27 C
Padang
Jumat, Desember 1, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Buah Semangka Yang Mendunia
B

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,– Akhir-akhir ini kita dan seluruh dunia beramai-ramai menggunakan tagline emoji buah semangka diberbagai aktivitas bermedia social seperti penggunaan foto profil dan postingan baik di whatsapp ataupun instragam. Postingan ini tak terhitung jumlah setelah beberapa minggu yang lalu terjadi penyerangan tentara Israel terhadap Palestina yang menyebabkan banyak kerugian bahkan korban ribuan nyawa.

Nah, postingan emoji semangka berkaitan erat dengan aksi dukungan masyarakat dunia dari berbagai element kepada rakyat Palestina sebagai symbol kemanusian.

Menurut catatan sejarah, Semangka menjadi simbol perlawanan rakyat Palestina yang sudah dilakukan sejak tahun 2021. Seperti yang kita lihat, emoji semangka memiliki keunikan tersendiri dimana warnanya yang sama dengan bendera Palestina, yaitu merah, hijau, putih, dan hitam serta semangka merupakan buah yang tumbuh subur di Palestina sehingga mendapat julukan “The Fruit of Palestine.”

Berbicara mengenai semangka, banyak hal yang belum kita ketahui tentang tanaman yang satu ini. Berdasarkan catatan sejarah, tanaman yang memiliki nama latin Citrullus vulgaris ini diduga berasal dari benua Afrika kemungkinan besar disekitar daerah Sudan.

Melalui tulisan Ibrani, para sejarawan telah melacak migrasinya ke Timur Tengah sejak tahun 200 M, di mana buah semangka digunakan sebagai persepuluhan bersama dengan buah ara, anggur, dan delima. Secara taksonomi, tanaman semangka termasuk kedalam keluarga buah labu-labuan (Cucurbitaceae) dan memiliki sekitar 750 jenis. Tanaman ini merupakan tanaman semusim yang hidupnya merambat dan memiliki anekaragam jenis seperti semangka merah, semangka kuning, semangka biji dan semangka non biji.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa buah semangka memiliki daya tarik khusus. Warna daging buahnya yang merah dan kuning serta konsistensinya yang remah, berair banyak, sangat merangsang selera untuk mencicipinya. Tapi tahukah kamu bahwa buah semangka merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad Saw setelah kurma? Lah kok bisa? Yups. Dari berbagai riwayat mengatakan bahwa buah semangka merupakan buah yang berasal dari surga yang memiliki beribu keberkahan dan beribu rahmad sehingga dengan memakannya dapat mengobati semua penyakit.

Fakta menyebutkan bahwa semangka dikenal sebagai salah satu buah yang menyegarkan. Hal ini disebabkan karena hampir keseluruhan buah mengandung 92% air. Selain itu, semangka memiliki banyak manfaat untuk tubuh berkat kandungan gizinya yang lengkap dan sudah terbukti secara medis.

Di dalam buah semangga terdapat berbagai kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan asam folat, serta mineral seperti kalium dan magnesium. Bagi penderita hipertensi, semangka dapat dikonsumsi sehingga bisa menetralisasi tekanan darah. Selain itu, semangka dapat mengobati sariawan, membersihkan ginjal, dan mempergiat kinerja jantung.

Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah semangka dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Pada semangka terdapat senyawa lycopene yang juga berperan sebagai antioksidan untuk mengurasi risiko kanker dan diabetes. Selain itu, juga terdapat kandungan beta-cryptoxanthin, pigmen yang berperan melindungi persendian di tubuh dari peradangan.

Tidak hanya buahnya saja yang kaya manfaat, kulit luarnya juga diketahui kandungan gizi yang luar biasa. Pada kulit semangka terdapat gelatin yang merupakan zat yang memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, seperti menjaga fungsi otak dan kesehatan mental hingga kulit dan rambut.

Penulis: Obel SP.MP
Dosen Prodi Agroteknologi Fak Pertanian Unand

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img