29 C
Padang
Sabtu, April 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPTU Padang Mangateh, Agrobisnin Yang Tersembunyi
B

Kategori -
- Advertisement -

Sumatera Barat mempunyai perternakan sapi atau yang disebut dengan Balai Pembibitan Ternak Unggul Sapi Potong yang setara dengan peternakan sapi Di Australia dan Brazil.

Tetapi, tidak banyak masyarakat Sumatera Barat yang tahu akan peternakan itu. Peternakan tersebut sudah berdiri semenjak 1916 yang terletak di daerah Padang Mengatas Kabupaten Lima Puluh Kota dengan luas 280 hektar.

Dengan padang rumput yang luas terdapat 600 ekor sapi yang dilepas disana, Sugiono, selaku Kepala Balai peternakan menjelaskan, Balai tersebut merupakan UPT dari Kementerian yang mana di balai ini dilakukan pembibitan serta pengembangan sapi potong jenis Simental, Lima Sin serta sapi Pesiri. Dalam satu bulan hasil produksi mencapai 20 ekor dan hasil produksi tersebut nantinya disebar kepada para peternak di seluruh Indonesia, jelasnya. Ketika dikunjungi oleh Kasi Sarana Pemasaran dan Pelayanan Informasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Barat, Nuzirwan Rusli dan Bidang Pengembangan, Asril, yang akan berencana untuk mengembangkan Padang Mengatas menjadi Agrowisata.

Sugiono melanjutkan, Padang Mengatas memiliki potensi agrowisata yang luar biasa apa lagi untuk para peneliti ternak sapi dan para Kelompok Ternak di seluruh Indonesia. Jika ingin belajar soal peternakan sapi unggul tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Tetapi, sayangnya tidak banyak yang mengetahuinya dan kurang terekspos, katanya.

Untuk saat sekarang ini, Padang Mengatas sering dikunjungi oleh Para Peneliti dari seluruh Indonesia dan bahkan juga ada dari mancanegara, seperti Australia, Malaysia dan Thailand. Para Wisatawan yang berkunjung kesini datang untuk mendalami ilmu peternakan. Bahkan pada 22 Desember besok ada sekitar 50 orang dari Malaysia yang akan berkunjung keperternakan ini untuk berwisata sekaligus mendalami ilmu peternakan, ucapnya.(jpnn)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img