24.8 C
Padang
Minggu, April 18, 2021
Beritasumbar.com

Warga Balai Panjang Goro Bersama Buat Lahan Parkir Representatif
W

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Borek samo dipikua, ringan samo dijinjiang, baiyua, samo maisi, manyumbang sarila hati. Pepatah ini sangat sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari untuk memakmurkan mesjid dengan cara gotong royong bersama.

Masyarakat Balai Panjang membuat tempat parkir yang resfentatif dalam memberikan rasa aman terhadap jamaah saat melaksanakan shalat di Masjid Ubudiyah Kelurahan Balai Panjang, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Minggu (7/2).

Camat Payakumbuh Selatan L. Kefrinasdi yang sengaja menyempatkan diri ambil bagian dalam goro tersebut mengaku kagum dan bangga dengan warga Balai Panjang yang terlihat sangat kompak. Camat memberikan apreasiasi yang setinggi-tingginya.

Dikatakan Kefrinasdi, tradisi gotong-royong (goro) yang sudah turun-temurun tetap dijaga masyarakat Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan. Tradisi goro yang jadi warisan leluhur kini masih tetap terjaga sampai saat ini, berkat kesadaran warga.

“Ini sebagai bentuk kekompakan masyarakat yang peduli terhadap kampungnya,” ucap Kefrinasdi.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Balai Panjang Doni Saputra, di sela-sela mengangkat adukan semen mengatakan dengan goro semangat mewujudkan kepentingan bersama.

“Yang berat akan terasa ringan jika dikerjakan dengan gotong royong. Cita-cita yang ada dalam impian dengan kemampuan terbatas akan tampak dimata jika dikerjakan besama,” ujar Doni.

Tokoh Masyarakat Kelurahan Balai Panjang Khaalrul Hadi Datuk Pulai mengutarakan saat ini sebagai kebutuhan yang mendesak berupa tempat parkir kendaraan roda maupun empat. Difungsikanlah tanah wakaf dari kaum suku Sipisang tepat berada di depan mesjid arah ke jalan raya.

Dengan pembangunan tempat parkir yang resfentatif ini, jamaah merasa aman. Begitu pula kendaraan yang berlalu lalang pada jalan provinsi tersebutpun merasa tidak terganggu akibat parkir yang selama ini memakai bahu jalan.

Tempat parkir dengan cara memasang dam pada lereng tanah itu membutuhkan dana berkisar Rp.150 juta.

“Kita mengucapkan terima kasih yang tak terhingga pada pasukuan sipisang yang telah mewakafkan tanahnya, juga terhadap donatur yang telah memberikan semen, kerikil maupun pasir. Tidak itu saja, ucapan terima kasih juga donatur yang memberikan nasi bungkus, air meneral dan anak buat warga yang melakukan Goro,” ujarnya.

“Terhadap masyarakat yang telah menyumbangkan tenaganya dalam goro dan terhadap donatur yang menyumbangkan sebagian hartanya, semoga Allah akan membalas di akherat kelak. Saat ini, pengurus mesjid masih membuka pintu amal dalam pembangunan tempat parkir Masjid Ubudiyah ini,” harap Datuk Pulai yang juga sebagai Inspirator pembangunan Masjid itu. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).
- Advertisement -

Ingin Dapat BPUM Rp1,2 Juta, Ayo Daftar Sebelum 21 April

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, membuat program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM), untuk pelaku usaha yang terdampak covid-19 di kota itu. Pendaftaran...

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...
- Advertisement -

Pariwisata Nagari Batu Taba Semakin Bersolek, Laksma TNI Angkasa Dipua Resmikan Mushalla Fii Sabilillah

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,-Rangkaian kegiatan terpadu yang terdiri dari peresmian mushalla fii sabilillah, sunat masal, kegiatan bernuansa alek nagari berupa 'maarak galundi', makan bajamba, dan atraksi seni budaya lainnya telah berhasil dilaksanakan di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Minggu (11/04).

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Wako Riza Harapkan ASN Jadi Contoh Bagi Masyarakat, Jaga Kinerja Demi Pelayanan Prima

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi mengatakan ASN harus menjadi pionir dan contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan ibadah shalat berjemaah di mesjid selama bulan Ramadhan.

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).

Himbau Warga Untuk Urus BPJS. Riza Falepi : Jangan Pas Masuk Rumah Sakit Baru Diurus

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Riza Falepi sangat memperhatikan bagaimana setiap warganya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Namun, masih ada beberapa warga yang terkadang tidak memperdulikan kesehatannya dan keluarga, padahal edukasi kesehatan sudah sering dilakukan petugas kesehatan dari puskesmas ke kelurahan-kelurahan.

Wali Kota Riza Falepi Tutup Objek Wisata Selama Balimau Dan Libur Lebaran

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menyambut bulan Suci Ramadhan setiap tahunannya, ada adat istiadat dan budaya yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, namanya ”Potang Balimau” yang dilaksanakan di lokasi-lokasi objek wisata sebagai bentuk mensucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Ada juga tradisi pulang basamo untuk merayakan hari lebaran bersama saudara dan kerabat.

Pemko Payakumbuh Kembali Sukses Gelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Untuk kedua kalinya, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Karya Inovasi dan Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Tahun 2021.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Disambangi Tim Penilai Tingkat Provinsi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kota Payakumbuh kembali Raih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,– Kota Payakumbuh berhasil meraih juara II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah kepada Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi pada acara Musrenbang RKPD tingkat provinsi tahun 2021 di Hotel Grand Inna, Jumat(9/4).
- Advertisement -