26 C
Padang
Sabtu, Juli 27, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Hasan Jamin Seluruh Anak Tertampung Pada Semua Sekolah
H

Kategori -
- Advertisement -

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh H. Hasan Basri Sy, S.Pd, jamin seluruh anak tertampung pada semua sekolah di kota ini. Mulai dari SD hingga SMP dan SMA atau sekolah madrasah, semuanya  punya bangku yang cukup untuk menampung murid baru. Hanya saja, orang tua murid dan anak bersangkutan sering memaksakan diri, memilih sekolah tertentu, sehingga dampaknya seolah terjadi ledakan murid pada sekolah tersebut.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/7), Kepala Dinas Pendidikan Hasan Basri, mengemukakan, banyak di antara orang tua murid memaksakan anaknya masuk sekolah tertentu. Padahal, nilai anaknya pas-pasan dan berada pada nomor cadangan yang  keseratus. Untuk meloloskan anaknya itu, dicarilah pejabat atau orang berpengaruh untuk memasukan anaknya. “Bagaimana mungkin anak tersebut akan diterima, dengan nilai yang lepas makan itu,” ungkap Hasan.

Hasan mengajak warga, untuk tidak memilih sekolah dalam melanjutkan pendidikan putera-puterinya. Karena, jumlah sekolah di Payakumbuh sudah lebih dari cukup. Mulai dari SD, SMP dan SMA, SMK dan madrasah, sangat memadai jumlah kursinya, tegas Hasan.

Tahun ajaran 2014/2015 ini seluruh SD negeri dan swasta  dan Madrasah Ibtidaiyah di Payakumbuh akan melepas 2.607 pelajarnya.  Angka tersebut, berdasarkan peserta UN dan diproyeksikan seluruhnya lulus 100%.  Dengan total 66 SDN, 7 SD swasta serta 3 Madrasah Ibtidaiyah, Payakumbuh akan mampu menampung murid SD baru lebih 2.607.

Begitu juga pada tingkatan SMP, Payakumbuh akan mampu menampung calon pelajar ini sebanyak  2.525 pelajar.  Berdasarkan peserta UN,  terdiri dari 1.892 pelajar SMP dan pelajar  633 Mts negeri dan swasta, seluruh sekolah akan mampu menampung murid sebanyak jumlah tersebut.  Jumlah lokal pada seluruh SMP/MTs negeri dan swasta di Payakumbuh,  memadai menampung murid di atas angka tersebut. Karena, gedung SMPN 10 di Kelurahan kapalo Koto, Payakumbuh Selatan, juga akan menerima murid baru tahun ajaran depan.

Sedangkan tingkat SMA/MA/SMK negeri dan swasta di Payakumbuh, juga akan mampu menampung 3.570 siswa SMA/SMK/MA  negeri dan swasta. Sesuai dengan peserta UN tahun ajaran 2013/2014,  total siswa SMA yang akan diterima sebanyak 1.376 pelajar, kemudian  1.644 pelajar SMK dan 550 pelajar MA.  Sementara itu, dengan rampungnya pekerjaan gedung SMAN 5 di Kelurahan Balai Panjang, Payakumbuh Selatan, juga akan menambah kapasitas daya tampung SMA di kota ini.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img