25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Begini Cara Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Berdayakan Potensi Lokal
B

Kategori -

Limapuluh Kota,- Hadirnya pasangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo untuk pemimpin Limapuluh Kota kedepan, merupakan angin segar bagi kehidupan warga setempat. Kenapa tidak, program-program pembangunan yang ditawarkan pasangan yang diusung Partai Demokrat-PAN-Partai Nasdem itu, benar-benar menyatu dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat Limapuluh Kota.

Pada pertanian dan perkebunan contohnya, calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 itu, tidak tinggal diam saja. Malahan, Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo ikut hadir bersama petani. Yaitu melalui program petik, olah, kemas dan jual. “Potensi daerah pada bidang pertanian dan perkebunan memang luar biasa. Malahan daerah kita, kaya dengan potensi ini,” terang calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo baru-baru ini.

Tetapi, katanya, potensi tersebut selama ini tidak tergarap maksimal terutama terhadap ikut campur pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani. Malahan, katanya, petani malah terkesan jalan sendiri-sendiri untuk mengembangkan usaha pertanian dalam melangsungkan kehidupan mereka.

“Untuk jeruk contohnya, sejak beberapa tahun terakhir ini memang jadi produk primadona ditengah-tengah masyarakat. Banyak lahan yang alih fungsi dari sawah ke kebun jeruk. Kemudian, sudah banyak pembukaan lahan baru untuk dijadikan kebun jeruk. Ini artinya, kebun jeruk banyak diminati oleh masyarakat kita,” ucapnya.

Dari tahun ke tahun, kata Darman Sahladi, luas kebun jeruk di Limapuluh Kota terus bertambah dan sampai saat ini diperkirakan sudah mencapai 1500 hektar dengan hasil panen mencapai 50ribu ton.

“Yang jadi kendala selama ini adalah soal panen jeruk. Sering terjadi buah jeruk banjir dan sulit dipasarkan. Sehingga petani merugi,” terang politisi Partai Demokrat tersebut. Menurut calon Bupati Limapuluh Kota itu, sebenarnya selama ini tidak terjadi banjir terhadap panen jeruk. Melainkan banjirnya buah jeruk itu disebabkan tidak adanya pasar yang pasti terhadap panen jeruk tersebut. “Ini persoalan yang terjadi. Pasar jeruk yang selama ini tidak ada. Sehingga hasil panen sering menumpuk digudang,” ucapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, jauh-jauh hari Darman Sahladi sudah menyiapkan solusi agar jeruk Limapuluh Kota bisa berjaya. “Petik, olah, kemas, jual. Ini yang akan diterapkan kedepan,” ucap Darman Sahladi. Dijelaskan pendamping calon Wakil Bupati Maskar M Datuak Pobo itu, solusi yang dimaksud yakni menjalin kerja sama dengan investor besar yang bergerak pada olahan buah jeruk.

“Nantinya investor mendirikan pabrik olahan di Limapuluh Kota. Seluruh hasil panen petani dijual ke investor dengan harga tinggi. Saya yakin, tidak ada lagi istilah buah banjir bagi petani. Malahan, stok buah tidak akan cukup nantinya. Ini sudah kita jajaki jauh-jauh hari,” terangnya.

Selain bekerja sama dengan investor, pemerintahan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo juga memberdayakan potensi lokal itu sebagai konsumsi wajib saat momen-momen penting. “Biasanya, setiap ada acara atau seremonial pasti snak untuk tamu diisi dengan kue-kue. Tetapi, nantinya setiap acara-acara yang berhubungan dengan pemerintahan wajib snak yang dihidangkan diisi dengan buah jeruk lokal. Ini juga solusi agar petani jeruk bergairah,” terang Darman Sahladi.

Tak hanya dari hasil panen saja yang diperhatikan pasangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo, tetapi pasangan nomor 2 itu menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani. Yaitu dengan memaksimalkan Program Kartu Tani. Sehingga, petani kedepan tidak susah lagi untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).
- Advertisement -

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berusaha Kabur, DPO Narkoba Ini Tewas Ditembak Polisi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- E Pria 32 tahun asal Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota tewas terkena timah panas Tim Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota. Pria yang berstatus DPO (Daftar Pencarian Orang) tersebut berusaha meloloskan diri dari kepungan pihak berwajib pada Selasa 13/4 kemaren dengan meloncat dari lantai 2 rumahnya.

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa Kunjungi Lima Puluh Kota

Lima puluh Kota, BeritaSumbar.com,- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat, (9/4/2021). Turut hadir Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Anggota DPR RI Rezka Oktoberia dan Nurhayati, Bupati Lima Puluh Kota, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, dan Kepala OPD.

Pasca Bencana Angin Kencang, Kantor Wali Nagari Sungai Balantiak Belum Diperbaiki.

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Angin kencang yang terjadi beberapa hari yang lalu mengakibatkan rusaknya Kantor Walinagari Sungai Balantiak Kecamatan Akabiluru Kabupaten 50Kota. Sebagian atap kantor tersebut terbang dibawa angin dan salah satu gonjongnya patah.

Atlit Tenis Meja Limapuluh Kota Lolos Ke Tingkat Nasional di Ajang Pekan Olahraga Pelajar

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, - Atlit tenis meja putri asal Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Ulfah Septy Annisa, dipastikan lolos ke tingkat nasional dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) yang digelar di Kota Padang sejak 6-8 April 2021 kemarin.

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Masuk Bursa Capres 2024, Ridwan Kamil: Kalau Jalannya Terbuka Saya Bismillah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan kesiapan dirinya untuk maju sebagai Calon Presiden RI 2024 apabila memang jalan untuk maju terbuka. Pria yang...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Pemkab Lima Puluh Kota Ajukan Dana Rehab Rekon Pasca Bencana 42 Miliar Ke BNPB

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com- Untuk penanganan pascabencana yang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota sejak beberapa tahun terakhir, Bupati setempat mengajukan anggaran...
- Advertisement -