Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Sebanyak 5 orang kafilah yang berasal dari kita Payakumbuh yang akan bergabung dengan kafilah MTQ Provinsi Sumatera Barat pada pagi Jumat dilepas secara resmi Pemko Payakumbuh untuk selanjutnya akan bermusabaqah di MTQ Nasional ke 27 tahun 2018 di Medan, Sumatera Utara.

Sekilas merunut ke belakang, pada MTQ Nasional ke 26 lalu di Mataram, Provinsi Sumbar harus puas di posisi 7 nasional. Namun tahun ini, Sumbar menargetkan prestasi itu meningkat ketiga besar nasional. Pencapaian target itu juga terletak di pundak 5 kafilah Kota Payakumbuh yang bergabung dengan kafilah utusan Provinsi Sumatera Barat, tentunya.

Pada Jumat (28/9/2018) pagi, Pemko Payakumbuh melalui Wakil Walikota Erwin Yunaz didampingi Kabag Kesra Ul Fakhri menyambut 5 orang kafilah yang hadir bersama pendamping, pelatih dan official di ruang kerjanya di balai kota eks. Lapangan Poliko. Turut hadir kepala kankemenag Mustafa bersama Kasi Bimas Islam Kemenag Endra Rinaldi dan pengurus LPTQ Kota Payakumbuh.

Kepada Wakil Walikota, Kabag Kesra Ul Fakhri melaporkan bahwa ada 5 orang putra daerah Payakumbuh ikut mewakili Sumatera Barat pada mtq naaional ke 27 tahun 2018 di Medan, sumatera utara pada tanggal 4 s/d 13 Oktober 2018 mendatang. Menurut UL Fakhri, kelima kafilah Payakumbuh tersebut sebelumnya akan bergabung dengan kafilah Sumatera Barat dan akan menjalani karantina dan TC, mulai di Provinsi dan di nasional dari tim yang telah dipersiapkan pengurus LPTQ Provinsi Sumbar, nantinya.

“Kelima kafilah Kota Payakumbuh itu terdiri dari 1 putri dan 4 putra, yakni Zikra Afdal dari cabang Tahfizh 20 Juzz Putra (SMA IT Alfath), M. Harun Ar Rasyid dari cabang Fahmil Putra (SMA IT ICBS), Muhammad Riski Farhani dari cabang Fahmil Putra (SMA IT ICBS), Muhammad Azeli Khairil dari cabang Fahmil Putra (SMA IT ICBS) dan Kuntum Khaira Ummah dari cabang Syarhil (tilawah) Putri (SMAN 1 Padang Panjang),”sebut Ul Fakhri didampingi pejabat Bagian Kesra.

“Berdasarkan pemberitahuan dari Dinas Provinsi Sumatera Barat melalui Biro Bina Mental dan Kesra, seluruh kafilah yang akan mengikuti MTQ Naaional ke 27 ini berkumpul dahulu di Asrama Haji Jalan Rasuna Said Kota Padang pada 30 September 2018. Dan para kafilah ini sebelum berangkat ke Medan, kafilah ini singgah di Jakarta dahulu untuk melakukan Training Centre pemantapan yang akan dilaksanakan tanggal 1 sampai 4 Oktober mendatang,” Ul Fakhri laporkan.