27.9 C
Padang
Senin, Agustus 2, 2021
Beritasumbar.com

Wabup Limapuluh Kota Meradang Pengechekan Covid-19 Di Perbatasan Sumbar Dihentikan
W

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Ditengah mulai merebaknya penyebaran virus Covid-19 di Sumatera Barat, aktivitas pengecekan pengendara yang melintas di perbatasan Sumbar-Riau dihentikan oleh Pemkab Limapuluh Kota. Hal ini membuat Wakil Bupati, Ferizal Ridwan Meradang dan mengkritik kebijakan yang dikeluarkan oleh Satgas Pencegahan Wabah Virus Corona setempat.
Informasi yang didapati Wabup, terjadi rapat internal satgas pencegahan wabah Virus Corona di rumah dinas Bupati Limapuluh Kota, Kamis (26/3/2020) pagi. Didapati hasil memberhentikan segala aktifitas mengechekan kepada pengendara kendaraan yang melintas di perbatasan. Hasil ini dikarenakan Alat Pelindung Diri untuk petugas tidak ada.
Merasa adanya hal janggal atas hasil ini, Wabup langsung menuju posko pengawasan di Nagari Tanjung Balik, Kecamatan Pangkalan. Disini didapati perlengkapan untuk mensterilkan kuman dan virus menipis seperti sanitizer. Kemudian masker hanya tinggal beberapa buah untuk petugas. Sedangkan Alat Pelindung Diri memang tidak ada satupun.
Di Posko pengawasan, terdapat beberapa petugas dari Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri. Seluruh petugas hanya stand by diposko menanti masyarakat atau pengendara yang mensengajakan diri mampir ke posko untuk memeriksa kesehatan.
“Kami memang disuruh untuk tidak menghentikan kendaraan lagi oleh pimpinan. Mengecheck kesehatan hanya untuk masyarakat dan pengendara yang mensengajakan diri ke posko. Jadi kami stand by di posko saja lagi,” kata salah seorang petugas medis kepada Wabup saat mengunjungi posko.
Mendapati hal tersebut, Wabup langsung menyuruh seluruh petugas untuk pulang saja ke rumah. Baginya, Pemkab Limapuluh Kota sudah memberikan buah simalakama kepada petugas di perbatasan Sumbar – Riau dan masyarakat Sumbar.
“Jadi apa gunanya posko ini jika tidak jemput bola ke tengah jalan untuk mencegah masuknya wabah Corona ke Sumbar. Kalau hanya stand by saja, mending di Puskesmas saja,” kata Wabup.
Mendengar hal ini, si petugas medis pun menjawab mereka tidak bisa berbuat apa-apa dengan posisi sekarang ini. Jika terjun ke tengah jalan untuk menghentikan kendaraan dan mengechek satu per satu pengendara, Alat Pelindung Diri untuk petugas tidak ada satu pun di posko.
“Kami tidak bisa berbuat apa-apa pak wabup. Kami diperintah pimpinan untuk stand by saja lagi. Jika pun kami ke jalan menghentikam kendaraan dan melakukan pengechekan tanpa APD, sama saja bunuh diri,” kata salah seorang petugas medis.
Alasan yang dikemukakan oleh petugas tersebut dipahami oleh Wabup, namun dalam hal ini Wabup menilai Pemkab Limapuluh Kota tidak siap dalam melakukan pencegahan Wabah Virus Covid-19. Dengan dibuka pintu lebar-lebar mengarah ke Sumbar, ditakutkan masyarakat di Seluruh Sumbar akan terkena imbas atas kebijakan ini.
“Jadi Pemkab Limapuluh Kota sudah membuat kebijakan yang simalakama. Diaktifkan pengechekan di jalan, bisa beresiko ke petugas. Jika dibiarkan masuk tanpa hambatan seperti ini, dua juta lebih masyarakat Sumbar terancam virus,” katanya.
Sementara itu Kalaksa BPBD Limapuluh Kota, Jhoni Amir mengaku tidak bisa memberikan keterangan melalui handphone maupun WA. Jika ingin mengkonfirmasi soal kebijakan ini, dirinya bersedia diwawancarai jika awak media datang langsung ke ruangannya di kantor BPBD Limapuluh Kota di Kota Payakumbuh.
“Saya tidak mau memberikan keterangan lewat Telpon dan WA langsung ke kantor saja. Saya tunggu di ruangan. Nanti salah-salah pula beritanya,” kata jhoni Amir saat dikonfirmasi. (tim)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

MENUJU MEJA MAKAN

Cerita Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 5/1000cerita Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)IV-e Kembali ke meja makan, pernah menjadi “trendy topic” pada tahun...
- Advertisement -

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).

