31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Diresmikan Walikota, Payakumbuh Punya Puskom Kreatif
D

Kategori -
- Advertisement -

Kota Payakumbuh punya Pusat Komunitas (Puskom) Kreatif, bantuan dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Pemakaian Puskom Kreatif itu diresmikan Walikota Riza Falepi, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di depan bangunan Puskom Kreatif, oleh Walikota Riza Falepi bersama Direktur e-Business Ditjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Ir. Azhar Hasyim, MIT, Selasa (26/11).

Puskom Kreatif itu, dilaporkan Kabag Humas Setdako Jhon Kenedi, S.Sos, untuk melengkapi fasilitas di Pondok Promosi Industri (PPI) di Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah Payakumbuh. Seluruh peralatan Puskom Kreatif, berupa alat-alat elektronika yang berhubungan dengan jaringan internet, senilai lebih kurang Rp400 juta, dibantu oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Pengelolaan Puskom Kreatif ini akan dilakukan secara terpadu oleh Dishubkom, Koperindag dan Bagian Humas Setdako.

Kehadiran Puskom Kreatif, diharapkan Direktur e-Business Azhar Hasyim, benar-benar berfungsi sebagai media transformasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kreativitas, dan kemampuan masyarakat, khususnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sehinggga dapat membantu transformasi dari manual bisnis menuju elektronik bisnis guna meningkatkan perekonomian daerah Kota Payakumbuh. ”Ini Puskom Kreatif ke-5 diseluruh Indonesia,” kata Azhar.

Bangunan Puskom, jaringan internet dan instalasi listrik, pengadaannya merupakan tanggung jawab pemko. Sementara itu, Kementerian Kominfo menyediakan seluruh fasilitas yang berkaitan dengan Puskom Kreatif, di antaranya, 17 unit komputer, server, infokus, handycam, brecket proyektor, printer, TV, lemari, dan peralatan mobiler serta meja dan kursi untuk pendidikan.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Kemenkominfo yang punya perhatian tinggi buat Kota Payakumbuh, dalam memenuhi dan mewujudkan visi dan misi kepala daerah, untuk menjadikan Payakumbuh sebagai cyber city atau Kota Digital.

Seluruh pemangku kepentingan, tidak hanya pelaku usaha industri dan kerajinan yang akan memanfaatkan Puskom Kreatif, tapi juga melibatkan seluruh elemen, agar mampu mempromosikan usahanya di dunia maya. Sehingga, peningkatan usaha kerajinan dan industri di Payakumbuh berkembang lebih pesat.

Para pelajar di Payakumbuh, juga diajak walikota, melalui Dinas Pendidikan Payakumbuh, untuk memanfaatkan media ini sebagai ajang pembelajaran internet. Agar di antara pelajar Payakumbuh punya semangat dan jiwa enterpreneurship, mampu membuka usaha dan lapangan kerja di masa datang.

Peresmian Puskom Kreatif Payakumbuh itu tidak hanya dihadiri oleh pimpinan SKPD, pelaku usaha UKM, kepala sekolah, tapi juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kutai Kartanegera, Kaltim, Drs. H. Surip S, M.Si, Kepala Cabang Telkom Bukittinggi Welly. Kadishubkom Adrian, SH, M.Si dan Kadisdik Hasan Basri, Sy, S.Pd.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img