31.4 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

Begini Cara Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Berdayakan Potensi Lokal

Limapuluh Kota,- Hadirnya pasangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo untuk pemimpin Limapuluh Kota kedepan, merupakan angin segar bagi kehidupan warga setempat. Kenapa tidak, program-program pembangunan yang ditawarkan pasangan yang diusung Partai Demokrat-PAN-Partai Nasdem itu, benar-benar menyatu dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat Limapuluh Kota.

Pada pertanian dan perkebunan contohnya, calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 2 itu, tidak tinggal diam saja. Malahan, Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo ikut hadir bersama petani. Yaitu melalui program petik, olah, kemas dan jual. “Potensi daerah pada bidang pertanian dan perkebunan memang luar biasa. Malahan daerah kita, kaya dengan potensi ini,” terang calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo baru-baru ini.

Tetapi, katanya, potensi tersebut selama ini tidak tergarap maksimal terutama terhadap ikut campur pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani. Malahan, katanya, petani malah terkesan jalan sendiri-sendiri untuk mengembangkan usaha pertanian dalam melangsungkan kehidupan mereka.

“Untuk jeruk contohnya, sejak beberapa tahun terakhir ini memang jadi produk primadona ditengah-tengah masyarakat. Banyak lahan yang alih fungsi dari sawah ke kebun jeruk. Kemudian, sudah banyak pembukaan lahan baru untuk dijadikan kebun jeruk. Ini artinya, kebun jeruk banyak diminati oleh masyarakat kita,” ucapnya.

Dari tahun ke tahun, kata Darman Sahladi, luas kebun jeruk di Limapuluh Kota terus bertambah dan sampai saat ini diperkirakan sudah mencapai 1500 hektar dengan hasil panen mencapai 50ribu ton.

“Yang jadi kendala selama ini adalah soal panen jeruk. Sering terjadi buah jeruk banjir dan sulit dipasarkan. Sehingga petani merugi,” terang politisi Partai Demokrat tersebut. Menurut calon Bupati Limapuluh Kota itu, sebenarnya selama ini tidak terjadi banjir terhadap panen jeruk. Melainkan banjirnya buah jeruk itu disebabkan tidak adanya pasar yang pasti terhadap panen jeruk tersebut. “Ini persoalan yang terjadi. Pasar jeruk yang selama ini tidak ada. Sehingga hasil panen sering menumpuk digudang,” ucapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, jauh-jauh hari Darman Sahladi sudah menyiapkan solusi agar jeruk Limapuluh Kota bisa berjaya. “Petik, olah, kemas, jual. Ini yang akan diterapkan kedepan,” ucap Darman Sahladi. Dijelaskan pendamping calon Wakil Bupati Maskar M Datuak Pobo itu, solusi yang dimaksud yakni menjalin kerja sama dengan investor besar yang bergerak pada olahan buah jeruk.

“Nantinya investor mendirikan pabrik olahan di Limapuluh Kota. Seluruh hasil panen petani dijual ke investor dengan harga tinggi. Saya yakin, tidak ada lagi istilah buah banjir bagi petani. Malahan, stok buah tidak akan cukup nantinya. Ini sudah kita jajaki jauh-jauh hari,” terangnya.

Selain bekerja sama dengan investor, pemerintahan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo juga memberdayakan potensi lokal itu sebagai konsumsi wajib saat momen-momen penting. “Biasanya, setiap ada acara atau seremonial pasti snak untuk tamu diisi dengan kue-kue. Tetapi, nantinya setiap acara-acara yang berhubungan dengan pemerintahan wajib snak yang dihidangkan diisi dengan buah jeruk lokal. Ini juga solusi agar petani jeruk bergairah,” terang Darman Sahladi.

Tak hanya dari hasil panen saja yang diperhatikan pasangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo, tetapi pasangan nomor 2 itu menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sampai ke tangan petani. Yaitu dengan memaksimalkan Program Kartu Tani. Sehingga, petani kedepan tidak susah lagi untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.(*)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Heboh, Bawaslu Hentikan Proses Hukum Dugaan Kasus Money Politic Eka- Richi

Tanah Datar, - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanah Datar menghentikan kasus dugaan money politik salah satu paslon pilkada tanah datar karena tidak...

Buya Asli Saan Do’a kan Hamdanus Sukses Dengan Perjuanganya

Pesisir Selatan,- Muda, energik, Agamais, religius dan berkarakter itu terpintas dibenak Ketua MUI Pesisir Selatan, Buya Asli Saan pada sosok Hamdanus, yang...

Delmansyah Siap Memenagkan Darma Tani Di Tanjung Emas

Tanah Datar, - Struktur tim pemenangan darma tani kecamatan Tanjung emas Tanah Datar Resmi dibentuk pada minggu ( 18/10/20) malam.

Heboh, Bawaslu Hentikan Proses Hukum Dugaan Kasus Money Politic Eka- Richi

Tanah Datar, - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanah Datar menghentikan kasus dugaan money politik salah satu paslon pilkada tanah datar karena tidak...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

SMPN 1 Luak Launching Radio Sekolah

Limapuluh Kota- Berinovasi dimasa pandemi Covid 19, Jajaran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1, Kecamatan Luak meluncurkan...

Kemen PUPR: Pembangunan Bendungan Dapat Cegah Banjir Pangkalan

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI mengemukakan salah satu solusi untuk mengatasi banjir yang melanda...

KPU Limapuluh Kota Fasilitasi Peraga -Bahan Kampanye Paslon, Berikut Jumlahnya

Limapuluh Kota- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat memfasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) dan bahan kampanye untuk setiap pasangan...
- Advertisement -