25.4 C
Padang
Kamis, Februari 25, 2021
Beritasumbar.com

Akhir Januari, PKL Satu Lokasi Di Terminal Angkot
A

Kategori -

Rencana pemindahan pedagang kaki lima yang tersebar pada sejumlah titik di pusat pertokoan Payakumbuh, dijadwalkan akhir Januari 2016, sudah harus pindah ke lokasi baru di Terminal Angkutan Kota, di Blok Timur Pusat Pertokoan. Sosialisasi yang cukup panjang dengan melibatkan berbagai pihak terkait, yang telah dilakukan.   Relokasi PKL tersebut, diharapkan bakal berjalan aman, tertib, dan  lancar.

Rapat persiapan relokasi PKL itu,  berlangsung di aula rapat kepala daerah di Balaikota, Rabu (6/1), langsung  dipimpin Sekdako H. Benni Warlis, MM. Dihadiri Ketua DPRD diwakili Edwar DF, S.Sos (Komisi B), Kadis Koperindag Dahler, SH,  Kapolsekta AKP Russirwan, Danramil 01 Mayor  Sugiarsono, Kadishub diwakil Atrimon, S.Pd,  Dansubpom  I Gusti Made A, Kabag Ops Polresta Kompol Basrial, Kasatlantas AKP H. Erman, Kasat  Binmas Yanisman, SH, Kasatpol PP diwakili Eza, SIP dan pimpinan SKPD terkait lainnya.

Sementara itu, dari perwakilan pedagang juga hadir  Ketua APKL H. Nursyirwan, Ketua IP3 H. Esa Musardanil, Ketua Organda Amri,  Ketua SPSI Basril Abas. Kemudian juga hadir Lurah Labuah Baru Syamsir dan Lurah Daya Bangun Nunang Manzil bersama pengurus LPM-nya.,

Pemindahan  PKL ke lokasi baru itu, mendapat respon positif dari pengurus APKL, IP3, dan Organda.   Ketua APKL Nursyirwan, Ketua IP3 H. Esa Musardanil sama-sama berharap, agar  relokasi PKL itu jangan sampai menimbulkan persoalan baru ke depan. Lokasi lama yang ditinggalkan, jangan ditempati PKL baru yang datang kemudian.

“Kami seluruh PKL dan pemilik toko/kios akan ikut menyukseskan relokasi PKL itu, sepanjang pemko komit melarang pedagang berjualan pada lokasi yang ditinggal ”  tegas kedua pimpinan  organisasi pedagang tersebut.

Senada dengan pengurus APKL dan IP3, Kapolsekta Russirwan, Kabag Ops Basrial dan Kasat Lantas Erman serta  Danramil Sugiarsono, juga berharap, komitmen bersama dalam menata PKL di kota ini. Semuanya meminta, setiap SKPD yang terlibat dalam penataan PKL, jangan saling lempar handuk atau melempar kesalahan, jika ditemukan pelanggaran ketertiban di pusat pertokoan yang ada. Kawasan perparkiran pun,  harus jelas penataannya.

Keterangan Kepala Diskoperindag  Dahler,  dalam catatannya lebih kurang 150 PKL yang akan direlokasi ke terminal angkot. Mereka selama ini, menempati gang-gang di kawasan pasar bertingkat blok barat dan blok timur. Seperti di deretan Toko Mas Rambuti, deretan Toko Mas Tinggi, deretan gang Gumarang. Kemudian, sejumlah  pedagang buah yang menempati pertigaan Jalan Sutan Usman, di depan RM Asia Baru, juga akan dipindahkan ke pasar buah lama.

Lokasi pasar buah lama, di pinggir Jalan A. Yani itu, yang kini banyak ditempati PKL pakaian dan lainnya,  benar-benar dikhususkan buat pedagang buah. Pemko tak akan membiarkan lagi pedagang buah berjualan di pinggir jalan atau di perempatan jalan.

Penempatan PKL di terminal angkot, seiring dengan rampungnya pembangunan kios di terminal dimaksud. Menurutnya, lokasi baru tersebut akan mampu menampung semua PKL yang sudah teregister di Diskoperindag. Bagi PKL yang belum terigester,  mereka akan ditempatkan di Pasar Ibuah Barat dan Timur. Lokasi buat mereka sangat luas di pasar Ibuah.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis dan Ketua DPRD diwakili Edwar, juga mendorong Tim Terpadu Relokasi PKL yang dibentuk, bekerja dengan baik dalam melakukan penertiban PKL. Lakukan terus sosialisasi sebelum jadwal pemindahan,  agar semua PKL  merasa nyaman untuk pindah ke lokasi baru.

Sesuai jadwal, penataan PKL di terminal angkot, akan berlangsung dari 20 hingga 24 Januari 2015. Sebelumnya, tim bersama jajaran Diskoperindag akan melakukan sosialisasi relokasi. Pasca relokasi, tim akan mengawasi selama sepekan, agar PKL bersangkutan tak kembali berjualan di lokasi lama.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian

Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).
- Advertisement -

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian

Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...
- Advertisement -