29 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Resmikan Pondok Promosi Industri Payakumbuh
W

Kategori -

Pondok Promosi Industri (PPI) Kota Payakumbuh, di kawasan Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah, berdiri megah di pinggir Jalan Sukarno-Hatta Payakumbuh. Bangunan senilai Rp 7.905.823.000 Milyar itu, pemakaiannya diresmikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam acara di halaman PPI, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dekranasda Payakumbuh, Dr. Henny Riza Falepi, Rabu (20/8).

Peresmian PPI yang dibangun secara bertahap sejak 2008 itu, lewat dana APBD/APBD Provinsi dan APBN, berlangsung cukup semarak. Ratusan pelaku usaha mikro, pemilik industri kecil, dan menengah, seperti pengusaha rendang, coklat, aneka makanan, perancang, dan perajin bordir, songket dan keramik/tanah liat, hadir bersama anggota Muspida dan pejabat pemko, jajaran perbankan, LKAAM, dan Bundo Kanduang, serta Ketua GOW Ny. Rasyidah Suwandel. Dunia usaha industri Payakumbuh kian maju ke depan, dengan adanya fasilitas PPI itu, sebut Kadis Koperindag Dahler, melaporkan diawal acara.

Bangunan PPI itu, dikatakan, bakal mampu menampung seluruh produksi industri kerajinan dan industri makanan kecil dan menengah di kota ini. “Ada ribuan ragam produksi industri yang memiliki standar nasional yang bisa ditampung di gedung PPI ini,” kata Dahler. Ke depan, PPI harus menjadi sebuah rumah kemasan yang akan mendistribusikan seluruh produksi ke berbagai kota di penjuru Tanah Air.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam pidato peresmiannya, mengatakan, gedung PPI yang dibangun cukup mahal ini, harus mampu memberikan nilai positif terhadap seluruh pelaku usaha industri di kota ini. “Ini gedung promosi, karena itu harus bermanfaat untuk kegiatan promosi usaha seluruh UMKM Payakumbuh,” tegasnya.

Walikota Riza mengingatkan, perkembangan ekonomi saat ini yang semakin kompetitif dan persaingan yang semakin tinggi memerlukan strategi pemasaran sehingga produk Payakumbuh semakin mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Sumbar dan provinsi lainnya. Karena itu, para pelaku usaha jangan selalu bergantung dengan pemerintah dalam berpromosi, melainkan, mampu mencari inovasi dan kreatifitas dalam mempromosikan usahanya.

Dikatakan, kota ini tiap hari dilewati ribuan kendaraan dari berbagai daerah di Sumbar menuju Provinsi Riau dan Riau Kepulauan. Sebagai daerah perlintasan, akan sangat merugi, jika potensi ini tidak dimanfaatkan oleh pelaku industri kecil dan menengah. Makanya, lewat gedung PPI ini, SKPD terkait bersama pelaku usaha selalu mencari terobosan dalam melakukan promosi usaha.

“Jika dunia UMKM Payakumbuh berkembang pesat, akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak. Dunia swasta atau industri akan menjadi pilihan, dan orang tak harus berpacu mendapatkan kesempatan kerja sebagai PNS. Pengangguran dan kemiskinan di kota ini akan berkurang dalam jumlah yang signifikan, tegas Riza.

Sementara, Ketua Dekranasda Payakumbuh, Henny Riza Falepi, ketika dihubungi usai peresmian gedung PPI, menyampaikan, rasa bangganya terhadap pemko yang sangat peduli dalam membina dan membangun dunia industri di Payakumbuh. Karena itu, Dekranasda sebagai mitra kerja pemko, siap memberikan dukungan buat memajukan dunia industri kecil dan menengah di Payakumbuh. “Kami pengurus Dekranasda akan berbuat maksimal memajukan dunia usaha industri kota ini,” tegasnya.

Dekranasda sendiri, sebut Henny Riza Falepi, sudah berbuat banyak dalam mempromosikan produksi industri Payakumbuh. Tidak hanya melalui pameran atau expo berskala provinsi dan nasional, malahan juga ke dunia internasional. Sebut saja produksi Chochato Kapalo Koto dan Rendang Riry Payakumbuh, sudah ikut pameran internasional ke Prancis dan Hongkong.

Iven nasional Payakumbuh Fashion Week yang sudah dua tahun berturut digelar, merupakan usaha serius yang dilakukan Dekranasda meningkatkan eksistensi potensi IKM Payakumbuh. Keinginan Dekranasda, lewat produksi industri kerajinan dan industri makanan yang dinikmati setiap orang, nama Payakumbuh akan disebutnya. “Kita ingin, suatu saat nanti, produksi industri kota ini akan menjadi tuan rumah di negeri orang,” tegasnya. (humas payakumbuh)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Di Gedung Asrama Ponpes CI Yang Terbakar

Wakil Wali Kota Erwin Yunaz memimpin gotong royong pembersihan dan pembenahan puing-puing bekas kebakaran yang menimpa Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara Minggu (17/1) pagi.
- Advertisement -

Tokoh Masyarakat Latina Duduk Semeja Dengan Riza Falepi, Bahas Pembangunan Kedepan

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda dan Camat David Bachri menjamu tokoh masyarakat Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) di salah satu rumah makan di Payakumbuh, Senin (11/1) siang.

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Padang Panjang Siap Laksanakan Belajar Tatap Muka

Padang Panjang, beritasumbar.com- Wakil Walikota Padang Panjang  Asrul menyatakan daerah tersebut siap menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dimulai Senin, 11 Januari. "Kami meninjau...

Pada Usia 17 Tahun, Solok Selatan Alami Berbagai Kemajuan

Padang Aro - Pada usia Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat yang sudah menginjak usia 17 tahun berbagai kemajuan daerah terus akan dicapai. Pejabat Sekdakab Solok...

Terkait Visi-Misi Bupati Ke Depannya, Ini Penegasan DPRD Solok Selatan

Padang Aro, beritasumbar.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan, Zigo Rolanda menegaskan pihaknya akan mendukung visi dan misi pasangan bupati-wakil terpilih...

Momentum HAB Ke-75, Wako Padang Panjang: Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan

Padang Panjang, beritasumbar.com -  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar...

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB

Padang Aro, beritasumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon)...

Warga Dua Nagari Di Tanah Datar Goro Bersama Perbaiki Jalan 1,5 Kilometer

Tanah Datar beritasumbar.com - Warga pada dua nagari yang ada Kabupaten Tanah Datar melakukan gotong royong  memperbaiki jalan kabupaten sepanjang 1,5 kilometer, Senin...
- Advertisement -