Bupati Dharmasraya Resmikan Bank Sampah Sajati | foto: humas dharmasraya

Untuk mengubah sampah agar lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis bagi masyarakat serta untuk membantu menangani pengolahan sampah, Pemkab Dharmasraya melalui Badan Lingkungan Hidup membuat terobosan dengan mendirikan pengumpulan dan pengolahan sampah yang dijuluki Bank Sampah Sajati (sampah jadi pitih).

Peresmian ditandai pembukaan selubung papan nama oleh Bupati Dharmasraya, usai upacara peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-31 dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di halaman kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (17/09). Menurut Bupati, keberadaan bank sampah memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup. Diantaranya menjadikan lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis, seperti kerajinan dan pupuk.

“Yang pasti, dengan adanya bank sampah, akan dapat menambah penghasilan masyarakat, karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki,” ujar Bupati. Rekening itu, lanjutnya, dapat diambil kapan saja mereka butuhkan.

Sementara itu, Kepala BLH Dharmasraya dr. Rahmadian mengatakan Bank Sajati yang diresmikan tersebut merupakan yang ketiga di Dharmasraya. Sebelumnya, Bank Sajati yang sudah dibentuk dibawah binaan BLH ada dua, yakni Bank Sajati I yang berlokasi di Sungai Dareh diresmikan pada Juni 2014 lalu, dan Bank Sajati II berlokasi di Koto Agung Sitiung I Blok B yang juga diresmikan Bupati pada 2012 lalu.

“Keberadaan bank sampah ini cukup mendapat respon positif dari masyarakat. Ini terbukti dengan telah suksesnya dua buah Bank Sajati I dan II yang telah lebih dulu berdiri,” ujarnya. Dirinya bertekad ingin mengulang kesuksesan sebelumnya melalui Bank Sajati tersebut. Bank Sajati III yang baru diresmikan tersebut berada di Nagari Gunung Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, dengan Direktur Zainal Abidin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan satu unit becak motor sampah dan satu unit mesin pencacah plastik kepada Direktur Bank Sajati III. (humas dharmasraya)

loading...