25 C
Padang
Rabu, Desember 7, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

237 Mahasiswa dari 78 Universitas di Luar Sumatera Menggali Inspirasi dari Mak Katik
2

Kategori -
- Advertisement -

Padang,BeritaSumbar.com,- Sabtu, 24 September 2022, mulai jam 08.00 sampai 12.00 WIB, sebanyak 237 mahasiswa dari 78 universitas di luar Pulau Sumatera, diajak untuk menggali inspirasi dari Mak Katik di Aula Lantai 5 Gedung Perpustakaan, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Kota Padang, Sumatera Barat.

Kegiatan ini adalah salah satu aktivitas dalam modul nusantara pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 di Universitas Andalas.

Para mahasiswa peserta PMM 2 yang inbound di Universitas Andalas ini dibagi dalam 12 kelompok, dan didampingi oleh para mahasiswa Unand yang menjadi Liaison Officer (LO) yaitu: Adinda Daniela, Annisa Nada Hasana, Aprilia Nofita, Darul Islam, Dhiandra Arya Wardhana, Irfan Makarim Rivani, Juliani Az Zahra, Khairunnisa Amaliyah, Maharani Safitri, Maisito, Muhammad Nabil Khaini, dan Shifa Jauzaa Martabaya.

Kegiatan ini sebagai serial dalam menemukan inspirasi dari tokoh budaya Minangkabau yaitu Mak Katik yang bernama dan bergelar lengkap Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto.

Mak Katik adalah seorang budayawan, seniman, dan pengajar Indonesia. Dikenal sebagai pemerhati budaya dan adat Minangkabau, pernah menjadi dosen tamu untuk University of Hawaii, Manoa, Amerika Serikat, dan Akademi Seni Warisan Budaya Kebangsaan Malaysia.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Bagian Kerja Sama Unit Pendidikan Di luar Kampus (UPT PDK) dan Perwakilan Dosen Modul Nusantara yaitu Amrizal Anas, yang sehari-harinya adalah Dosen Fakultas Peternakan, Universitas Andalas.

Para Dosen Modul Nusantara yang hadir adalah Ade Sukma, Boby Febri Krisdianto, Edita Elda, Eli Ratni, Hanalde Andre, Ichsan Kabullah, Najmiatul Fitria, Nova Syafni, Silvi Cory, dan Virtuous Setyaka.

Selain itu, hadir Koordinator PMM 2 Universitas Andalas, yaitu Muhammad Idris dalam jaringan karena sedang bertugas di luar kota untuk mengkoordinasikan kegiatan ini dengan Panitia PMM Pusat.

Dalam penyampaian materi dan diskusi bersama Mak Katik, dimoderatori oleh salah satu Dosen Modul Nusantara yaitu Yunarti dari Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas.

Pada kegiatan inspirasi ini, para mahasiswa peserta program PMM 2 mendengarkan cerita tentang budaya Minangkabau dari Mak Katik.

Selain itu juga mendengarkan cerita mengapa beliau tertarik dan bergerak dalam memperkenalkan budaya Minangkabau sampai saat ini, di dalam dan di luar negeri.

Terakhir, pendapat beliau tentang peranan budaya Minangkabau dalam menjaga kebhinnekaan di Indonesia.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img