun Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solok menafsirkan lain putusan itu.

Pemkab Solok, lanjutnya, memang telah membatalkan wali nagari tersebut. Namun kembali mengangkat wali nagari yang sama berdasarkan SK Bupati nomor 100-716-2014.

“Seharusnya jika PTUN memutuskan bahwa wali nagari itu dibatalkan, yang bersangkutan seharusnya tidak diangkat kembali dan mengangkat calon lain,” jelasnya.

Ombudsman Sumbar, katanya, telah mencoba berkonsultasi dengan PTUN Medan mengenai kejadian itu. Hanya saja tidak mendapatkan hasil, karena PTUN tidak bisa memberikan komentar mengenai putusan.

Ia menambahkan ketika Ombudsman melakukan klarifikasi ke Pemkab Solok melalui asisten pemeritahan dan bagian hukum, membenarkan hal itu.

Ia menjelaskan proses selanjutnya Ombudsman Sumbar akan berkonsultasi kepada Ombudsman pusat.

“Kami akan mengkonsultasikan apakah akan langsung mengeluarkan rekomendasi mengenai persoalan itu. Karena Ombudsman memiliki hak memberikan rekomendasi,” katanya.

Sebelumnya, laporan itu diterima Ombudsman Sumbar pada 4 Desember 2014, dari masyarakat Kenagarian Selayo, namun identitas pelapor tidak disebutkan Ombudsman atas azas kerahasiaan.

Ia menilai dengan kejadian itu terdapat kendala dalam pengeksekusian putusan PTUN. Berbeda dengan eksekusi pidana dan perdata.

“Pidana dieksekusi oleh jaksa, perdata dieksekusi pihak Pengadilan, sedangkan PTUN dieksekusi oleh pemerintah. Sedangkan sengketa PTUN adalah pemerintah sendiri, sehingga pengawasan pengeksekusiannya lemah,” ujarnya.

Pada bagian lain, perjalanan perkaranya berawal di PTUN Padang yang menyidangkan perkara pada 13 Maret 2014 dengan nomor perkara yakni No.12/G/2013/PTUN.PDG. Dalam amar putusan PTUN membatalkan SK pengangkatan wali nagari Salayo dengan No.100-658-2013 tentang pengesahan dan pengangkatan dengan hormat wali nagari Salayo periode 2013-2019.

Menanggapi putusan PTUN Padang itu, kemudian Bupati Solok mengajukan banding ke PTUN Medan. Putusan PTUN Medan akhirnya menguatkan putusan PTUN Padang, dan menetapkan Bupati Solok sebagai pihak yang kalah.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Persiapan Pembentukan Kampung Dan Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti hasil rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Pemko Payakumbuh menggelar rapat persiapan pembentukan kampung tangguh dan program sekolah tangguh yang bertempat di Ruang Randang Kantor Wali Kota Payakumbuh, Jumat(8/1/2021).
- Advertisement -

Tingkatkan Pelayanan, Di Payakumbuh Buku KIR Ditiadakan, Diganti Smart Card

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Perhubungan (Dishub) untuk meningkatkan layanan kepengurusan pengujian kendaraan bermotor KIR atau uji kelayakan kendaraan pada kendaraan umum, baik itu angkutan umum maupun kendaraan barang. Sehingga, sekarang telah diterapkan sistem Smart Card (Kartu Pintar) KIR.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP
- Advertisement -

Momen Goro Di NDB, F-WIN Turun Tangan Bareng Nilmaizar

Momen langka terjadi di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz (F-Win) bersama mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Nil Maizar turun lapangan bahu-membahu bergotong royong (Goro) bersama masyarakat setempat membersihkan pekarangan kantor lurah NDB, Jumat (08/01).

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -