24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

BPOM Minta Waspadai Makanan Mengandung Boraks
B

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meminta masyarakat agar mewaspadai makanan yang mengunakan boraks, terutama pada makanan buka puasa yang dijual di pasar.

“Ciri makanan yang mengandung boraks terlihat lebih segar dan cerah serta ketika dimakan terasa kenyal,” kata Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi BPOM Hilda Murni di Padang, Jumat.

Menurut dia jenis makan yang perlu diwaspadai dan patut diduga mengandung boraks yaitu rumput laut, bakso, mi dan lainnya.

“Cara mengenal makanan yang mengandung boraks biasanya akan terlihat dari teksturnya yang kenyal dan terlihat cerah,” ungkap dia.

Selain itu makanan yang mengandung boraks akan tahan berhari-hari serta tidak cepat kedaluwarsa, lanjut dia.
Ia menyampaikan jika mengonsumsi makanan yang mengandung boraks akan membahayakan karena mengandung zat kimia yang dapat merusak tubuh.

Menurutnya berdasarkan hasil razia yang dilakukan tahun lalu oleh BPOM, ditemukan makanan yang mengandung boraks pada beberapa pasar pabukoan yang ada di Padang.

Ia mengatakan salah satu motif pedagang menggunakan boraks agar makanan lebih awet dan kenyal.

Untuk mencegah hal itu, BPOM pada Ramadhan 1436 Hijriah akan mengelar razia makanan ke 11 pasar pabukoan yang ada di Padang bersama jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pasar.

Sebelum Ramadhan BPOM telah melakukan penyuluhan kepada pedagang penganan buka puasa agar menggunakan bahan yang aman.

Lusi salah seorang warga Padang mengatakan BPOM harus melakukan pengawasan kepada penjual makanan agar tidak mengkonsumsi zat berbahaya.

Masih banyak warga yang belum tahu seperti apa makanan yang mengandung zat berbahaya, selain sosialisasi juga perlu sanksi tegas jika ada pedagang yang menjualnya, kata dia.

(Antara/Oleh Ikhwan Wahyudi)
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img