25.5 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Besok Ribuan Pendemo Akan Berunjuk Rasa Ke DPRD Tolak Siloam
B

Kategori -

Padang – Sekitar sembilan ribu massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Minangkabau Anti Lippo Group, akan melakukan unjuk rasa ke Kantor DPRD Kota Padang pada Kamis (28/11).

Diberitakan oleh Haluan, aksi unjuk rasa itu dilakukan untuk meminta Walikota Padang Fauzi Bahar dan DPRD Kota Padang mencabut izin pen­dirian Rumah Sakit Kristen Siloam, Sekolah Pelita Harapan, hotel, dan mall milik misionaris kawakan James T Riady, yang akan dibangun di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang.

Koordinator Lapangan Yudilfan Habib mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah menerima laporan massa dari masing-masing ormas dengan total 4.200 orang dari 25 ormas Islam, dan mahasiswa dari berbagai pergu­ruan tinggi di Sumbar.

Dimana, HTI 500 orang, MMI 200 orang, KAMMI 200 orang, Unand 100 orang, IAIN 200 orang, FPI 500 orang, Tarbiyah 100 orang. Kemudian, Muhammadiyah 500 orang, NU 100 orang, Tilatang Kamang 300 orang, Payakumbuh 500 orang, dan lainnya.

Selain dari berbagai ormas Islam tersebut, Bupati Pasaman Barat Baharuddin R, dengan membawa massa sekitar 500 orang, akan langsung ikut dalam aksi tersebut.

“Berdasarkan informasi yang kami terima, Bupati Pasaman Barat akan ikut langsung dalam aksi. Beliau (Baharuddin R-red) sebelumnya dengan tegas telah menentang pembangunan proyek super blok ini. Selain itu, para perantau juga telah banyak yang datang, dan siap menyuarakan penentangan pembangunan Rumah Sakit Siloam ini,” ujarnya saat melakukan konfrensi pers di Kantor Majelis Ulama Indone­sia (MUI), Selasa (26/11).

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua MUI Sumbar Prof Dr Syamsul Bahri Khatib, Sekretaris MUI Prof Dr Edi Syafri, Ketua Fatwa MUI Gusri­zal Gazahar, perantau Minang dari Tanggerang Harlizon, Edi Sujana, Oyon, Ridwandi dari Jakarta, dan Dayat dari Pekanbaru,

Ketua Fatwa MUI Sumbar Gusrizal Gazahar mengatakan, aksi yang akan dilakukan oleh ribuan massa ini, tidak terlepas dari kekecewaan massa terhadap keputusan yang dibuat oleh DPRD Kota Padang yang mem­beri­kan persetujuan pembangunan proyek Super Blok milik Lippo Group.

Selain itu sikap Walikota Padang Fauzi Bahar yang lebih mementingkan kepentingan probadi dari pada masyarakat, juga menjadi salah satu pe­nyebab­nya.

“Ormas telah berupaya menye­lesaikan permasalahan ini melalui musyawarah, namun tidak diindahkan. Begitu juga dengan DPRD Kota Padang, yang tidak mendengar suara umat. Dengan demikian, mereka telah menyulut api. Kalau api sudah disulut, maka ia akan membesar, dan akan membakar,” tukasnya.

Gusrizal menegaskan, pihak berwajib harus jeli melihat situasi yang ada dalam aksi nanti. Jika pada aksi FMMK nanti, ada demo tandingan, maka pihak berwajib harus bertindak tegas.

“Peraturannya, tidak boleh ada demo tandingan. Karena, kalau ada pihak yang membuat demo tandingan, maka pihak tersebut telah berupaya membuat suatu kekacauan dalam suatu wilayah,” katanya.

Salah seorang perantau dari Jakarta Oyon mengatakan, ia bersama dengan para perantau lainnya, sengaja datang ke Kota Padang hanya untuk menyua­rakan keinginan umat, dan para perantau.

“Keinginan kami hanya satu, cabut izin Siloam. Namun, kalau tidak ditanggapi, kami akan berbuat yang lebih jauh lagi. Kami tegaskan, membawa para perantau ke Padang ini tidak sulit. Ini bukan ancaman, namun harus disikapi oleh walikota,” pungkasnya.

Ketua MUI Sumbar Prof Dr Syamsul Bahri Khatib mengata­kan, keputusan MUI memberikan restu kepada ormas Islam untuk melakukan aksi, tidak terlepas dari tindakan Pemko Padang yang arogan.

“Ormas Islam telah terang-terangan menentang pendirian RS Siloam dan Super Blok Lippo Group. Namun, penolakan itu, tidak diindahkan oleh Pemko Padang. Dan DPRD Kota Padang malah memberikan persetujuan atas pendirian super blok ter­sebut,” tuturnya.

Ia berharap, dalam melakukan aksi, massa tidak boleh ter­provokasi dengan pihak lain, dan harus fokus pada tujuan aksi. “Akan banyak pihak-pihak yang menginginkan terjadinya keru­suhan. Oleh karena, itu kami berharap para demonstran bisa jeli melihat situasi, sehingga tidak terjebak ke dalam provokasi pihak yang menginginkannya,” tegasnya.

Sweeping Forkan
Puluhan warga yang terga­bung dalam Forum Anak Nagari (Forkan) Padang menolak keda­tangan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab, di Bandara Internasional Minang­kabau (BIM), Selasa (26/11) dengan melakukan aksi sweeping.

Kapolsek BIM mengaku terke­jut ada aksi sweeping di pintu ma­suk BIM tanpa izin dari dia. Se­mentara Ketua FPI Sumbar, Mu­hammad Busyra Al Khatib me­negaskan, Habib Rizieq tidak me­miliki agenda ke Padang pada bu­lan ini. Ia menilai aksi tersebut ha­nya akal-akalan Forum Anak Na­gari saja untuk mengalihkan isu aksi demo yang akan dilaku­kan ormas Islam ke DPRD Pa­dang.

Ia juga mempertanyakan kenapa Habib Rizieq disangkut-pautkan dengan penolakan Siloam, padahal Habib tidak ada hubu­ngannya dengan itu.

Muhammad Busyra merasa heran terhadap aksi sweeping Forkan yang beralasan mengha­langi Habib Rizieq meresmikan FPI Pasaman Barat. Padahal FPI Pasaman Barat sudah diresmikan oleh FPI Sumbar beberapa waktu lalu. Selain itu, meresmikan FPI tingkat kabu­paten/kota bukan tugas Ketua FPI Pusat, melainkan tugas FPI Provinsi.(Haluan)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dua Meninggal dan 28 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Angka kematian akibat Covid-19 di Payakumbuh terus meningkat, dimana dalam beberapa hari terakhir ini terdapat masyarakat yang dinyatakan meninggal karena terpapar virus corona.
- Advertisement -

MTsN 5 Padang Pariaman Gelar Kegiatan Madrasah Berbagi di Momen Idul Adha.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- "Bahagia itu bersama, bukan sendiri. Senang itu bersama, bukan sendiri. Bahagia itu sesungguhnya sederhana, ketika digapai bersama". Itulah ungkapan yang terucap, oleh Dra. Lismaini Amir, M.Si. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman, ketika disambangi awak media di ruang kerjanya usai penyerahan bantuan paket sembako kepada beberapa murid-muridnya.

Mahasiswa KKN Unand Padang Lakukan kegiatan bagi-bagi masker dan hand sanitizer buatan sendiri.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Andalas Padang angkatan 2018 yang dari berbagai jurusan melaksanakan bakti masyarakat di kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -