23 C
Padang
Minggu, Februari 28, 2021
Beritasumbar.com

PJ Walikota Solok Ingatkan ASN Bersikap Netral
P

Kategori -

Solok – Penjabat Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Asrizal Asnan mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota setempat untuk bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2015.

“Sesuai aturan ASN harus netral, dan dilarang keras ikut dalam usung mengusung calon apalagi terlibat politik praktis,” katanya di Solok, Rabu.

Ia menegaskan akan menindak tegas apabila ada ASN yang terbukti memposisikan diri atau yang berani pasang diri dalam dukung mendukung salah satu pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan bertarung di kota setempat.

Pada pilkada setiap ASN memang diwajibkan untuk ikut serta menyukseskan bahkan melakukan pengawasan. Namun harus tetap berada pada jalur yang benar tidak memihak pada salah satu pasangan calon.

“Tidak akan ada kata kompromi bagi mereka yang kedapatan terlibat politik yang sedang berlangsung saat ini,” katanya.

Untuk memastikan semua ASN di daerah itu bersikap netral, maka mereka akan diawasi ketat oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (Komisi ASN) yang ada.

Komisi ASN akan menindaklanjuti hasil temuan di lapangan kepada penjabat wali kota. Tahap pertama akan diberi peringatan atau surat teguran sampai dua kali, dan apabila surat teguran itu tidak diindahkan, maka dia akan memberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Jadi saya ingatkan kembali agar ASN mematuhi seluruh aturan yang ada, baik aturan yang dikeluarkan secara nasional oleh pemerintah pusat, maupun peraturan yang dikeluarkan pemerintah provinsi dan daerah,” katanya.

Ia juga mengajak para awak media yang bertugas di daerah itu untuk ikut mengawasi keterlibatan ASN dalam percaturan politik yang sedang berlangsung.

Para jurnalis mempunyai peran penting dan tanggung jawab tersendiri dalam menciptakan situasi yang kondusif dan menyukseskan pilkada serentak di Kota Solok.

Sebelumnya pada Selasa (1/9), merupakan hari pertama kerja Asrizal Asnan setelah menerima amanah dan dilantik sebagai penjabat Wali Kota Solok.

Ia langsung mengadakan rapat dengan sejumlah pejabat teras kota itu, wartawan, dan Kepala Bagian Humas Pemkot Solok, Heppy Dharmawan dan jajarannya.

Pada kesempatan itu, Asrizal Asnan menyampaikan bahwa ia akan bertugas sebagai penjabat Wali Kota Solok sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Ia mengaku akan melanjutkan program kerja yang telah ada dan telah direncanakan oleh Wali Kota Solok sebelumnya. Namun demikian ia juga memiliki program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Selama bertugas ia akan lebih berkonsentrasi pada kegiatan atau percepatan program dan anggaran. Selain
itu yang tidak kalah pentingnya adalah ikut serta menyukseskan pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2015.

 

Sumber: Antara/Oleh Junisman
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...
- Advertisement -

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla.

Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging.

KPUD Padang Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Pilkada 2020

Padang pariaman,BeritaSumbar.com,- Dengan telah usainya pelaksanaan pemilihan kepada daerah serentak 2020, KPUD Padang Pariaman Gelar rapat evaluasi pelaksanaan pilkada. Rapat tersebut digelar selama dua hari di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.
- Advertisement -

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir

Sijunjung, Beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato...

37 Kandidat Bertarung Di Pilwanag Serentak Sijunjung 2021 Ikuti Tes Tertulis

Sijunjung, beritasumbar.com - Sebanyak 37 ( tiga puluh tujuh) orang putra terbaik  5 (lima) Nagari di Kabupaten Sijunjung berebut tiket untuk masuk 5 (lima) bursa...

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Pelanggaran Netralitas ASN-Wali Nagari Di Limapuluh Kota Selama Pilkada 2020, Ini Rinciannya

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, empat pelanggaran yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN)...

BPNB Sumbar dan HWK Sumbar bersama DPD RI Gelar Orasi Pemajuan Kebudayaan Saniangbaka

Saniangbaka memiliki kekayaan dalam seni dan budaya. Nagari yang berada di X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat tersebut menonjol dengan kesenian tarinya yang sering ditampilkan pada panggung nasional dan internasional.

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Cegah Narkoba Di Jajaran Internal, Personel Polres Sijunjung Tandatangani Fakta Integritas

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mencegah pemakaian nakorba pada jajaran internal, semua personel Polres Sijunjung menandatangani komitmen moral untuk tidak menyalahgunakan, memakai, dan atau mengedarkan ...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...
- Advertisement -