31 C
Padang
Jumat, Januari 22, 2021
Beritasumbar.com

2 Tahun Pimpin Kota Payakumbuh, DIDEPAN JAMAAH IDUL ADHA, WALIKOTA MOHON MAAF
2

Kategori -

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, didepan sekitar 10.000 jemaah Idul Adha, menyampaikan permohonan maafnya, karena selama dua tahun memimpin kota ini, belum mampu memberikan yang terbaik buat warga kota. Meski cukup banyak yang dikerjakan, tapi diakui belum seluruh keinginan publik yang dapat dipenuhi. Salah satu di antaranya, menyediakan ruang publik untuk pelaksanaan kegiatan shalat Idul Fitri atau Idul Adha pada lokasi yang lebih layak, tidak seperti di badan jalan ini.

“Atas nama pemerintah kota, saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada warga kota, karena belum mampu menyediakan ruang publik, berupa Islamic centre untuk kegiatan keagamaan seperti  Idul Adha dan Idul Fitri,” ucapnya saat memberi sambutan menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha 1435 H di kawasan Tugu Adipura di ruas Jalan Sukarno-Hatta dan Jalan Sudirman Payakumbuh, Minggu (5/10).

Menurut walikota, pemko akan terus mencari solusi untuk mebangun sebuah ruang terbuka hijau dengan melengkapinya dengan islamic centre di pusat kota. Tak mudah menjadi pemimpin di era demokrasi yang bebas bicara ini. Meskipun banyak hujatan dan fitnah, tapi semuanya akan dijawab dengan  kerja keras dan keihlasan. “Kami akan terus bekerja dan bekerja, untuk membangun kota ini,” ucap walikota.

Khatib Tamrizal, LC dari Padang,   yang didatangkan  Pemko dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Payakumbuh memberikan tausyiah, usai shalat Idul Adha 1435 Hijriyah,  yang diimani Drs. Ibrahim Said, mengajak umat untuk memaknai arti pengurbanan yang diajarkan Islam.  Kenapa Indonesia yang kaya sumber daya alamnya lambat mencapai kesejahteraan terhadap warganya, disebabkan semangat pengurbanan itu masih belum ikhlas karena Allah SWT.

“Do’a di antara umat Islam masih banyak yang standar, dan belum berkualitas dan didasari keihlasan karena Allah. Seharusnya, momentum Idul Adha ini, cara Nabi Ibrahim AS berdo’a  kepada Allah, pantas diteladani.

Untuk memperbaiki persoalan tersebut, ada tiga hal pokok dasar yang harus diperbaiki oleh seluruh aparatur penyelenggara negara dan masyarakat atau umat Islam. Ketiga hal pokok itu, pertama dengan meluruskan tauhid dan  aqidah. Kemudian,  dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan bukan karena pamrih atau uang, tapi benar-benar karena ibadah kepada Allah. Kemudian, dalam menjalankan kehidupan, bukan mengejar dunia,  melainkan menyiapkan diri untuk akherat.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1435 Hijriyah itu, berlangsung tertib, khidmat  dan lancar. Ikut hadir  shalat Idul Adha bersama Walikota Riza Falepi,   Sekdako H. Benni Warlis, Kepala Kantor Kemenag H. Salman, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, pengurus MUI Payakumbuh, sejumlah anggota Muspida plus, pimpinan SKPD, dan Ketua TP-PKK Payakumbuh, Ny. Dr. Henny Riza Falepi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Polres Payakumbuh Aman Pria Pembuat-Pengedar Uang Palsu, Diedarkan 10 Lokasi

Payakumbuh, beritasumbar.com- Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan seorang pria atas nama GUNTUR TRIMERLANDA (26) karena membuat dan mengedarkan uang palsu. Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira...
- Advertisement -

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

IMM Pariaman dan Padang Pariaman Peduli Korban Banjir Solok

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman melaksanakan aksi sosial peduli terhadap korban banjir Solok. Kegiatan aksi sosial itu dilaksanakan di jalan protokol Kota Pariaman, Senin, 18 Januari 2021.
- Advertisement -

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -