25.1 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Wako Depok Nur Mahmudi Ismail dan Wako Riza Falepi Sepakati Kerjasama Antar Daerah
W

Kategori -

Pemko Payakumbuh, Sumatera Barat dan Pemko Depok, Jawa Barat, sepakat melakukan kerjasama dibidang pembangunan. Penandatanganan nota kesepahaman antar kedua daerah, dilakukan di aula Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Kamis (2/4).

Kedua kepala daerah, Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, menandatangani naskah kerjasama itu, disaksikan Wakil Ketua DPRD H. Suparman, Sekdako H. Benni Warlis, Kepala Bappeda H. Rida Ananda, Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi serta Asisten Tata Praja Kota Depok, Drs. Dudi Mi’raz, M.Si.

Dalam acara ini hadir sejumlah pimpinan SKPD, anggota DPRD Ahmad Zipal camat, Ketua Dewan Pendidikan Sevindra Juta, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang dan ketua KAN dari 8 nagari, Ketua Kelompok Tani Coklat Chochato Joni Saputra, serta pengurus ormas dan LSM lainnya. Rombongan tamu dari Depok, juga menyertakan Kabag Umum Manto dan Kabag Humas dan Protokol, drg. Nessi Annisa Handari.

Selain untuk mempererat hubungan kedua daerah, tujuan nota kesepahaman itu, guna memacu dan meningkatkan pembangunan kedua daerah, dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan ketahanan pangan. Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il mengakui, dalam lima sektor itu, banyak kesamaan yang perlu ditindak lanjuti, untuk lebih baik ke depan.

Pendidikan inklusif Payakumbuh sebagai penerima MDGs Award 2013, sebuah catatan prestasi yang pantas dipelajari oleh Depok. Kerjasama dibidang ini, mudah-mudahan akan meningkatkan SDM masyarakat kledua daerah.

Begitu juga dibidang kesehatan, lingkungan hidup serta kepariwisataan. Kota Payakumbuh yang lingkungannya masih asri, hijau dan didukung dengan sumber daya air yang baik, dinilai punya potensi lebih berkembang ke depan. “Jarang ada di kawasan Jabodetabek, air bersih yang sebaik ini (Payakumbuh, Red) ada di daerah kami,” kata Walikota Depok Mahmudi.

Mahmudi juga mendukung dan mengapresiasi, rencana Payakumbuh, seperti disampaikan Walikota Riza Falepi, untuk menata atau membenahi Sungai Batang Agam, sebagai kawasan yang benar-benar jauh dari ancaman lingkungan hidup yang tak sehat, seperti Sungai Ciliwung di Jakarta. Walikota Mahmudi, meramalkan, Payakumbuh ke depan akan lebih baik dari Depok yang juga punya lahan yang sangat terbatas.

Hanya saja, Mahmudi mengakui, pihaknya bersama DPRD komit menyediakan 20% dari luas kota untuk ruang terbuka hijau. Kemudian, Depok juga ingin menjadi daerah terdepan di Jawa Barat, dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional, melalui program arbortum pangan, atau pembudidayaan seluruh aneka tanaman pangan.

Di Depok, sebutnya, sudah berbilang tahun dilakukan program one day not rice, atau tidak makan beras selama satu hari setiap pekan. Warga diajak, tidak makan dari beras selama sehari, dan mengaklihkannya ke aneka tanaman lainnya yang juda mengandung karbohidrat yang rendah. Menurutnya, jika terlalu banyak memakan nasi atau beras ketan, kemungkinan terserang dengan penyakit diabetas dan penyakit tidak menular lainnya sangat tinggi.

Berdasarkan hasil survei Menkes data WHO, warga Indonesia terbilang tinggi memakan nasi, mencapai 139,15 Kg/orang/tahun. Lihatlah warga Korea hanya memakan nasi 40 Kg, disusul Jepang (50 Kg), Malaysia (80 Kg), Thailand (70 Kg) per orang per tahun. Tapi, kinerja dan kesehatan warga tersebut jauh lebih tinggi dari bansa Indonesia. Di Indonesia, kemungkinan warga Sumatera Barat paling tinggi mengkosumsi beras, karena kebiasaannya, belum kenyang jika belu memakan nasi. “Padahal yang bersangkutan sudah makan lontong,” kata Mahmudi.

Walikota Depok menandatangani naskah  kesepahaman kerjasama daerah dengan Payakumbuh, disaksikan Walikota Riza Falepi, Wakil Ketua DPRD Suparman dan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi.
Walikota Depok menandatangani naskah kesepahaman kerjasama daerah dengan Payakumbuh, disaksikan Walikota Riza Falepi, Wakil Ketua DPRD Suparman dan Ketua TP-PKK Ny. Henny Riza Falepi

 

Walikota Riza Falepi mengajak seluruh SKPD terkait dalam nota kesepahaman itu, di bawah koordinasi Sekdako Benni Warlis dan Kepala Bappeda Rida Ananda, untuk menindak lanjuti kerjasama pembangunan itu. Mudah-mudahan ke depan, Payakumbuh dan Depok akan lebih maju dalam bidang yang sudah disepakati dalam nota kesepahaman dimaksud. Namun demikian, bukan tidak mungkin dikembangkan dengan sektor lainnya, dalam memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebut walikota.

Sementara itu, terhadap program one day not rice yang sudah dilakukan Depok, Walikota Riza Falepi, mengingatkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh, agar merancang program yang sama di Payakumbuh. “Kita banyak pangan lokal yang dapat dikosumsi untuk pengganti beras,” katanya.

Diakhir acara kedua daerah saling tukar cenderamata, berupa plakat atau lambang daerah serta makanan spesipik masing-masing. Walikota Riza Falepi juga menyerahkan cincin batu akiaknya, lumuik Payakumbuh kepada Walikota Mahmudi.

 

Sumber: Humas Kota Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -