26 C
Padang
Rabu, Februari 5, 2025
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Babuhua Sintak
B

Kategori -
- Advertisement -

Penulis: Al Fikri Malin Basa

Mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara UIN Imam Bonjol Padang

BeritaSumbar.com,- Nagari Magek terhampar bagaikan permadani hijau yang dilukis oleh tangan alam. Sawah sawah bertingkat berkilau diterpa mentari pagi, sementara di kejauahan, bukit barisan berdiri kokoh seperti penjaga waktu. Rumah gadang dengan ukiran penuh filosofi berderet rapi, mengingatkan siapa pun yang datang, akan budaya yang dalam di tanah minangkabau. Di tengah tengah nagari ini, sebuah balai adat berdiri kokoh, menjadi tempa perdebatan dan pengambilan keputusan penting untuk kemajuan nagari.

Pagi itu, Suasana di balai adat terasa berbeda. Para penghulu dan beberapa tokoh masyarakat berkumpul, wajah mereka menampakan kegelisahan yang tertahan. Berita tentang pelaksanaan pengangkatan panghulu secara bersama sama telah menjadi topik panas dalam diskusi selama berminggu – minggu. Penghulu di nagari magek hanya tersisa 25 orang yang kebanyakan dari mereka sudah berusia tua, sementara itu, disaat yang bersamaan persyaratan untuk melaksanakan kembali pengangkatan panghulu memakan biaya yang tidak sedikit. Sebagian melihat berita ini sebagai ancaman terhadap tradisi, sementara yang lain menganggapnya sebagai langkah menuju kemajuan.

“kini kito akan melaksanakan rapek yang akan manantuan baa nagari kito kamuko nyo”, kata Datuak Simarajo, Pemimpin sidang adat yang dikenal bijaksana, suaranya tenang, tetapi penuh dengan wibawa, ia memulai pembicaraan dengan mempersilahkan Sutan Rajo Engka sebagai pemimpin Nagari, untuk menyampaikan pandanganya.

Rajo Engka berdiri dari tempat duduknya. Sosoknya yang tegap dan tatapan matanya yang tajam disertai semangat yang mencerminkan keyakinan yang ia bawa. “Niniak Mamak nan gadang basa batuah kapai tampek batanyo kapulang tampek

babarito, rila jo maaf ambo pintak” katanya membuka.

Ekonomi masyarakat magek kini sangaik lah payah, untuak batagak datuak, mambangkik batang tarandam1, mambali saikua kabau, raso indak katalok dek kaum, baa kalau rencana kito untuak batagak datuak sacaro basamo samo, kito sepakati sajo? iko akan sangaik membantu masyarakat untuk managakkan baliak niniak mamak nyo yang alah tabanam.

Kata katanya membuat balai adat menjadi riuh, beberapa niniak mamak mengangguk setuju, tetapi sebagian lagi, tampak tidak senang.

“Rajo Engka” Suara Datuak Bandaro Sati memecah kebisingan.

Adaik yang alah diwariskan niniak moyang kito indak buliah sakalamak paruik sajo dirubah. Maubah adaik samo kito malawan akar budaya kito, kalau iko tetap

1 Salah satu cara untuk mengangkat penghulu yang sudah lama tenggelam.

dikarajoan, Duduak indak samo randah, tagak indak samo tinggi, kami ndak akan mengakui datuak datuak yang diangkek sacaro basamo samo.

Rajo Engka menatap Datuak Bandaro sati dengan tenang, “Adaik Babuhua sintak, syarak babuhu mati, Sakali aia gadang, sakali tapian barubah, iko ajaran sia angku datuak ? ndak angku datuak yang maajaan kami nan mudo mudo ko modetu?

Datuak Bandaro sati menggerutu, tetapi sebelum ia membalas, Datuak Rangkayo Basa angkat bicara. “diam sadonyo,” katanya.

“Awak bakumpua indak untuak mancari manang, kalah, tapi untuak mancari yang terbaik untuak nagari kito, baa manuruik angku datuak maharajo sati”

Datuak Maharajo Sati yang selama ini diam mendengarkan, mengangguk pelan sebelum berbicara. “Ambo mangarati apo yang dicamehan dek angku datuak kasadonyo, tapi apo yang disampaikan rajo engka itu batua, adaik iko iyo hanyo babuhua sintak, artinyo adaik maagiah kemudahan untuak masyarakat kito.”

Kata kata datuak maharajo sati menenangkan suasana, Datuak Bandaro Sati tampak merenung.

“Iyo juo kato Angku Datuak” katanya akhirnya,

“Tapi baa kito mamastian tradisi kito tidak hilang dalam batagak datuak basamo

ko?

Rajo engka tersenyum. “Itu nan ka kito rumuskan basamo angku datuak. Kito

bakumpua bukan ingin marusak adaik nan diwariskan dek niniak moyang kito, tapi nio mambangun adaik menjadi labiah baiak sasuai jo perkembangan zaman.”

Perdebatan Panjang hari itu ditutup dengan kesepakatan untuk melaksanakan pengangkatan penghulu dinagari magek secara bersama sama. Tetua adat dan kaum muda bersepakat untuk bekerja sama meski dengan hati yang diliputi keraguan.

Malamnya, di tangga rumah gadang, Rajo engka duduk bersama adik laki lakinya, bagindo alim.

“Tuan” Kata Bagindo

”Lai sabana manarimo angku angku datuak satantangan rencana nan tuan katangahan tadi”

Rajo Engka menatap langit . “Bagindo, Adaik adolah warisan nan rancak, tapi, jikok kito ingin adaik kito, indak lakang dek paneh, indak lapuak dek hujan, tantu kito yang mudo mudo ko yang manjagonyo. Rencana iko indak mudah, tapi ambo yakin akan ado jalan yang diagiah tuhan untuak niaik elok kito ko.”

Di Tengah keheningan malam, suara angin membawa wangi padi dari sawah, di kejauhan, balai adat tampak berdiri megah, menjadi saksi bisu perubahan yang mulai berhembus di Nagari Magek, perdebatan yang terjadi mungkin baru permulaan, tetapi bagi rajo engka, itu adalah Langkah pertama menuju perubahan yang menawarkan kemudahan bagi Masyarakat

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img