26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Khatam Qur’an di Padang Kaduduk, Anak Perantau Turut Serta
K

Kategori -

PAYAKUMBUH – Kegiatan Khatam Alqur’an di Mushalla Baiturrahman Kelurahan Padang Kaduduk, Kecamatan Payakumbuh Utara, tidak hanya meledak dalam jumlah hadiah. Tapi, pesertanya pun datang dari Jakarta. Sejumlah perantau kelurahan setempat, memboyong anaknya pulang kampung, untuk ambil bagian dalam kegiatan khatam qur’an dimaksud.

Pelaksanaan Khatam Alqur’an ini berlangsung selama tiga hari, 6 sampai 8 April tengah malam. Puncak acaranya, berupa manyimak atau membaca kitab suci Alqur’an, berlangsung Rabu (8/4).

Sejumlah pejabat kota, mulai dari Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Asisten II Setdako Amriul, Kepala Kantor Kementerian Agama Asra Faber, Camat Payakumbuh Utara Nofriwandi, SH, Camat Payakumbuh Barat Nurdal serta Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, ikut menyaksikan santri membaca Alqur’an.

Ketua pelaksana khatam Zulkhairi dan Agustibiono, mengaku sangat senang dengan dukungan masyarakat setempat, kelurahan tetangga serta para perantau. Hadiahnya, mulai dari seekor kambing, kulkas, mesin cuci, sepeda, lemari sampai ke meja belajar serta kipas angin. Nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

Dari 42 peserta, tercatat dua orang berasal dari Jakarta, yaitu Nabilla Humairah anak dari Zulfa serta Dafa Diknada anak dari Herlina, perantau Padang Kaduduk yang berdomisili di Jakarta.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya, memberikan penghargaan kepada masyarakat Padang Kaduduk yang mampu membina hubungan dengan perantau. Sinergisitas seperti ini perlu dipelihara dan ditingkatkan terus dalam bentuk kegiatan pembangunan lainnya.

Khatam Alurq’an bukan berarti tamaik mangaji atau berhenti membaca Alqur’an. Namun, harus lebih ditingkatkan kemampuan membacanya. Pemerintah kota akan memberi reward umrah kepada pelajar kota ini yang mampu menguasai hafal Alqur’an 30 juz. Baru-baru ini, dua pelajar SMA IT Insan Cendikia Padang Kaduduk sudah dikirim pemko berangkat Umrah ke Mekkah, tegas walikota.

Walikota juga mengajak masyarakat Padang Kaduduk dan sekitarnya, untuk mendukung rencana pemko dalam meratakan pembangunan di Nagari Koto nan Gadang itu. Di antaranya, rencana pemko untuk membangun pasar yang lebih representatif di Kelurahan Padang Kaduduk. Dukungan masyarakat sangat diperlukan, agar keinginan pemko mempercepat pembangunan kota kian terwjud, sebutnya.

Kegiatan khatam qur’an tiga hari itu, juga dimeriahkan dengan berbagai lomba bernuansa Islam, seperti lomba busana muslim, lomba pidato adat, cerdas cermat, dan permainan anak nagari lainnya.

 

Sumber: Humas Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

Komisi IV DPRD Serta Dinas LH Sumbar Sambangi PLTMH Lintau,Kami Tidak Menemukan Pelanggaran

Anggota Komisi IV DPRD Beserta Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Sumatera Barat menyambangi Proyek PLTMH Kalo Kalo di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar,Selasa 12/10/2016.

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -