30 C
Padang
Sabtu, Mei 21, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Wabup Mundur Akibat Prestasi Anjlok Saat MTQ Ke-39, Ini Kata Pemerhati
W

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota, beritasumbar.com – Keputusan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri  akan mundur dari jabatannya sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) setempat akibat anjloknya prestasi daerah itu pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sumatera Barat ke-39 bukanlah sebuah keputusan yang tepat.

“Langkah mundur yang diambil oleh wabup terkait dengan prestasi Kabupaten Limapuluh Kota di MTQ Tingkat Sumatera Barat di Padang Panjang bukanlah langkah yang tepat,” kata pemerhati Luak Limopuluah, Budi Febriandi saat dihubungi, Rabu (24/11).

Ia menilai, secara tradisi jabatan Ketua LPTQ sudah terbiasa melekat pada jabatan wakil bupati.

Sebaiknya, katanya wakil bupati selaku Ketua LPTQ melakukan evaluasi terkait hasil yang dicapai dan segera melakukan konsolidasi kelembagaan LPTQ serta bagaimana membangun kolaborasi dengan seluruh pihak terkait.

“Sebagai mantan aktivis mahasiswa dan juga seorang pengusaha muda,  kita yakin pak wabup mampu melakukan hal tersebut,” katanya optimis.

Sebelumnya Wabup Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri  akan mundur dari jabatannya sebagai Ketua LPTQ. Keputusan tersebut diambil seiring dengan anjloknya prestasi daerah tersebut pada MTQ Sumbar ke-39 di Padang Panjang 2021.

Hasil rekapitulasi MTQ ke-39 Sumbar 2021 tersebut, Kabupaten Limapuluh Kota hanya satu tingkat di atas Kepulauan Mentawai yang menghuni juru kunci dengan nol poin.

“Saya sebagai Ketua LPTQ yang ditunjuk tentu bertanggung jawab juga atas merosotnya prestasi kita. Karena itu, saya akan mundur sebagai ketua LPTQ, karena saya tidak mampu memberikan yang terbaik untuk Limapuluh Kota,” katanya.

Orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota itu dalam waktu dekat, akan menyerahkan langsung surat pengunduran diri sebagai ketua LPTQ kepada Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo selaku pimpinan tertinggi di daerah.

“Dalam waktu dekat saya akan sampaikan suratnya, dan mudah-mudahan nanti beliau dapat menunjuk pengganti yang lebih tepat dan lebih baik,” terangnya.

Meskipun, pada MTQ Sumbar ke-39 Padang Panjang 2021, LPTQ Kabupaten Limapuluh Kota sudah bekerja maksimal. “Semua sudah berusaha. Apapun hasilnya itu yang terbaik saat ini. Tentu ada hikmahnya. Yang pasti kita harus berbenah,” pungkasnya. (Di)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img