25 C
Padang
Jumat, Juni 21, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bupati Sijunjung Serahkan Bantuan Mesin Pompa Air Kepada Kelompok Tani
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Kementerian Pertanian menargetkan, sawah-sawah tadah, tetap,berproduksi di musim kemarau. Untuk itu sebanyak 62 Kelompok Tani di Kabupaten Sijunjung mendapat bantuan mesin pompa air. Sistem pompanisasi ini, sawah-sawah petani memiliki sumber air sepanjang tahun.

Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt menyerahkan bantuan mesin pompa air kepada Kelompoktani (Keltan) pada Jumat (31/5/24 di Muaro.

Bantuan ini atas kolaborasi yang baik antara pemerintah Kabupaten bersama dengan Kementerian Pertanian, sehingga kita mendapatkan alokasi bantuan mesin pompa air,” kata Wabup

Manfaatkan bantuan ini guna meningkatkan Indeks Pertanaman (IP). Bagi yang telah melakukan penanaman padi meskipun dimusim hujan, tidak ada jaminan sawah akan terus terairi dengan baik, karena itulah pompa ini bisa dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan air sawah. Jangan disimpan di rumah ketua kelompok, sementara sawah anggota mengalami kekeringan. Berarti bantuan pompa ini tidak sesuai dengan harapan pemerintah dan anggota kelompok. Untuk operasional dilapangan menjadi kewajiban ketua bersama anggota memusyawarahkan, cara pemakaian dan melengkapi kebutuhan lainnya, pesan Wabup.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Ronaldi dalam laporannya mengatakan, Kelompok tani ini, menerima bantuan, masing-masing satu set mesin pompa air.Bertani,pekerjaan yang mulia dan menjanjikan, bila dilakukan secara profesional dam ikhlas. Usaha yang kita lakukan secara sungguh-sungguh, hasilnya tidak akan mengecewakan, salah satu contohnya bertani yang baik dilakukan wakil bupati dalam berbagai komunitas Pertanian, kata Ronaldi dihadapan Wabup dan ketua kelompok.

Acara penyerahan bantuan ini juga dihadiri Sekdis pertanian, Shinta Ananda, S.Pt, Kabid PSP Hendri S., SP, Kabid Penyuluhan Yasran Fuadi, SP, MM, Kabid TPH Hendra, SP, M.Si dan Kabid Peternakan Yan Rizal Chandra, S.Pt. (Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img