26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Walikota Padang: Sinergikan Potensi Hadapi MEA dan IORA
W

Kategori -
- Advertisement -

Setelah didahului dengan rembuk warga di tingkat RT dan RW, berlanjut ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan untuk menjaring usulan masyarakat dalam pembangunan di Kota Padang. Hari ini, Kamis (5/2) digelar Musrenbang Kecamatan se Kota Padang yang dimulai di Kecamatan Padang Timur.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, pengusulan masyarakat melalui Musrenbang akan menjadi prioritas untuk realisasi pembangunan pada 2016. Sehingga perlu disinergikan potensi – potensi yang ada agar mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Selain meningkatkan infrastruktur jalan, drainase dan sanitasi, peluang pemberdayaan ekonomi melalui penguatan UMKM dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) juga harus menjadi prioritas, serta pembangunan Pasar Raya, ” ujar Mahyeldi saat membuka Musrenbang Kecamatan se Kota Padang di Daima Garden Restaurant, Andalas.

Ia menambahkan, potensi UMKM di Kota Padang yang mencapai 10.000 harus mendapat perhatian untuk pembinaan supaya UMKM ini memiliki daya saing yang mumpuni. Menyusul akan berlakunya Perdagangan Bebas Asean (MEA) 2015 dan perdagangan global pada 2020.

“Mau tidak mau, kita harus menyusun strategi dalam menghadapi pasar, terutama dengan mempersiapkan kualitas SDM, meningkatkan kualitas produk UMKM, serta penyediaan akses yang memudahkan untuk lalulintas pemasaran,” tambah Wako.

Itulah sebabnya Pemko Padang meraih perhelatan IORA agar berlangsung di Kota Padang. Menurutnya, Asosiasi Negara – negara Pesisir Samudera India itu merupakan jalur perdagangan sejak lama yang saat ini kembali aktif. Maka hal ini akan membuka peluang ekspor yang lebih besar bagi Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya.

“Kota Padang akan menjadi tuan rumah untuk beberapa iven nasional dan Internasional, diantaranya Konfrensi Tingkat Tinggi negara – negara IORA dan latihan bersama Angkatan Laut negara – negara IORA pada 2016. Belum lagi Porprov dan agenda besar lainnya,” sebut Wako.

Dalam kegiatan yang dihadiri anggota DPRD Sumatera Barat, Afrizal serta seluruh anggota legislatif Dapil Padang Timur ini, Walikota juga memaparkan tentang rencana penataan PKL dan Jalan Perintis Kemerdekaan yang dinilai sudah ‘crowded’ .

“Kita sedang merencanakan jalan Perintis Kemerdekaan sampai jalan Gajah Mada bisa dibuat dua jalur agar dapat memperlancar arus lalulintas yang semakin padat di kawasan Jati, Alai dan Gunung Pangilun,” ungkap Mahyeldi.

Terkait Musrenbang Kecamatan, Walikota mengapresiasi Camat Padang Timur Rachmadeni Dewi Putri yang bergerak cepat dalam menjawab berbagai program serta melakukan terobosan – terobosan. Salah satu terobosan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, yaitu dengan sistem antar langsung KTP dan KK ke rumah warga yang dipadukan dengan pemungutan PBB. Dengan sistem ini, hasilnya berbanding lurus dengan realisasi PBB di Padang Timur yang signifikan tahun 2014 lalu.
Dikatakan Walikota, dalam menyukseskan semua progranm dibutuhkan orang – orang yang bisa diajak berkerjasama dan dapat bergerak cepat serta inovatif. “Bagi yang lambat, berlambat – lambat, memperlambat dan menghambat akan ditinggalkan,” cetusnya.

Sementara itu, Camat Padang Timur Rachmadeni Dewi Putri dalam kesempatan ini mengungkapkan, Musrenbang yang dilaksanakan sekarang merupakan kelanjutan dari Musrenbang yang dilaksanakan di tingkat kelurahan serta rembuk warga di tingkat RT dan RW.

“Dari 80 RW yang ada hanya enam RW yang tidak melaksanakan rembuk warga karena faktor teknis dan sebagainya. Hasil rembuk warga inilah yang mengerucut dan akan kita musyawarahkan agar sinkron dengan program di Kecamatan dan Kota Padang,” papar Camat Deni.

Menurutnya, program – program yang dilaksanakan selama ini, tidak terlepoas dari dukungan Muspika, LPM dan keterlibatan komponen lainnya, seperti sekolah – sekolah dan pihak swasta yang ada di Padang Timur.
“Semua unsur kita satukan dan menjadikan suatu kekuatan untuk mendukung semua program. Seperti Kali Bersih yang telah dicanangkan,” sebutnya.

Deni berharap, dukungan seluruh komponen di Padang timur untuk bahu – membahu melaksanakan kegiatan untuk peningkatan kemanan, ketertiban, kebersihan lingkungan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Kita yakin dengan kebersamaan apa yang kita programkan akan dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.

 

Humas Padang
Pewarta: DU
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img