25 C
Padang
Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Warga Dua Kecamatan Pertanyakan LPG 3 Kg
W

Kategori -
- Advertisement -

Warga kota Payakumbuh yang berdomisili di Kecamatan Payakumbuh Barat dan Kecamatan Payakumbuh Timur, mempertanyakan, kapan PT Pertamina mengucurkan LPG 3 Kg bersama kompor, selang dan regulator kepada mereka. Pasalnya, warga Kecamatan Payakumbuh Utara, Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), sejak akhir 2013 sudah menerima paket bantuan tersebut. Warga berharap, Pemko memfasilitasi persoalan ini, sehingga program konversi minyak tanah ke gas ini berjalan seperti diharapkan di Payakumbuh.

 

Kabag Perekonomian Setdako Payakumbuh, Julfiter, SE, ketika dihubungi di Balaikota Payakumbuh, Rabu (2/7), tak menampik keterlambatan paket bantuan pemerintah tentang LPG 3 Kg itu. “Harusnya sudah tiba, tapi hingga sekarang kita di Pemko belum mendapatkan konfirmasinya. “Kita juga sudah menyurati pihak Pertamina Padang dan beberapa kali melakukan komunikasi lewat telepon. Tapi, hingga sekarang masih belum kunjung datang,” sebut Julfiter.

Program konversi minyak tanah ke LPG 3 Kg digagas pemerintah pusat sejak 2012. Berdasarkan kuota hasil pendataan konsultan yang diturunkan Kementerian ESDM RI ke Payakumbuh, kota ini mendapat jatah 21.536 KK.  Semuanya merupakan keluarga berpenghasilan rendah, jelas Julfiter.

Dari data tersebut, Pertamina baru menurunkan 8.535 LPG 3 Kg untuk 8.535 KK di tiga kecamatan, Payakumbuh Utara,  Payakumbuh Selatan dan Latina. Sisanya, 13.001 KK lagi direncanakan bakal menerima LPG 3 Kg itu dalam tahun ini. Hanya saja, ungkap Julfiter, pihaknya belum mendapatkan informasi yang jelas, kapan tambahan LPG itu sampai ke Payakumbuh.

Dikatakan, dampak dari program konversi minyak tanah ke LPG 3 Kg, pihak Pertamina sudah mengurangi suplai minyak tanah ke Payakumbuh, sejak Meret lalu. Sebelum konversi, Payakumbuh beroleh pasokan minyak tanah 590 Kl/bulan. Tapi, sekarang sudah dikurangi menjadi 350 Kl/bulan, atau terjadi penurunan sebanyak 40,7%).

Kabag Perekonomian Julfiter, meminta masyarakat Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Timur, yang sudah terdata namanya, tetap bersabar menunggu LPG 3 Kg ini.  Tak usah cemas, pemerintah sudah pasti akan mengucurkan LPG 3 Kg ini ke Payakumbuh, simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img