27.7 C
Padang
Sunday, September 20, 2020

Warga Padang: “Kita Siap Sambut IORA”

Padang – Kegiatan berskala internasional, Indian Ocean Rim Association (IORA) tidak lama lagi digelar. Padang sebagai tuan rumah sudah bersiap diri. Termasuk masyarakat Padang yang siap menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kita siap junjung tinggi dan sambut IORA,” ujar Sawir, warga Lapai saat berdialog interaktif dengan Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo di RRI Padang, Senin (31/8).

Dukungan dari masyarakat memang sangat diharapkan Pemerintah Kota Padang. Sehingga nantinya peserta IORA yang berasal dari 26 negara merasa senang dan betah di Kota Padang.

“Mudah-mudahan Pak Wali dan staf berhasil dalam menyukseskan IORA serta menjadi contoh yang baik,” tambah Sawir seakan mewakili masyarakat banyak.

Pemko Padang saat ini memang terus mensosialisasikan pelaksanaan IORA di Kota Padang. Sosialisasi ke masyarakat dilakukan lewat media cetak dan elektronik. Seperti melakukan dialog interaktif bersama warga di RRI Padang.

Dialog interaktif dalam balutan program acara Warga Sumbar Bicara (Wara Swara) yang dipandu host Yudi, Walikota menyampaikan tujuan dilaksanakannya IORA kepada masyarakat Padang. Menurut Walikota, IORA merupakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar negara-negara yang berada di sepanjang Samudera Hindia. IORA beranggotakan 20 negara diantaranya seperti Australia, Bangladesh, Comoros, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagascar, Malaysia, dan lainnya.

Dalam pertemuan yang akan dilakukan di Padang itu akan membahas lima sektor prioritas IORA seperti perdagangan dan investasi, pariwisata, kelautan, kebencanaan, dan pendidikan
Terkait kesiapan masyarakat, Walikota menyebut bahwa sebenarnya masyarakat Padang sudah siap menyambut kegiatan berskala nasional maupun internasional di daerah ini. Kesiapan itu dimulai sejak 2005 dimana Padang telah menerbitkan Perda Ketertiban Umum dan Ketentraman, serta Perda tentang Pengelolaan Sampah tahun 2012.

“Semua telah kita implementasikan sejak 2005 bagaimana ketertiban serta kebersihan,” ucap Mahyeldi.

Walikota mengatakan, dipilihnya Padang oleh Kementerian Luar Negeri RI karena Padang dianggap memiliki tingkat keamanan yang baik. Selain itu juga karena warga Padang yang welcome terhadap tamu yang datang.

“Kita yakin warga Padang sangat welcome dengan tamu kita, dan kita punya tanggungjawab untuk itu,” sebut Mahyeldi yang didampingi Ketua Pelaksana IORA, Didi Ariyadi.

Sementara Didi Ariyadi menyebut IORA merupakan momen yang akan memberi multiplayer effect, terutama perekonomian.

“Momentum ini mesti dimaksimalkan,” katanya pagi itu.(Charlie)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Heli Chinook Antarkan Bantuan BNPB Mendarat di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,-Helikopter Chinook CH-47D dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendarat di Lapangan Gor Singa Harau, pada Senin (15/9).

Porbi Padang Pariaman Nyatakan Dukungan Pada Pilkada Serentak 2020

Padang Pariaman, beritasumbar.com. Organisasi Porbi Kabupaten Padang Pariaman siap dukung Paslon Refrizal - Happy Neldi dalam Pilkada Bupati - Wakil Bupati Padang...

Panaskan Mesin parpol, DPC.PPP. Pessel Gelar Konsolidasi internal

Pesisir Selatan,-Untuk memanaskan mesin partai Partai Persatuan Pembangunan ( PPP), pasca jatuhnya surat tugas (ST) dari DPP. PPP dan DPW. PPP mengusung...

Akhirnya, Ponsel BM di Indonesia Benar-benar Diblokir Mulai Malam Ini

Setelah mengalami penundaan beberapa kali, akhirnya aturan pemblokiran ponsel ilegal atau black market (BM) melalui nomor IMEI resmi diberlakukan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020

Irwan Prayitno: Satu Intinya Patuhi Protokol Kesehatan

Seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat beberapa hari belakangan, bahkan telah mencapai angka 90 orang per hari. Hal ini...

Syarat Kepala Daerah Menurut Rugawa LNT

TANAH DATAR, Menyikapi suasana politik menjelang pilkada kabupaten Tanah Datar pada Desember tahun 2020 mendatang, dinilai masih stagnan. Orasi yang didengungkanpun masih...

Pokdarwis Kabupaten Pessel, Diberi Pelatihan Sadar Wisata

Pesisir Selatan,BeritaSumbar.com,-Dinas Pariwisata ( Dispar) Provinsi Sumatera Barat, menggelar peningkatan dan pengembangan sadar wisata, yang diikuti penggiat pariwisatq maupun kelompok sadar wisata ( Pokdarwis),...
- Advertisement -