26 C
Padang
Minggu, Januari 17, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Padang: Sinergikan Potensi Hadapi MEA dan IORA
W

Kategori -

Setelah didahului dengan rembuk warga di tingkat RT dan RW, berlanjut ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan untuk menjaring usulan masyarakat dalam pembangunan di Kota Padang. Hari ini, Kamis (5/2) digelar Musrenbang Kecamatan se Kota Padang yang dimulai di Kecamatan Padang Timur.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, pengusulan masyarakat melalui Musrenbang akan menjadi prioritas untuk realisasi pembangunan pada 2016. Sehingga perlu disinergikan potensi – potensi yang ada agar mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Selain meningkatkan infrastruktur jalan, drainase dan sanitasi, peluang pemberdayaan ekonomi melalui penguatan UMKM dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) juga harus menjadi prioritas, serta pembangunan Pasar Raya, ” ujar Mahyeldi saat membuka Musrenbang Kecamatan se Kota Padang di Daima Garden Restaurant, Andalas.

Ia menambahkan, potensi UMKM di Kota Padang yang mencapai 10.000 harus mendapat perhatian untuk pembinaan supaya UMKM ini memiliki daya saing yang mumpuni. Menyusul akan berlakunya Perdagangan Bebas Asean (MEA) 2015 dan perdagangan global pada 2020.

“Mau tidak mau, kita harus menyusun strategi dalam menghadapi pasar, terutama dengan mempersiapkan kualitas SDM, meningkatkan kualitas produk UMKM, serta penyediaan akses yang memudahkan untuk lalulintas pemasaran,” tambah Wako.

Itulah sebabnya Pemko Padang meraih perhelatan IORA agar berlangsung di Kota Padang. Menurutnya, Asosiasi Negara – negara Pesisir Samudera India itu merupakan jalur perdagangan sejak lama yang saat ini kembali aktif. Maka hal ini akan membuka peluang ekspor yang lebih besar bagi Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya.

“Kota Padang akan menjadi tuan rumah untuk beberapa iven nasional dan Internasional, diantaranya Konfrensi Tingkat Tinggi negara – negara IORA dan latihan bersama Angkatan Laut negara – negara IORA pada 2016. Belum lagi Porprov dan agenda besar lainnya,” sebut Wako.

Dalam kegiatan yang dihadiri anggota DPRD Sumatera Barat, Afrizal serta seluruh anggota legislatif Dapil Padang Timur ini, Walikota juga memaparkan tentang rencana penataan PKL dan Jalan Perintis Kemerdekaan yang dinilai sudah ‘crowded’ .

“Kita sedang merencanakan jalan Perintis Kemerdekaan sampai jalan Gajah Mada bisa dibuat dua jalur agar dapat memperlancar arus lalulintas yang semakin padat di kawasan Jati, Alai dan Gunung Pangilun,” ungkap Mahyeldi.

Terkait Musrenbang Kecamatan, Walikota mengapresiasi Camat Padang Timur Rachmadeni Dewi Putri yang bergerak cepat dalam menjawab berbagai program serta melakukan terobosan – terobosan. Salah satu terobosan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, yaitu dengan sistem antar langsung KTP dan KK ke rumah warga yang dipadukan dengan pemungutan PBB. Dengan sistem ini, hasilnya berbanding lurus dengan realisasi PBB di Padang Timur yang signifikan tahun 2014 lalu.
Dikatakan Walikota, dalam menyukseskan semua progranm dibutuhkan orang – orang yang bisa diajak berkerjasama dan dapat bergerak cepat serta inovatif. “Bagi yang lambat, berlambat – lambat, memperlambat dan menghambat akan ditinggalkan,” cetusnya.

Sementara itu, Camat Padang Timur Rachmadeni Dewi Putri dalam kesempatan ini mengungkapkan, Musrenbang yang dilaksanakan sekarang merupakan kelanjutan dari Musrenbang yang dilaksanakan di tingkat kelurahan serta rembuk warga di tingkat RT dan RW.

“Dari 80 RW yang ada hanya enam RW yang tidak melaksanakan rembuk warga karena faktor teknis dan sebagainya. Hasil rembuk warga inilah yang mengerucut dan akan kita musyawarahkan agar sinkron dengan program di Kecamatan dan Kota Padang,” papar Camat Deni.

Menurutnya, program – program yang dilaksanakan selama ini, tidak terlepoas dari dukungan Muspika, LPM dan keterlibatan komponen lainnya, seperti sekolah – sekolah dan pihak swasta yang ada di Padang Timur.
“Semua unsur kita satukan dan menjadikan suatu kekuatan untuk mendukung semua program. Seperti Kali Bersih yang telah dicanangkan,” sebutnya.

Deni berharap, dukungan seluruh komponen di Padang timur untuk bahu – membahu melaksanakan kegiatan untuk peningkatan kemanan, ketertiban, kebersihan lingkungan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Kita yakin dengan kebersamaan apa yang kita programkan akan dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.

 

Humas Padang
Pewarta: DU
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Diduga Takut Lihat Polisi Patroli, Sopir L 300 Tinggalkan Mobil Bermuatan Kayu

Diduga takut saat melihat anggota Polsek Lengayang melakukan patroli wilayah, mobil L 300 warna bermuatan kayu diduga hasil Ilegal Logging ditinggal sopir ditengah jalan, di simpang Lubuak Bagalung, Nagari Lakitan Induk, Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan.
- Advertisement -

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...
- Advertisement -

Cegah Covid-19, Payakumbuh Siapkan 5 Kelurahan Ikut Lomba KTRG

Kota Payakumbuh siapkan lima kelurahan untuk mengikuti lomba Kampung Tageh Rumah Gadang (KTRG) tingkat nasional 2021. KTRG atau kampung tangguh nusantara, terkait dengan keseriusan kota dan kabupaten dalam penanggulangan dan pencegahan covid-19.

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -