26 C
Padang
Selasa, April 23, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warga Jorong Nenan Terima Bantuan Peralatan Sarana Air Bersih Dari IDI Paliko
W

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka peringati hari jadi, Ikatan Dokter Indonesia Payakumbuh dan Limapuluh Kota (IDI Paliko) gelar kegitan pendampingan. Jorong Nenan Nagari Maek kecamatan Bukit Barisan Kabupaten Limapuluh Kota menjadi salah satu jorong tempat dilaksanakannya kegiatan pengabdian tesebut.

Kegiatan pengabdian sudah dimulai dari tahun lalu. Pengabdian diisi dengan Penyuluhan dan bantuan kesehatan. Tahun ini bertepatan dengan hari jadi IDI ke 73, IDI Paliko selain penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, para Dokter yang bertugas dan beraktifitas di Luak Limopuluah juga serahkan bantuan untuk sarana air bersih bagi warga Jorong Nenan.

Kegiatan berlangsung di lapangan bola kaki jorong Ronah, Kenagarian Maek, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (25/5/2023).

Keberadaan nagari Maek di dalam lembah bukit barisan dengan kondisi jalan yang cukup memperihatinkan menjadi salah satu alasan IDI memilih Nagari Maek sebagai wilayah pengabdiannya. Sebagaimana dikatakan dr. Yanhendri, Sp. KK, selaku ketua IDI Paliko. “Kita memilih Maek karena akses kesini cukup jauh ya. Kita berasumsi dengan akses yang jauh ini, tentu sangat bermanfaat jika kita memberikan pelayanan kesehatan langsung ke lokasi, dan memudahkan bagi masyarakat,” katanya.

Dokter Yanhendri didampingi oleh ketua pelaksana HBDI , yaitu dr. Hadi Oktafiano yang juga sebagai kepala Puskesmas Maek menambahkan, “kemudian kasus stunting cukup tinggi disini. Oleh karena itu, kita berpartisipasi menekan angka tersebut sekaligus membantu program pemerintah. Untuk itu, kita melakukan penyuluhan pentingnya Asi dan makanan sehat lainnya yang disampaikan oleh dokter M. Luthfi Suhaimi, spesialis anak,” tambah dr. Yanhendri.

“Kegiatan yang telah kita laksanakan hari ini, dimulai pagi tadi dengan senam lansia. Pemeriksaan ibu hamil oleh dr. Suhadi, Sp.OG. Selajutnya pijat bayi stunting dan penyuluhan. Sebagai penutup acara adalah, penyerahan bantuan untuk instalasi air bersih bagi masyarakat jorong nenan. Ini sudah kita rencanakan tahun lalu, dan penyerahannya hari ini,” tutup dr. Yanhendri.

Penyerahan bantuan itu, merupakan puncak dari serangkaian kegiatan sosial dalam rangka Peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 115 tahun. “Penyerahan bantuan instalasi air bersih bagi masyarakat jorong nenan merupakan rangkaian kegiatan HBDI ke 115,” kata dr. Yanhendri selaku ketua IDI Paliko.

Dokter Yanhendri didampingi oleh ketua pelaksana HBDI , yaitu dr. Hadi Oktafiano menambahkan, “selain itu, kasus stunting cukup tinggi disini. Oleh karena itu, kita berpartisipasi menekan angka tersebut sekaligus membantu program pemerintah. Untuk itu, kita melakukan penyuluhan pentingnya Asi dan makanan sehat lainnya yang disampaikan oleh dokter M. Luthfi Suhaimi, spesialis anak,” tambah dr. Yanhendri.

Pantauan media ini, masyarakat antusias memeriksakan kesehatannya dan bersemangat mendengar penyuluhan. Tampak dokter senior Paliko menghadiri kegiatan, diantaranya dr. Chairul Abdi, Sp.THT mantan ketua IDI Paliko, juga dr. Fitriadi, Sp.OT satu- satunya dokter ahli ortopedi di Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, dan dihadiri pula oleh dokter spesialis bedah RSUD Achmad Darwis, dr.Nofli Ikhlas. Serta puluhan dokter spesialis dan dokter umum.

Terkait bantuan instalasi air bersih, media ini juga berkesempatan meminta tanggapan Dedi Rahmat, (32) sebagai wali jorong Nenan. Ia mengatakan, “Saya selaku wali jorong sangat berterima kasih pada IDI. Telah membantu pengadaan pipa dan tangki untuk mengalirkan air bersih dari sumber air ke rumah kami. Insyaallah setelah serah terima ini, kami akan bergotong royong memasangnya,” katanya.

Dedi Rahmat menyatakan tahun lalu IDI Paliko juga bakti sosial ke jorong Nenan. “Mereka juga melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis ke jorong kami tahun lalu. Kami merasakan dampaknya, memang terasa bahwa dokter Indonesia untuk rakyat Indonesia, dan kami sangat berterima kasih kepada dokter- dokter yang telah membatu kami,” ungkap wali yang memimpin sejumlah 207 KK dan kurang lebih sebanyak 700 jiwa yang tinggal di jorong Nenan.

Senada dengan itu, disaat penyerahan secara simbolis Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, bupati Kabupaten Limapuluh Kota memberikan apresiasi tak terhingga. “Kami memberikan apresisiai setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih pada IDI Paliko. Tahun lalu IDI juga mengabdi ke jorong nenan. Dan hari ini, kami juga kembali menerima bantuan instalasi air bersih,” ujarnya.

“IDI Paliko juga telah ikut membantu program pemerintah. Membangun nagari berupa bantuan fisik infrastruktur dan layanan kesehatan nyata pada masyarakat , tentunya sangat pantas kami apresisiasi, ” tutupnya sembari menerima bantuan pipa dan tangki secara simbolis disaksikan oleh ratusan warga dan anggota IDI.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img