23 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

Apel Siaga Bencana, Bupati Irfendi Periksa Kesiapan Personel
A

Kategori -

LIMAPULUH KOTA, – Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, menggelar apel siaga bencana di Halaman Kantor Bupati setempat, di Bukik Limau, Sarilamak, Selasa (10/11).

Apel diikuti oleh seluruh unsur terkait yakni perangkat daerah, TNI-Polri, BPBD, Pemadam Kebakaran, Basarnas, PMI serta relawan bencana.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan apel siaga bencana ini, dalam rangka meninjau kesiapan dan peralatan personel dalam menghadapi bencana di daerah itu.

“Pasalnya, Limapuluh Kota merupakan daerah yang berpotensi sebagai daerah yang rawan bencana. Oleh karena itu, sikap siaga dan waspada menghadapi ketidakpastian sangatlah penting,”ujarnya.

Diharapkan, melalui apel kesiapsiagaan ini semakin meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan aparatur dan masyarakat dalam pengurangan resiko dan penanggulangan bencana.

“Yang tak kalah penting bagaimana mempersiapkan masyarakat untuk waspada dan sadar risiko menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi.

Dengan demikian penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat dan dapat meminimalisir kerugian yang kemungkinan terjadi,” ujarnya.

Ia mengingatkan beban tugas dan kewajiban personel tidaklah ringan, karena dari merakalah tumpuan bagi keselamatan masyarakat.

“Untuk itu, saya harapkan kekompakan, kebersamaan, kesadaran, dan motivasi yang tinggi dari diri masing-masing personel dalam mengabdikan diri bagi keselamatan masyarakat, “sebutnya.

Sementara itu, Kepala Palaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir menyebutkan, dalam penanganan bencana di daerah itu, ratusan personel telah disiapkan, termasuk persiapkan alat penanggulangan bencana semaksimal mungkin.

“Pemetaan wilayah rawan bencanapun juga telah dilakukan, memudahkan penempatan personil. Sehingga bila ada bencana dan tanggap bencana maka siap untuk dioperasionalkan,” sebutnya.

Usai pelaksanaan apel, Bupati dan Forkopimda langsung melakukan peninjauan kesiapan satuan dan sarana penanganan bencana di Limapuluh Kota.

Nampak hadir Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso, Kajari Payakumbuh, Suwarsono, Ketua Pengadilan Negeri, Hery Cahyono, Dandim 0306/50 Kota, Sekda Widdya Putra, serta seluruh kepala OPD di Limapuluh Kota. (humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...
- Advertisement -

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.
- Advertisement -

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Usai Jabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan Akan Aktif Dalam Kegiatan Sosial

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah berakhir menjabat Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021, Ferizal Ridwan akan kembali menjalani sejumlah kegiatan sosial. Hal itu...

Duet Irfendi-Ferizal Berakhir, Dari Minta Maaf, Tetap Jaga Silaturrahmi, Dan Harapkan ASN Tingkat Kinerja

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Masa jabatan Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat pada periode 2016-2021 berakhir...

HPN 2021, Ini Rangkaian Kegiatan Yang Digelar Insan Pers Luak Limopuluah

Payakumbuh, beritasumbar.com - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Balai Wartawan Luak Limopuluah memiliki cara tersendiri untuk memperingati, dimana gabungan para pekerja...

Bupati Limapuluh Kota Ajak Warga Untuk Tidak Takut di Vaksin

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengajak masyarakat yang ada didaerahnya untuk tidak takut divaksinasi Covid-19. Apalagi vaksin tersebut telah diuji oleh para ahli, dan juga memiliki label halal sebagaimana fatwa yang telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sidang Lanjutan Sengketa PHP Pilkada Limapuluh Kota di MK, Pemohon Salah Sebut Nama Nagari

Jakarta, beritasumbar.com - Ada hal yang sedikit lucu dari sidang panel lanjutan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten...

Kapur IX Dan Pesona Wisata Alamnya

Saat ini wisata alam baik dalam bentuk tracking, adventure atau olahraga alam sangat banyak digandrungi masyarakat. Spot spot wisata baru jadi sasaran saat ada waktu libur. Kabupaten Limapuluh Kota yang memiliki 13 kecamatan dengan 79 nagari sangat banyak memiliki lokasi untuk wisata alam tersebut. Seperti halnya Kecamatan Kapur IX.

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.
- Advertisement -