31 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Mahyeldi Buka Lomba Musabaqah Hifzil Quran di Padang
M

Kategori -
- Advertisement -

Walikota Padang, H Mahyeldi Ansharullah, membuka lomba hafalan juz, atau Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) yang ketiga antar tingkat SD/MI se Kota Padang tahun 2015. Lomba yang diselenggarakan di SDIT Dar El Iman Kecamatan Nanggalo, pada Sabtu (4/4) ini, diikuti peserta yang terdiri dari 13 SD/MI di Kota Padang.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan, MHQ ini merupakan suatu langkah dan bahagian yang sangat baik khususnya dalam mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan qurani. Di samping itu, lomba ini juga seirama dengan apa yang telah menjadi kebijakan di Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Pendidikan.

“Seperti bagi anak-anak di tingkat SD/MIN yang mampu hafal al quran 3 juz, setelah tamat bisa memilih untuk melanjutkan pendidikan ke SMP negeri manapun di Kota Padang. Begitu juga di tingkat SMP/MTS, bagi yang hafal 4 juz juga bisa memilih masuk ke SMA mana saja,” terang Mahyeldi.

Kemudian, walikota agamis ini menambahkan, MHQ merupakan bahagian yang sangat penting karena tidak hanya mendorong anak-anak untuk berpacu menghafal al quran, namun juga dapat memotivasi orang banyak agar lebih mencintai dan mengamalkan al quran.

“Maka untuk itu, peran pemerintah, ulama, da’i dan tokoh masyarakat sangat diharapkan untuk lebih menyiarkannya. Dengan adanya generasi muda ataupun masyarakat yang hafal al quran bahkan sampai 30 juz, berarti membuktikan kecerdasannya yang luar biasa,” sebutnya.

Sementara itu, Panitia MHQ ketiga, Muhammad El Visyam, Lc.MA menyebutkan, MHQ ketiga ini tercipta berkat kerjasama dan dukungan beberapa pihak, sebagaimana lomba ini digelar rutin tiap tahun. Dalam hal ini, SDIT Dar El Iman selaku tuan rumah dan juga juara pada MHQ kedua di tahun yang lalu.

“Jadi, lomba ini memiliki kategori yakni hafalan al quran cabang 1, 2 dan 3 juz. Seluruh peserta membawa nama sekolah masing-masing dan berlomba untuk menjadi pemenang. Mereka tentu akan berlomba untuk menampilkan yang terbaik, karena bagi pemenang akan menerima piala, sertifikat dan juga tabanas,” pungkas ustad yang merupakan Ketua Yayasan Dar El Iman ini.

 

Sumber: Humas Kota Padang
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img