31 C
Padang
Kamis, Juni 13, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bawaslu Sijunjung Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif
B

Kategori -
- Advertisement -

Sijunjung, BeritaSumbar.com,-Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Persiapan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Stakeholder Tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula wisma keluarga Muaro, selasa (14/2).

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Sijunjung Adie Warman pada kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh masyarakat Sijunjung untuk menjaga kedamaian,rasa persaudaran dan persatuan antar sesama warga. Harga sebuah keamanan dan kedamain sangat mahal. sekarang kita adalah warga negara Republik Indonesia karena apa yang kita harapkan, kalau sudah mau masuk Pemilu tentu ada berita ada blok-blok kan Namun kami mengharapkan di sini seluruh sekolah, seluruh ketua partai mari kita jaga keamanan ketertiban kebangsaan kita satu NKRI.

Kedua mari kita bersama-sama melaksanakan ini dengan aturan, menjunjung tinggi rasa solidaritas apapun bentuk partai, apapun kebutuhan kita, aturan bermain dalam permainan ini kita ikuti aturan yang berlaku pada saat ini mudah-mudahan dengan kebersamaan kita dalam pengawasan pemilihan umum ini tercipta rasa aman tentram dan Tertib bagi masyarakat soal Sijunjung, pesan Adie Warman.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung Agus Hutri Tatul mengatakan, masih ada sekitar 7000 orang warga Kabupaten Sijunjung yang belum terekam menjadi peserta pemilu tahun 2024 nanti. Untuk itu warga yang memiliki hak suara ini perlu dilakukan pendataan yang sedang berlangsung. Untuk meningkatkan pemahaman Masyarakat terhadap kepemiluan dan demokrasi, di butuh Kerjasama dari berbagai stackholder Kerana membangun kesadaran serta meningkatkan partisipasi masyarakat di setiap pemilihan serta pengawasan dan menjadi Pemilu yang jurdil,”kata Ketua Bawaslu.

“Selama ini kegiatan partisipasi masyarakat masih dipahami sebagai upaya mobilitas masyarakat untuk kepentingan pemerintah atau negara. Padahal sebenarnya partisipasi idealnya masyarakat ikut serta dalam menentukan kebijakan Pemerintah yang merupakan bagian dari kontrol masyarakat terhadap kebijakan pemerintah. Peran serta atau partisipasi masyarakat dalam politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, dengan jalan memilih pemimpin negara,anggota legislatif secara langsung yang akan menentukan jalan suatu pemerintahan, jelas Tatul.

Ketua Panitia Pelaksana/Sekretaris Bawaslu Sijunjung, Dewi Lusianita melaporkan, bahwa kegiatan ini diikuti 70 orang peserta yang terdiri dari unsur Polres Sijunjung, Kodim 0310 SSD, Kejaksaan Negeri Sijunjung, Kakan Kesbangpol, Kepala Dinas Disdukcapil, Dinas Kominfo, Sat Pol PP dan Damkar, Anggota GAKKUMDU Bawaslu, Organisasi Kepemudaan Panwaslu Kecamatan (Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Hubungan Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat), Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif, Bem STIT dan Bem UNP Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024, dan Media Massa, jelas Lusi.(Alim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img