22 C
Padang
Kamis, Januari 21, 2021
Beritasumbar.com

Wagub: Pemuda Harus Teruskan Cerita Hebat Sumbar
W

Kategori -

Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) sangat berharap, agar para pemuda dapat meneruskan cerita hebat tentang Sumbar yang telah tetulis di dalam sejarah, pada perjuangan masa lalu.

“Pemuda harus meneruskan, jangan sampai cerita itu seiring berubahnya waktu, hanya tinggal cerita pemanis bibir saja,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, saat diwawancarai, usai melaksanakan upacara bendera dalam peringatan hari bela negara, di Koto Tinggi, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam hal ini, lanjutnya, pemuda sangat dipririotaskan, karena masa depan Indonesia berada pada tangan pemuda tersebut.

Disebutkannya, salah satu peran besar pemuda Sumbar pada masa lalu, untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), adalah dalam masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Koto Tinggi ini adalah saksi perjuangan, bagaimana PDRI memperjuangkan negara, saat pulau Jawa telah dikuasai oleh Belanda,” katanya.

Sehingga pusat pemerintahan Indonesia dipindahkan ke pulau Sumatera, di Kota Bukittinggi, lalu dilarikan kembali sampai di Kenagari Koto Tinggi.

Ia juga memaparkan, tidak sedikit nama-nama pejuang dari Sumatera Barat, yang dikenal perjuangannya untuk Indonesia, pada masa lalu.

“Ada Bung Hatta, Tuanku Imam Bonjol, Tan Malaka, H. Agus Salim, Sutan Sjahrir, dan lainnya,” paparnya.

Sehingga dengan hal itu, lanjutnya, telah membuktikan bahwa pemuda dari Sumatera Barat dibutuhkan, bagi negara. Untuk hal itu, Muslim Kasim sangat berharap agar para pemuda pada saat ini dapat meneruskan kisah-kisah tersebut.

“Membela negara saat ini tidak harus berperang, terlebih pada masa modernisasi saat ini,” katanya.

Disebutkannya, beberapa yang bisa dilakukan untuk membela negara adalah, meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab dengan berbuat baik dalam profesi masing-masing.

Selain itu, menjadikan nilai-nilai bela negara sebagai landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan, dan menggerakkan kesadaran membela negara sebagai gerakan nasional.

Ia menjelaskan, salah satu contohnya adalah para siswa, dengan cara giat melakukan kegiatan-kegiatan, yang dapat saling mengenal dan mengikatkan, dengan pemuda lainnya.

“Bisa dengan kegiatan cross country, kegiatan olahraga, dan lainnya yang dapat menyatukan sesama, karena peran pemuda dalam bela negara Sumbar pada saat ini, masih minim,” katanya.

Pada bagian lain, keigatan upacara peringatan hari bela negara tersebut, dimulai pada pukul 11.00 WIB. Dimana yang bertindak sebagai inspektur upacara adalah, Wagub Muslim Kasim.

Dalam peringatan tersebut, juga dibacakan sejarah ringkas tentang PDRI yang terjadi sejak 19 Desember 1948, hingga 13 Juli 1949.

Ringkasan sejarah tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Umum Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Sumatera Barat Drs. Zulwadi, Dt. Bagindo Kali.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Muslim Kasim melakukan peninjauan terhadapan pengbangunan Monumen Nasional Bela Negara di Koto Tinggi Kabupaten Limapuluh Kota bersama, Bupati Alis Marajo serta rombongan tokoh masyarakat, dan ketua DHD 45 – See more at: http://m.sumbaronline.com/berita-17725-wagub-pemuda-harus-teruskan-cerita-hebat-sumbar.html#sthash.BANNvyur.dpuf

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Berpasangan Dengan YB Dt Parmato Alam, Wawako Kalahkan Dirut Perumda Tirta Sago Di Nusa Bersinar Cup

Wakil Wali Kota Payakumbuh memenangkan pertandingan eksekutif saat pembukaan turnamen Nusa Bersinar Cup 2020 di lapangan PB. Nusa Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Sabtu (16/01) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...
- Advertisement -