32 C
Padang
Rabu, Februari 28, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bupati Eka Putra : Semoga Lahirkan Kafilah Yang mampu Bersaing Dijenjang Lebih Tinggi.
B

Kategori -
- Advertisement -

Rambatan.Beritasumbar.com. Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keagamaan.

Sebagaimana disebutkan, Bupati Tanah Datar Eka Putra, saat membuka MTQ Nasional ke VI Tingkat Kecamatan Rambatan, di lapangan sepakbola, Nagari Rambatan, Sabtu (24/6/2023).

Bupati Eka Putra pun berharap penyelenggaran MTQ akan membangkitkan motivasi yang kuat bagi generasi muda, agar senantiasa meningkatkan kecintaannya terhadap Al Qur’an.

“Melalui MTQ Nasional Tingkat Kecamatan Rambatan ke VI, terwujud generasi muda yang membudayakan membaca, menghafal, memahami, serta mengamalkan Al Qur’an di kehidupannya sehari-sehari,” ujar Bupati Eka Putra.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra menginformasikan di tahun 2023 ini, akan terselenggara MTQ Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ke XL di Solok Selatan (Solsel).

Berangkat dari itu, ia menyebutkan bahwa Pemda Tanah Datar telah melakukan seleksi Kafilah, yang akan berupaya merebutkan kembali gelar Juara Umum seperti di MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke XXXVIII tahun 2019.

“Dan, kita berharap melalui MTQ Nasional ke VI tingkat Kecamatan Rambatan lahir para Kafilah yang mampu bersaing mengharumkan nama Tanah Datar ke tingkat lebih tinggi,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementrian Agama (Ka Kamenag) Tanah Datar Amril mengatakan penyelenggaran MTQ Nasional ke VI Tingkat Kecamatan Rambatan dianggap ibadah yang akan menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

“Kita beharap kegiatan ini, akan memberikan banyak manfaat. Perlu juga diingat, niatkan hanya untuk beribadah, semoga terwujud generasi cinta Al’Quran dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Rambatan Roza Melfita mengatakan penyelenggaran MTQ itu, sebagai dukungan untuk mewujudkan visi dan misi Pemda Tanah Datar, yakni terwujudnya masyarakat madani, berlandaskan adat basandi syara, syara basandi kitabullah.

Ia pun berharap dari hasil MTQ kali ini, menjadi bahan evaluasi dalam rangka meningkatkan pendidikan Al-Qur’an di daerahnya, “Tidak kalah penting adalah bagaimana MTQ ini, dapat memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat, untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di Al-Qur’an,” ujarnya.

Turut hadir beberapa Anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Bupati Tanah Datar Sisa Masa Jabatan Periode 2016-2021 Zuldafri Darma, Staff Ahli, Asisten, Kepala OPD, Forkopimca, Wali nagari Se Kecamatan Rambatan, Ketua KAN, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang dan tamu undangan lainnya. (pro/N).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img