BNPT dan YHPB bersama Pemuda-Mahasiswa Berikan Bantuan pada Mahasiswa Perantauan dan Masyarakat Terdampak Covid-19

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB) membuat gerakan bakti sosial, bertajuk ‘Pemuda dan Mahasiswa Bergerak untuk Indonesia Harmoni: Bakti Sosial kepada Mahasiswa Perantauan se-Indonesia di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi (Jadetabek), dan masyarakat terdampak pandemi Covid-19’.
- Advertisement -

Satu Meninggal, 27 Positif Covid-19 Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Selasa (27/07).

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Tim KKN UNRI Berinovasi, Batu Payuang Pakai Rambu Rambu Penunjuk Jalan

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com,-Kuliah kerja nyata (KKN) merupakan suatu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu hingga dua bulan yang bertempat di daerah setingkat desa.

Kawa Naik Daun Terima Kujungan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Sumatera Barat

Limapuluh Kota_ Beritasumbar.com _ Pada tahun 2021 ini, Kawa Naik Daun dipercaya sebagai peserta lomba Pemuda Pelopor tingkat provinsi Sumatera Barat, mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, menerima kunjungan dari tim penilai lomba Pemuda Pelopor tingkat Sumbar Pada Selasa 27/07. Bertempat dikediaman M.Hadid Qosim.ST sekaligus rumah produksi Kawa Naik Daun, Padang Ambacang Situjuh Limo Nagari Kab. Limapuluh kota.

IKM Baruah Gunuang Terbentuk

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua puluh dua orang mahasiswa yang berasal dari Nagari Baruah Gunuang yang merupakan perwakilan dari berbagai kampus di Indonesia menghadiri kegiatan first gathering dalam pembentukan keluarga mahasiswa di nagari dengan nama Ikatan Keluarga Mahasiswa Baruah Gunuang (IKMB).

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Rangkaian kegiatan TMMD/N ke 111 telah sampai pada hari akhir penugasan. Anggota Satgas yang bertugas telah banyak melakukan kunjungan perpisahan dengan warga sekitar untuk mengucapkan terima kasih atas solidaritas yang ditunjukkan oleh masyarakat Nagari Talang Maur selama melakukan kegiatan TMMD/N ke 111.

Wali Nagari Talang Maur Beri Jamuan Khusus Pada Anggota Satgas TMMD Pada Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Wali Nagari Talang Maur Bapak Efendi gelar jamuan khusus sebagai tanda terima kasih untuk Anggota Satgas TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Jamuan ini juga sebagai ucapan perpisahan dari Wali Nagari Talang Maur kepada anggota Satgas yang telah melakukan bakti di Nagari Talang Maur.

Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Program terpadu TMMD/N ke 111 tahun 2021 bertepatan dengan diadakan nya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Maek yang berasal dari kampus yang berbeda. Walaupun kegiatan KKN baru dimulai pada masa akhir TMMD, kerjasama pun tetap dilakukan.

Komsos Terakhir Dengan Pengrajin Makanan Tradisional Lemang di Akhir Penugasan

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com, - Pemberdayaan potensi Nagari dalam rangka menunjang perkembangan Nagari menjadi fokus utama dalam kegiatan TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota. Mulai dari potensi alam, wisata, ekonomi, dan berbagai peluang lain menjadi perhatian bagi anggota Satgas untuk bisa mengangkat Nagari dengan potensi yang bisa dikembangkan. Selain potensi alam yang menunjang pertanian, masih banyak potensi lainnya yang menunjang perekonomian Nagari Talanag Maur.

Ucapkan Terimakasih Pada TNI, TMMD ke 111 Kodim 0306/50 Kota Resmi Ditutup

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo sangat bersyukur dan tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya atas terbukanya jalan yang menghubungkan Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka dan Nagari Maek Kecamatan Bukit Barisan.

Selama TMMD di Teritorial 0306/50 Kota, Satgas dan Pemkab Tak Henti Cegah Penyebaran Covid-19 dan Ajak Warga Tetap Terapkan Prokes

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Usai sudah pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan oleh Kodim 0306/50 Kota. Berbagai suka duka, dialami tim yang tergabung bersama Satuan Tugas TMMD yang berlangsung dari 15 Juni hingga 14 Juli itu.
- Advertisement -