23 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Bakhrizal Ingatkan Warga Untuk Patuhi Pemakaian masker
B

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,-— Terhitung tanggal 8 Mei sudah ada 13 orang pasien positif Covid-19 di kota Payakumbuh. Saat ditemui humas Kominfo, dr. Bakhrizal kepala dinas kesehatan kota Payakumbuh berharap kedepan tidak ada lagi warga kota Payakumbuh yang terkonfirmasi positif virus corona ini.
Data kita sampai saat ini masih 13 orang, karena sebelumnya kami dari Dinkes selalu menerima dan mendapatkan data jika seumpama setiap hari warga kita yang terpapar Covid-19 ini, dan sekarang tidak ada lagi data yang masuk ke Dinkes untuk warga yang terpapar Covid-19 ini. Dan juga tentunya kita berharap setelah ini jumlah yang terpapar tidak bertambah lagi”, ucap Kadinkes Bakhrizal.
Turut disampaikan Bakhrizal, dari 13 kasus pasien positif saat ini, hanya 6 orang yang dapat menjalani isolasi mandiri dirumah, “dan orang ini kita masukan ke dalam kriteria terdampak, karena mereka ini merupakan tulang punggung keluarga, dan selama mereka diisolasi ini, maka keluarga mereka tidak dapat penghasilan tetap dan tidak bisa makan, maka mereka ini akan menerima bantuan”, terang dr. Bek sapaan akrab Kadinkes tersebut.
Menurut dr. Bek ada sekitar 56 orang dari tim gugus covid-19 yang sudah melakukan kontak langsung dengan pasien positif, dan mereka yang kontak langsung tersebut sudah masuk dalam daftar pantauan dinas kesehatan.
Sementara itu, Bakhrizal juga mengapresiasi terhadap camat dan lurah yang tanpa henti mau turun langsung ke lapangan untuk berperang menhadapi wabah ini.
“Saya salut dengan camat dan lurah yang sangat proaktif dalam menghadapi pandemi ini. Dan saya menghimbau kepada camat dan lurah agar tetap jaga jarak dan kontak, serta juga sampaikan hal ini juga kepada seluruh jajaran danmaayrakat di wilayah masing-masing, karna ini merupakan standar kesehatan yang telah ditetapkan agar dapat menghindari Covid-19”, ujar dr. Bek.
Kadinkes juga menghimbau jika ada terdapat pegawai dari camat dan kelurahan yang kontak dengan pasien positif maka harap laporkan ke Dinkes, “sebelumnya kami juga sudah menghimbau terhadap masyarakat untuk melaporkan diri agar dilakukan tes swab ini, dan sekarang sayapun juga kembali menghimbau untuk camat dan lurah beserta jajarannya yang melakukan kontak dengan pasien positif tersebut agar dapat melapor ke pihak Dinkes dan kita segera akan lakukan tes swab”, kata Bek.
Selain itu, Kadinkes tersebut juga mengatakan jika telah keluarnya aturan baru terhadap tempat karantina yang telah disediakan Pemko Payakumbuh.
“Untuk aturan baru ini, aula BIB Peternakan provinsi di Ibuh kedepannya akan diberlakukan untuk penempatan OTG, baik itu pasca maupun yang sudah keluar hasilnya. Dan untuk di SKB ditempatkan bagi PDP, dan ODP ringan, dan OTG tidak di tempatkan disana, serta di BLK kedepannya tidak bisa digunakan lagi, karna tempat tersebut tidak memenuhi sarat dari provinsi dan bisa menjadi pusat penularan, dan untuk petugas yang sudah standby disana sebelumnya, mereka semua akan ditarik ke provinsi kembali”, ungkapnya.
Bakhrizal juga menyayangkan saat ini masih terdapatnya kelemahan yang masih terjadi dalam menghadapi pandemi ini, dimana warga masih banyak yang abai terhadap penggunaan masker.
“Masker yang kita gunakan itu dapat memproteksi kita sebanyak 80-99%. Saya perhatikan masih banyaknya warga yang saat berbicara membuka maskernya, sehingga hal ini yang akan menjadi buruk dan membuat penyebaran wabah Covid-19 ini semakin cepat dan meluas, dan ini merupakan menjadi persoalan kita yang paling berat saat ini,” tuturnya.
Serta, dr. Bek mengganggap dalam penutupan daerah tempat perputaran ekonomi seperti pasar tidak akan terjadi jika warga dapat melaksanakan physical distancing dan menggunakan masker dengan benar seperti yang telah ditetapkan. Mereka nantinya yang sudah negatif, kedepannya harus mengurangi kegiatan diluar rumah, dan perbanyak waktu dirumah, untuk menyiasati kejadian yang tidak diinginkan terjadi kembali.
“Serta bagi data mereka yang negatif yang hasilnya sudah keluar, pihak Dinkes sudah kirim data tersebut ke puskesmas di wilayah mereka masing-masing”, pungkas dr. Bek. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor Di Solok Selatan, Dua Meninggal

Padang Aro, beritasumbar.com - Akibat curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sebanyak enam orang penambang emas asal Jawa Tengah tertimbun longsor di...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.

Wawako Buka Open Turnamen Nusa Bersinar CUP

Masih dalam rangka peringangatan HUT Kota Payakumbuh yang ke 50, secara resmi Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz membuka open turnamen Nusa Bersinar CUP

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Kerugian Capai Angka 600 Juta lebih, Pemko Siap Bantu Ponpes Cahaya Islami

Musibah kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate yang terjadi pada Sabtu (16/1) dini hari sekitar pukul 01.10 WIB menyebabkan 124 santriwati dan 20 orang ustadzah harus dirumahkan.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -