27 C
Padang
Sabtu, Januari 23, 2021
Beritasumbar.com

Batu Ampa Kelurahan Balai Gadang Usulkan Pamsimas 2
B

Kategori -

Padang – Sekitar 100 an masyarakat Batu Ampa Kelurahan Balai Gadang, terdiri dari RT III dan RT IV, RW IX Kelurahan Balai Gadang menghadiri sosialisasi Pamsimas 2 pada hari Jumat malam, tanggal 21 Juni 2013, bertempat di mushalla Nurul Jadid.

Hadir dalam kegiatan tersebut Lurah Balai Gadang, Zulkifli, Koordinator LKM Balai Gadang Mandiri, Masril Usra dan anggotanya, Ketua LPM Kel Balai Gadang, Riswandi Rifai, District Trainer Kota Padang Rahmat Tk Sulaiman, fasilitator, Ketua RW dan ketua RT dan pemuka masyarakat lainnya.

Dalam kegiatan tersebut masyarakat menyatakan minat untuk mengajukan proposal Pamsimas 2 melalui Bappeda Kota Padang dengan berhasil memilih panitia penyusunan proposal dan lurah juga sudah menyediakan 1 orang kader AMPL.

Rapat dan kegiatan sosialisasi yang dipandu langsung oleh lurah tersebut berjalan dengan aman, lancar dan penuh kekeluargaan. Ikut memberikan penjelasan tentang tata cara pengajuan proposal dan pelaksanaan program Pamsimas serta prinsip pamsimas 2, Rahmat Tk Sulaiman, District Trainer Pamsimas Kota Padang, Hamda, ST, Fasilitator Keberlanjutan.

Dalam penyampaiannya Rahmat menegaskan tujuan program Pamsimas dan makna dibalik prinsip pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.
“Pamsimas tidak sekedar menyediakan sarana air minum dan sanitasi saja, tapi penekanannya adalah pada berbasiskan masyarakatnya. Artinya Pamsimas mengangkat potensi dan kearifan lokal yang akan menjadi social capital dalam menyukseskan berbagai program pembangunan. Pamsimas akan membangkik batang tarandam di nagari Minangkabau, memasyarakatkan kembali semangat gotong royong dan kebersamaan yang sudah mulai berkurang melalui in kind dan menumbuhkan rasa memiliki dan keterlekatan masyarakat terhadap sarana yang dibangun dengan cara in cash”tukas rahmat.

Lebih lanjut rahmat menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi ini lebih kepada mencari kesepakatan dalam istilah minangnya “mencari bulek sagolek, picak salayang, kok bulek buliah digolongkan, kok picak bisa dilayangkan. Kalau sudah ada kesepakatan dan kebulatan tekad bersama dan menghasilkan beberapa poin keputusan yang dituangkan dalam berita acara, maka keputusan itulah yang akan menjadi acuan dalam melaksanakan program.

Jangan terjadi seperti istilah minang “rumah sudah tokok babuni” (Rapat sudah selesai dan keputusan sudah dibuat, tapi masih ada lagi nada-nada sumbang di luar rapat). Kemudian Hamda juga menyampaikan tentang tahapan proses pelaksanaan pamsimas termasuk juga teknis pelaksanaan dan kaitannya dengan pembebasan lahan lokasi pembangunan SPL, reservoar, KU serta tanah yang dilewati pipa.

“Sebab masalah pembebasan lahan sering menjadi penyebab utama dalam pelaksanaan pamsimas, yang kemudian memicu permasalahan sosial lainnya” ujar Hamda dengan penuh semangat.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang diawali dengan pertanyaan yang diajukan koordinator LKM, Masril Usra kepada warga yang hadir mengikuti sosialisasi.

“Apakah bapak-bapak, ibu-ibu semua siap menerima Pamsimas dan berminat mengajukan proposal ke Bappeda Kota Padang? Apakah bersedia memenuhi hak dan kewajiban dalam melaksanakan program Pamsimas?”Tanya koordinator LKM dengan suara lantang.

“Bersedia…!” Jawab warga secara serentak dengan suara bergemuruh.
Koordinator LKM juga berharap kepada warga untuk bisa melaksanakan program Pamsimas ini dengan sebaik-baiknya, jika proposal kita diterima dan lokasi kita dijadikan sebagai penerima program Pamsimas 2 pada tahun 2013.

“Kita harus lebih baik dari lokasi Pamsimas yang sudah ada sebelumnya, sebab kita harus belajar dengan tetangga kita yang sudah duluan menerima Pamsimas. Mengambil yang baik dari mereka dan meninggalkan yang kurang baiknya”tambahnya.

Kemudian ketua RT III yang diamini ketua RT IV menyampaikan bahwa tanah untuk lokasi pembangunan SPL dan reservoar sudah dilakukan pembebasan lahan dan sudah aman.

“Soal pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan SPL dan reservoar sudah OK, tapi yang perlu saya sampaikan kepada warga soal tanah yang akan dilewati pipa. Jangan nanti ketika pipa akan dilewati dekat rumahnya, minta ganti rugi juga. Ini harus kita pertegas di awal-awal” ujar Ketua RT yang dikenal dekat dengan warga.

Tambahan lagi tutur ketua RT III, bahwa RT dan RW kita merupakan juara manunggal dalam hal gotong royong tingkat Sumatera Barat. Tentu dalam pelaksanaan Pamsimas juga mewajibkan gotong royong, maka hal ini perlu kita tingkatkan.

“Jangan menggali tanah untuk pipa hanya di depan rumah saja, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama mulai dari intake sampai ke ujungnya. Menggalinya jangan sekedar asal saja, kedalamannya harus sesuai dengan ketetapan Pamsimas” pinta ketua RT III.

Lokasi Batu Ampa RT III dan RT IV RW IX kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang ini merupakan lokasi sasaran praktek lapangan peserta pelatihan MPA yang terdiri dari unsur Bappeda dan BPM kabupaten/kota dari 5 propinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Jambi dan Bengkulu. (so/red)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).

Tim Klewang Ringkus Raja Jambret Kota Padang

HS, 23 tahun, harus merasakan timah panas dari polisi bersarang di kakinya. Ia ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus pencurian gawai di delapan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kota Padang. Modusnya, pelaku menjambret korban yang lengah di jalan raya dan membobol masuk melalui jendela rumah pada tengah malam.
- Advertisement -

Pemerintah Kota Payakumbuh Gelar FGD Payakumbuh Dalam Angka Tahun 2021.

Sehubungan dengan semakin dekatnya percepatan rilis Publikasi Payakumbuh. Dalam Angka 2021 yang jatuh pada akhir bulan Februari tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh mengadakan Forum Group Discusion (FGD) yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting, Selasa(19/1).

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -