24.9 C
Padang
Jumat, Juli 30, 2021
Beritasumbar.com

Walikota Padang: Sinergikan Potensi Hadapi MEA dan IORA
W

Kategori -

Setelah didahului dengan rembuk warga di tingkat RT dan RW, berlanjut ke Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan untuk menjaring usulan masyarakat dalam pembangunan di Kota Padang. Hari ini, Kamis (5/2) digelar Musrenbang Kecamatan se Kota Padang yang dimulai di Kecamatan Padang Timur.

Menurut Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah, pengusulan masyarakat melalui Musrenbang akan menjadi prioritas untuk realisasi pembangunan pada 2016. Sehingga perlu disinergikan potensi – potensi yang ada agar mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Selain meningkatkan infrastruktur jalan, drainase dan sanitasi, peluang pemberdayaan ekonomi melalui penguatan UMKM dan Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) juga harus menjadi prioritas, serta pembangunan Pasar Raya, ” ujar Mahyeldi saat membuka Musrenbang Kecamatan se Kota Padang di Daima Garden Restaurant, Andalas.

Ia menambahkan, potensi UMKM di Kota Padang yang mencapai 10.000 harus mendapat perhatian untuk pembinaan supaya UMKM ini memiliki daya saing yang mumpuni. Menyusul akan berlakunya Perdagangan Bebas Asean (MEA) 2015 dan perdagangan global pada 2020.

“Mau tidak mau, kita harus menyusun strategi dalam menghadapi pasar, terutama dengan mempersiapkan kualitas SDM, meningkatkan kualitas produk UMKM, serta penyediaan akses yang memudahkan untuk lalulintas pemasaran,” tambah Wako.

Itulah sebabnya Pemko Padang meraih perhelatan IORA agar berlangsung di Kota Padang. Menurutnya, Asosiasi Negara – negara Pesisir Samudera India itu merupakan jalur perdagangan sejak lama yang saat ini kembali aktif. Maka hal ini akan membuka peluang ekspor yang lebih besar bagi Kota Padang dan Sumatera Barat umumnya.

“Kota Padang akan menjadi tuan rumah untuk beberapa iven nasional dan Internasional, diantaranya Konfrensi Tingkat Tinggi negara – negara IORA dan latihan bersama Angkatan Laut negara – negara IORA pada 2016. Belum lagi Porprov dan agenda besar lainnya,” sebut Wako.

Dalam kegiatan yang dihadiri anggota DPRD Sumatera Barat, Afrizal serta seluruh anggota legislatif Dapil Padang Timur ini, Walikota juga memaparkan tentang rencana penataan PKL dan Jalan Perintis Kemerdekaan yang dinilai sudah ‘crowded’ .

“Kita sedang merencanakan jalan Perintis Kemerdekaan sampai jalan Gajah Mada bisa dibuat dua jalur agar dapat memperlancar arus lalulintas yang semakin padat di kawasan Jati, Alai dan Gunung Pangilun,” ungkap Mahyeldi.

Terkait Musrenbang Kecamatan, Walikota mengapresiasi Camat Padang Timur Rachmadeni Dewi Putri yang bergerak cepat dalam menjawab berbagai program serta melakukan terobosan – terobosan. Salah satu terobosan yang dilakukan untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, yaitu dengan sistem antar langsung KTP dan KK ke rumah warga yang dipadukan dengan pemungutan PBB. Dengan sistem ini, hasilnya berbanding lurus dengan realisasi PBB di Padang Timur yang signifikan tahun 2014 lalu.
Dikatakan Walikota, dalam menyukseskan semua progranm dibutuhkan orang – orang yang bisa diajak berkerjasama dan dapat bergerak cepat serta inovatif. “Bagi yang lambat, berlambat – lambat, memperlambat dan menghambat akan ditinggalkan,” cetusnya.

Sementara itu, Camat Padang Timur Rachmadeni Dewi Putri dalam kesempatan ini mengungkapkan, Musrenbang yang dilaksanakan sekarang merupakan kelanjutan dari Musrenbang yang dilaksanakan di tingkat kelurahan serta rembuk warga di tingkat RT dan RW.

“Dari 80 RW yang ada hanya enam RW yang tidak melaksanakan rembuk warga karena faktor teknis dan sebagainya. Hasil rembuk warga inilah yang mengerucut dan akan kita musyawarahkan agar sinkron dengan program di Kecamatan dan Kota Padang,” papar Camat Deni.

Menurutnya, program – program yang dilaksanakan selama ini, tidak terlepoas dari dukungan Muspika, LPM dan keterlibatan komponen lainnya, seperti sekolah – sekolah dan pihak swasta yang ada di Padang Timur.
“Semua unsur kita satukan dan menjadikan suatu kekuatan untuk mendukung semua program. Seperti Kali Bersih yang telah dicanangkan,” sebutnya.

Deni berharap, dukungan seluruh komponen di Padang timur untuk bahu – membahu melaksanakan kegiatan untuk peningkatan kemanan, ketertiban, kebersihan lingkungan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Kita yakin dengan kebersamaan apa yang kita programkan akan dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.

 

Humas Padang
Pewarta: DU
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.

Kapolres Sijunjung Pimpin Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Dalam rangka menggelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos pada malam hari ini Kamis malam, sesuai dengan Instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Polda dan Polres se-Indonesia untuk menggelar Apel dengan dilanjutkan melakukan patroli skala besar pembagian bantuan sosial (bansos).
- Advertisement -

Pohon Kebahagiaan, Watering..

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia Seri 3/1000 Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Di hamparan hijau sawah yang subur, sumber pengairannya berasal dari banyak penjuru mata...

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -