27 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bupati Padang Pariaman Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021
B

Kategori -
- Advertisement -

Padang Pariaman, beritasumbar.com – Apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. Pengecekan itu berupa aspek personal, sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti Polri, TNI, Pemda, dan Mitra Kamtibmas.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat membacakan sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) ketika menjadi pembina Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021 di Lapangan Mapolres Padang Pariaman Nagari Parik Malintang Kecamatan Enam Lingkuang, Kamis (23/12).

Ia menambahkan bahwa Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 10 hari, yang akan 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Sehingga masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman,” katanya

Dalam pelaksanaan pengamanan natal dan tahun baru, Polri telah menyiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 Personel TNI, serta 55.086 personel dari instansi terkait lainnya.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan, terkait gangguan kambtibmas dan kamseltibcar lantas, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan.

“Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi pada masa pandemi covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran covid-19,” sambungnya.

Pada akhir sambutannya, Kapolri berharap seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakterisitik kerawanan pada masing-masing daerah.

Apel gelar pasukan dihadiri oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Mohamad Qori Oktohandoko, SH.SIK.MH, Dandim 0308 Pariaman diwakili Pasi Ops. Lettu Delri Putra, Wakapolres Padang Pariaman Kompol Alfias Marzuki, SE.MH, Kadishub Padang Pariaman Rifki Monrizal, SH. MSi, Kadinkes Padang Pariaman Drs. Yutiardy Riva’i, Apt, Kasatpol PP dan Damkar Padang Pariaman Rianto, SH. MM, Kalaksa BPBD Padang Pariaman diwakili Kabid KL Edison, S.Sos, GM Angkasa Pura II diwakili Kamardi, serta PJU dan Kapolsek di wilayah Polres Padang Pariaman.

Apel gelar pasukan diakhiri dengan pemeriksaan pasukan oleh pembina didampingi Kapolres, Dandim beserta pejabat lainnya dan dilanjutkan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan masing-masing pasukan dan regu. (Rel/Andra)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img