27 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

17 Peserta Grand Finalis “Sumbar Talenta 10” Dibekali Keterampilan Menulis
1

Kategori -

PADANG – Sebanyak 17 peserta Grand Finalis Sumbar Talenta ke-10 dibekali sejumlah keterampilan, salah satunya menulis kreatif selama masa karantina, Selasa-Rabu (7-8/4), di Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang.

Peserta dituntut mampu menulis laporan perjalanan untuk media massa karena pemenang utama akan mendapat hadiah lawatan ke Negara Aljazair. Materi menulis kreatif diberikan Muhammad Subhan, Motivator Kepenulisan dari Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

Sumbar Talenta merupakan ajang pencarian bakat di bidang seni tarik suara, vokal group, musik, tari, pembacaan puisi yang digelar Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumatera Barat. Peserta melibatkan pelajar dan mahasiswa se-Sumatera Barat.

Sebanyak 17 peserta Grand Finalis Sumbar Talenta ke-10 mendapat bimbingan menulis kreatif sebagai salah satu kegiatan karantina, Rabu (9/4), di Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang. (Foto: IST.)
Sebanyak 17 peserta Grand Finalis Sumbar Talenta ke-10 mendapat bimbingan menulis kreatif sebagai salah satu kegiatan karantina, Rabu (9/4), di Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang. (Foto: IST.)

Malam puncak Grand Final Sumbar Talenta ke-10 akan dihelat pada Jumat, 17 April 2015, malam, di Taman Budaya Sumatera Barat. Menjelang itu, peserta dikarantina dengan pembekalan sejumlah materi, di antaranya; Leadership (Kepemimpinan), Public Speaking, Olah Tubuh, Latihan Vokal dan Menulis Kreatif.

Salah seorang Pembina Sumbar Talenta, Hj. Sastri Yunizarti Bakry, M.Si., Akt., mengatakan, materi menulis kreatif yang diberikan kepada peserta Sumbar Talenta selama masa karantina salah satunya untuk membentuk talenta-talenta muda yang berkarakter dan mencintai seni.

Peserta Sumbar Talenta ke-10 berfoto bersama Muhammad Subhan, Motivator Kepenulisan dari Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia usai pembekalan materi menulis kreatif di aula Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Rabu (9/4)
Peserta Sumbar Talenta ke-10 berfoto bersama Muhammad Subhan, Motivator Kepenulisan dari Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia usai pembekalan materi menulis kreatif di aula Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang, Rabu (9/4)

“Agar hidup mereka kelak harmonis, tidak kaku, dan peduli terhadap sesama,” ujar Sastri Bakry yang juga dikenal sebagai seorang novelis.

Sementara Muhammad Subhan mengatakan, keterampilan menulis penting dimiliki oleh siapa saja, dan di kemudian hari keterampilan itu berguna untuk menunjang karier. “Banyak hal bisa dituliskan, termasuk pengalaman dua hari selama karantina ini,” katanya.

Dia menambahkan, hadiah utama berupa lawatan ke Aljazair, akan menjadi kesempatan emas bagi pemenang Sumbar Talenta. Sebab, katanya, selama melakukan perjalanan ke luar negeri itu, banyak suka dan duka yang dapat dilaporkan dalam sebuah catatan perjalanan.

“Semakin jauh berjalan semakin banyak dilihat, semakin banyak tahu, semakin banyak pula bisa dituliskan,” katanya.

Annisa, salah seorang peserta Sumbar Talenta ke-10 mengungkapkan dirinya sangat senang mendapatbimbingan menulis kreatif. Dia mengaku telah menulis banyak puisi dan catatan harian, tapi sedikit yang baru dipublikasikan.

“Dari bimbingan ini wawasan saya semakin bertambah,” ujar Annisa yang merupakan finalis baca puisi.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Jemput Bola, Sijunjung Adakan Samsat Keliling

Mobil Samsat keliling mempermudah dan meningkatkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka, kata Kepala Samsat Sijunjung, Masri, diruang kerja, Kamis (21/1).
- Advertisement -

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...
- Advertisement -

Gugatan SALAM Terhadap Sengketa Pilkada Limapuluh Kota Terregistrasi MK

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Gugatan Pasangan Darman Sahladi-Maskar, M Dt. Pobo (SALAM) terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota tahun 2020 terregistrasi...

Edward DF Anggota F-PPP Bantu Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS

Edward DF anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh memberikan bantuan pada panitia Turnamen Bolavoli Salincam HARMAS Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -