24.8 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Khatam Qur’an di Padang Kaduduk, Anak Perantau Turut Serta
K

Kategori -

PAYAKUMBUH – Kegiatan Khatam Alqur’an di Mushalla Baiturrahman Kelurahan Padang Kaduduk, Kecamatan Payakumbuh Utara, tidak hanya meledak dalam jumlah hadiah. Tapi, pesertanya pun datang dari Jakarta. Sejumlah perantau kelurahan setempat, memboyong anaknya pulang kampung, untuk ambil bagian dalam kegiatan khatam qur’an dimaksud.

Pelaksanaan Khatam Alqur’an ini berlangsung selama tiga hari, 6 sampai 8 April tengah malam. Puncak acaranya, berupa manyimak atau membaca kitab suci Alqur’an, berlangsung Rabu (8/4).

Sejumlah pejabat kota, mulai dari Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Asisten II Setdako Amriul, Kepala Kantor Kementerian Agama Asra Faber, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, SH, Camat Payakumbuh Barat Nurdal serta Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, ikut menyaksikan santri membaca Alqur’an.

Ketua pelaksana khatam Zulkhairi dan Agustibiono, mengaku sangat senang dengan dukungan masyarakat setempat, kelurahan tetangga serta para perantau. Hadiahnya, mulai dari seekor kambing, kulkas, mesin cuci, sepeda, lemari sampai ke meja belajar serta kipas angin. Nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Dari 42 peserta, tercatat dua orang berasal dari Jakarta, yaitu Nabilla Humairah anak dari Zulfa serta Dafa Diknada anak dari Herlina, perantau Padang Kaduduk yang berdomisili di Jakarta.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya, memberikan penghargaan kepada masyarakat Padang Kaduduk yang mampu membina hubungan dengan perantau. Sinergisitas seperti ini perlu dipelihara dan ditingkatkan terus dalam bentuk kegiatan pembangunan lainnya.

Khatam Alurq’an bukan berarti tamaik mangaji atau berhenti membaca Alqur’an. Namun, harus lebih ditingkatkan kemampuan membacanya. Pemerintah kota akan memberi reward umrah kepada pelajar kota ini yang mampu menguasai hafal Alqur’an 30 juz. Baru-baru ini, dua pelajar SMA IT Insan Cendikia Padang Kaduduk sudah dikirim pemko berangkat Umrah ke Mekkah, tegas walikota.

Walikota juga mengajak masyarakat Padang Kaduduk dan sekitarnya, untuk mendukung rencana pemko dalam meratakan pembangunan di Nagari Koto nan Gadang itu. Di antaranya, rencana pemko untuk membangun pasar yang lebih representatif di Kelurahan Padang Kaduduk. Dukungan masyarakat sangat diperlukan, agar keinginan pemko mempercepat pembangunan kota kian terwjud, sebutnya.

Kegiatan khatam qur’an tiga hari itu, juga dimeriahkan dengan berbagai lomba bernuansa Islam, seperti lomba busana muslim, lomba pidato adat, cerdas cermat, dan permainan anak nagari lainnya.

 

Sumber: Humas Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

23 Positif Covid-19 Dan 8 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya penambahan kasus positif Covid-19 yang hasil swabnya keluar Senin (02/08) sebanyak 23 orang dan delapan bebas isolasi.
- Advertisement -

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -