24 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Wow, Perantau Minang Pulang Kampung, Semua Maskapai Ajukan Penerbangan Ekstra Rute Padang-Jakarta
W

Kategori -

Padang – PT Angkasa Pura II mengungkapkan seluruh maskapai mengajukan tambahan penerbangan untuk mengatasi lonjakan penumpang saat Lebaran di rute Padang-Jakarta.

Alzog Pendra Budhi, Kepala Divisi Operasi PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Sumatra Barat menyebutkan empat maskapai yang menerbangi rute itu telah mengajukan tambahan extra flight.

“Semua maskapai mengajukan tambahan extra flight. Perkiraan kami lonjakan penumpang sekitar 5% – 7% saat Lebaran,” katanya, Jumat (19/6/2015).

Meski begitu, dia belum mendapat kepastian berapa penerbangan yang ditambah dari empat maskapai, Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia memastikan menambah satu penerbangan serta mengganti pesawat reguler dengan kapasitas lebih besar untuk menjamin terpenuhinya permintaan tiket saat Lebaran.

“Kami ganti armada Boeing 737-800 dengan Airbus A330-300 dan Airbus A330-200 selama menjelang Lebaran dan sesudah Lebaran,” kata Ryanto A Winarso, General Manager Garuda Indonesia cabang Padang.

Menurutnya, penggantian pesawat itu dilakukan pada tanggal 14-16 Juli menjelang Lebaran dan 23-26 Juli sesudah Lebaran.

Selain itu, extra flight juga dilakukan dengan menggunakan Boeing 737-800 untuk tanggal 15-16 Juli dan 25-26 Juli sesudah Lebaran.

Anak usaha Garuda, Citilink juga mengajukan tambahan dua extra flight untuk mengantisipasi tingginya permintaan tiket jelang Lebaran.

Benny S Butarbutar, VP Corporate Communications PT Citilink Indonesia menyebutkan Sumbar masuk prioritas penambahan penerbangan karena tingginya tingkat arus mudik saat Lebaran.Apalagi perantau asal Sumbar tersebar di sejumlah daerah.

“Sumbar masuk prioritas kami. Karena ketika Lebaran perantaunya dari berbagai daerah pada pulang, kami tambah extra flight,” katanya.

Dia menyebutkan peningkatan penumpang Citilink hingga 50% saat Lebaran. Penambahan penerbangan pada 10-25 Juli diperkirakan cukup menampung lonjakan penumpang.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam

Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.
- Advertisement -

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).

Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Sekolah Tangguh

Menindaklanjuti persiapan program sekolah tangguh pada rapat evaluasi covid 19 beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat persiapan sekolah tangguh yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rabu(13/1/2021).
- Advertisement -

Nagari Koto Tuo Wakili Sijunjung Lomba Kampung Tangguh Tingkat Sumbar

Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung dinilai Tim Kampung Tangguh Provinsi Sumatera Barat, Jumat (15/1). Nagari Koto Tuo mewakili kabupaten Sijunjung dalam penilaian Kampung Tangguh yang akan bersaing dengan nagari lain di Sumbar.

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -